Saat ini smartphone merk oppo dan vivo di pasar indonesia sudah cukup terkenal,sudah banyak pengguna kedua merk smartphone ini,dan tentu sudah tidak asing jika anda ke sebuah dealer atau toko retail pasti si penjual memperkenalkan DAN  manawarkan anda membeli kedua merk smartphone tersebut di banding dengan merk smartphone lainnya,saya rasa hal ini terjadi hampir di semua penjual retail.namum saya secara pribadi tidak akan pernah memilih oppo dan vivo

bukan karena saya anti pada kedua merk smartphone tersebut,tetapi saya memiliki alasan tersendiri untuk tidak memilih kedua smartphone tersebut.berikut alasan saya tidak ingin menggunakan kedua smartphone tersebut :

  •  kualitas tidak sebanding dengan harga

ini merupakan alasan utama saya tidak memilih kedua merk smartphone tersebut,harga yang di bandrol pada smartphone tersebut sudah sebanding bahkan lebih tinggi di banding dengan smartphone merk atau brand terkenal seperti samsung,sony dan banyak lagi.

kualitas tidak lah sebaik ocehan si penjual,saya pribadi sudah melihat teman-teman saya pengguna oppo sebelumnya berpindah ke merk lain,salah satu alasan utama mereka berpindah ke merk lain adalah karena smartphone mereka gunakan sebelumnya tidak tahan panas,ketika smartphone tersebut panas atau terlalu lama di gunakan,kinerja tidak stabil dan sering hang

setelah membaca artikel ini,pasti sebagian bertanya kenapa hampir semua dealer atau toko retail mempromosikan kedua merek tersebut di banding dengan merk lain,jawaban sebenar nya di ketahui oleh dealer resmi,namum kali ini saya ingin memberikan anda sedikit info tersebut.

alasan utama penjual menawarkan oppo dan vivo terlebih dahulu di banding merk lain seperti xiaomi,samsung ,lenovo dll,adalah karena jumlah keuntungan yang di dapatkan dari setiap penjualan smartphone oppo dan vivo

keuntungan yang di dapatkan ketika menjual satu unik smartphone oppo dan vivo seharga 1.4 juta sekitar 200 sampai 300 ribu rupiah,untuk smartphone 5 jutaan keuntungan penjual bisa mencapai 500-1,5 juta rupiah,

keuntungan sebesar itu hanya bisa di dapatkan dengan menjual kedua merk di atas,untuk merk lain profit atau keuntungan di dapatkan jauh lebih kecil ,oleh karena itu banyak sekali penjual lebih fokus menjual kedua merk tersebut,tidak heran apabila baru masuk di indonesia sudah banyak dealer yang mempromosikan kedua merk di banding merk lainnya

dan oleh sebab itu anda jika anda baru membeli salah satu merk smartphone tersebut,apabila di jual kembali atau jual second,harga nya sangat jauh murah, jika anda tidak percaya dengan artikel ini,anda bisa melakukan ujicoba dengan cara membeli sebuah smartphone salah satu merk diatas seharga 4 jutaan,setelah satu hari anda bisa mencoba menjual kembali ke tempat pembelan anda sebelumnya,harga di bandrol oleh penjual tersebut untuk membeli smartphone bekas anda tersebut akan sangat jauh bisa jadi di bawah 3 jutaan,bahkan sebagian toko retail tidak menerima smartphone bekas merk tersebut.

sebenarnya masih banyak rahasia lain tentang kedua merk diatas yang tidak bisa saya tulis disini.1 hal yang perlu anda ketahui setelah membaca artikel ini,tulisan saya buat ini tidak asal(saya menekunin bidang grosir dan retail smartphone selama 3 tahun lebih dan sudah banyak dealer retail dan grosir yang saya kenal,baik itu di pekanbaru maupun jakarta,jambi,medan dll,),,tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk pengetahuan pembeli atau konsumen,

saya tidak berniat untuk menjelekan dua merk diatas,saya menulis artikel ini hanya berbagai pengetahuan dan alasan saya tidak akan pernah memilih oppo dan vivo,semoga bermanfaat.

58 KOMENTAR

  1. saya mau beli Hp dalam minggu ini da saya minta bantuannya menurut teman2 bagusan mana Hp sony M5 atau Oppof1s ?

    Terima Kasih

  2. Oh Iya . .ini komen Q yg ke 2 di blog ini..
    Mau Melanjutin Aja Tulisannya Karena Ada yg Kurang..
    Pas Kemarin Q Beli Samsung J5 Versi 2016 Menurutku Bisa Di bilang mahal hpnya si dan jga samsungnya made in cikarang indonesia looo..mungkin itu peraturan dari pemerintah indonesia ( TKDN ).
    apalagi samsung j5 2016 yg q beli batrenya bisa di lepas jadinya lebih aman daripada batrenya yg gk bisa copot ….dan jga kita di bkin pusing hanya untuk ganti batre aja heheheh belum lgi kadang tukang service hpnya belum terlalu mengerti komponen baru setiap tipe hp dan tahun edarnya jga.

    memang ya ponsel atau merek2 yg sudah terkenal apalagi merek global pasti awet.
    buktinya kakak q dulu beli samsung S3 tahun 2012 sampai sekarang masih awet dan belum pernah di flash maupun di service mesinnya padahal udah sering jatuh dan masuk ke dalam toilet sama kamar mandi…dan jgai sampai sekarang hpnya masih normal tuh dan hp samsungnya kakak q made in samsung berarti dari korea langsung y pastinya.
    walaupun sekarang merek china sudah baik kualitasnya bahkan harganya jga sudah hampir setara sama merek terkenal layaknya iphone maupun samsung.
    tpi coba kalian beli merek2 china yg harga murah ataupun yg harga mahal sekalipun lalu di jual kembali pasti harganya turunnya banyak banget
    kan.
    kalau gk percaya mungkin bisa di coba…
    buktinya q memakai hp china yg Harganya di atas 2 juta tpi pas q mau jual kembali malah pembelinya menawar dengan harga yg sangat murah bingits kok bahkan ada yg bilang ” Halah merek china aja di jualnya kok mahalnya minta ampun” kalau merek samsung ya gk pa2..lah ini merek china walaupun udah terkenal sekalipun tetep mesinnya gk awet cuma menang promosi dan spesifikasinya yg di besar2’rin trs.
    coba fikir kalau merek china rata2 kameranya pasti pakai sensor sony kan bahkan ada yg gk pakai sensornya sony…gk seperti merek sony , iphone, Nokia dan samsung yg selalu pakai sensor kamera buatan sendiri.
    Seperti halnya merek nokia yg mesinnya sangat awet sekali walaupun sudah terkena berbagai siksaan sehari-hari tpi masih aja hidup tuh hp dan di jual kembali lgi jga masih banyak peminatnya dengan Harga yg wajar pastinya.
    apalagi kalau merek seperti samsung dan nokia pasti mesinnya awet banget walaupun si pemakainya berlebihan dalam memakainya..gk seperti merek china kalau sekali rusak ya harus mengorbankan hpnya jadi penyakitan bahkan sekarat tuh hpnya.
    Maaf ya bukan berarti q menjelek-jelekan brand yg berasal dari china tpi ini hanya berdasarkan pengalaman ku sebagai konsumen dan pengguna dari merek yg berasal dari china dan jga merek china tidak selalu buruk kok kualitasnya maupun di mata orang karena q jga suka membeli dan memakai berbagai merek yg berasal dari china.

  3. Waduh pada ribut oppo memang resolusi is low tp kameranya is good hp sy oppo neo 5 udah jatuh sampe kameranya retak ok ok aja kok intinya semua hp sama kalo neo 7 hrg 2jt ram 1gb bagaimana iphone 5 dilazada 2,9 jt tapi ram 1gb

  4. sebenarnya semua tergantung si pemakai dan kebutuhan kl sya bilang.
    Mau high branded dngn high price sekaligus kl pemakainnya g sesuai dgn kebutuhan ya sia2 kluar duit.
    Dan lagi… menurut saya si penulis g ada mksd untk mnjatuhkan suatu branded. dia hnya mencompare dr masing2 branded yg sesuai dngn kebutuhan. Misal nih.. skr ini kan Oppo dan Vivo lg booming bgt krn mengunggulkan Selfie Expertnya.. Nah, 2 item ini lbh d tujukan sm kaum2 yg hobi bgt selfie (mgkin lbh k anak2 muda kali ya). mengingat size kamera depan di 16MP (Oppo) dan 20MP (Vivo).
    tapi.. kl untuk pebisnis saat ini kebnyakan dr mereka user Xiaomi or Samsung ya. Atau.. kl yg pnya high passion (prestige) bisa jadi mereka lbh memilih Iphone.
    intinya… g ada slhnya kita pake hp merk manapun, asal harus benar2 sesuai dengn kebutuhan dan yg pasti sesuai dgn BUDGET. Jngn hnya menuruti gengsi semata untuk memliki smartphone yg harganya di luar kemampuan :).

  5. Jujur…Q Udah Beberapa Beli Hp Merek China Dan Bukan Artian Seperti Merek Global Layaknya Iphone Maupun Samsung Yg Di Buat Di China.
    Menurutku Hp Merek China Layaknya Seperti Di Atas Itu Maupun Merek China Lainnya yg Membuat Kita Rugi Dan Menyesal Jga.
    Walaupun Merek China Harganya Sungguh Murah Dengan Fitur Yg Memukau Tpi Tidak Sebanding Sama Kuliatas Mesin Dan Harga jual Kembalinya.
    Pasti Q Bener Kan…??
    Kebanyakan Orang Yg Memakai Hp Merek China Pasti Akan Membela Mati2’an Seperti Halnya Kita Pakai Merek Terkenal ( Global ).
    Namanya Hp Yg Kita Pakai..Pasti Gk Mau di Hujat Dan Di Rendahkan Kan..
    Tpi Kan Itu Hak Semua Orangnya …Jadinya Q Tidak Menghina Maupun Menjatuhkan Brand Tertentu Maupun Anda Harus Seperti Saya Cuman Q Lebih Suka Pakai Merek Samsung Daripada Merek Lainnya Karena Anda Jga Pasti Tahu Kan
    Jadi..Q Gk Perlu Nge Jelasin Lgi
    Dan Jga kemarin Q Pakai Merek Taiwan Yaitu Asus ZenFone 5 Dan Sungguh Q Menyesel Dan Jga Belum Lgi Baterainya Gk Bisa Di Lepas .
    Jadinya Kemarin Q Mau Jual Hp Asus 5 Q Konter Terdekat Harganya Sungguh Bikin Q Sedih Padahal Ini Merek Taiwan Loo lalu Q Beli Hp Baru Lgi Merek Samsung J5 Edisi Yg 2016 Dan Q Sungguh Senang Pakai Merek Samsung Apalagi Q Kpoper Looo hhhhh ## Lebay
    Dan Teman2 Q Yg Pakai Merek Samsung Kalau Di Jual Lgi Harganya Masih Wajar Dan Laku Banget Gk Seperti Merek China Yg Di Jual Hancur Dan Malah Kadang Konternya Gk Mau Beli.
    Orang Tuaku Jga Selalu Bilang ” Jangan Beli Merek China”
    Tpi Q Malah Gk Menuruti Nasehat Orang Tuaku Jadinya Q Sekarang Jadi Menyesal
    Padahal Q Ngumpulin Uang Buat Beli Hp Tpi Malah Q Memilih Merek China Dan China Lgi.
    Tpi Merek China Tdak Semuanya Jelek Kok…Apalagi Q Pakai Power Bank Merek Xiaomi Hehehe Tpi Kalau Beli Hp Merek China Lgi si Dalam Pikiranku Sekarang Tdak Akan Pernah.
    Mungkin Kedepannya si q Gk Tahu Jga ya.
    Dan 1 lgi..merek china mereknya bikin malu .
    harganya si murah dengan fitur yg di atas rata2 tpi sayangnya mesin dan harga jualnya yg pasti bikin kita menyesal di kemudian hari.
    maaf ya…q bukan bermaksud menghakimi tpi ini adalah dalam benak’ku sekarang ini.

  6. biasanya deposit dulu gan untuk produk oppo dan vivo,selain itu pembelian ke MD (master dealer juga harus cash)

  7. Menurut saya,ini haNyalah Mitos,saya saja yaNg punya konter memakai handphone oppo dan seLaku serfis handphone,oppo dan vivo memang bisa bersaing dengan merek brandt LaiNya,dia puNya spisifikasi Mumpuni_

  8. Komentar: mas, saya punya oppo r5. ntah kenapa layarnya mati tapi dalamnya hidup. rencana saya mau baikin. habis itu di jual. kalo di jual itu bisa berapa ya??

  9. Pastilah kualitas merek2 yg belum teruji spt disebut blogger rendah. Mereka tdk punya R&D yg mumpuni seperti Samsung. Pedagang sih kadang hanya mau untung sendiri, tdk peduli kekecewaan konsumen. Lain kali..hindari saja toko2 yg maksa2 jual 2 brand itu.

  10. Strategi Marketing emang beda2, klo pun Oppo ngasih komisi besar KPD retail ya sah sah saja.Sy Menurut saya Oppo dan Vivo dua merek yang inovatif. Kualitas nya bagus (pengalaman pake Oppo R7).

  11. yang pada ngomel2, bahkan ada yang bilang bisa dilaporkan, tolong baca yang jelas, dari judulnya aja : ALASAN “SAYA”, artinya ini opini pribadi. Apakah nggak boleh tiap orang punya pendapat dan impresinya masing2 terhadap suatu produk?

  12. Bang boleh tau kalo mau jualan smartphone dan gadget baru itu gmn?terus kira2 modal pertama itu berapa?

  13. Komentar:ulasan diatas sangat benar karena ane seorang teknisi software sekaligus programmer dan ane tau betul kelemahan chipset mediatek,kalaupun ada yg msh berniat utk membeli kedua merk produk diatas pilihlah yg sudah menggunakan chipset qualcomm,kalo msh menggunakan chipset mediatek cepat atau lambat pasti akan bermasalah dgn hardware emmc nya..asia sangat trampil apalagi china dalam menciptakan daya tarik terhadap produk2 mereka,perlu diketahui pangsa pasar terbesar kedua merk produk diatas adalah indonesia dan maaf eropa sangat kurang berminat dgn produk cellular yg berchipset mediatek,perlu diketahui kedua produk diatas tidak jauh beda dgn mito,evercoss,advan dlsb.

  14. sebagai penjual,sy slalu menggunakan hp original sesuai merk gan,ga usah agan pikir sy pkai hp copy alias bukan kw-kw,sy slalu order dari distributor resmi 😀

  15. Hussst jgn pada brisik.. Mau hp merk apapun tu y lw dah wkt ny rusak y rusak aj ..pbrk jg pntr X ..ntr lw hp ny awett trus yg mau bli hp” it siapa ? . Pbrk ny gulung tikar lah pstinya .. Gmn sieh ????

  16. Thanks gan . Artikel nya sangat membantu menambah wawasan saya mengenal merk gadget ????

  17. yg harus anda semua ketahui, apakah hp yg anda miliki itu, sudah asli atau belum, karena merek itu tdk menjadi jaminan, dan samsung yg anda genggam, bukan berarti itu adalah samsung yg asli, begitupun merek” lainnya.
    # perbanyak lagi pengetahuan,
    agar kita bisa mendapat kebenaran yg hakiki,

    karena semua ini hanyalah sebuah permainan.

  18. Saya mau beli oppo f1 plus, baca artikel ini jadi bimbang, ada recomend hp lain/tidak, harga dbwah juta?

  19. Alhamdulillah , ane pake oppo neo generasi pertama keluaran tahun 2013/2014 sampai sekarang tidak ada masalah 🙂 kalau menurut ane MERK kurang jadi patokan ya , ane dulu memutuskan membeli OPPO pada jaman itu dikarenakan harga nya yang lumayan (murah) dengan spek sama dengan hape SAMSUNG (waktu itu) yg saat itu harga nya lumayan (mahal)

  20. Saya pake samsung ama oppo juga,sama body metal ya kalo main game emang panas,tapi kalo dibandingin sama aja .

  21. Saya pakai vivo y22, ga masalah tu. Memang dr harga, oppo dan vivo agak lebih mahal dr hp yg spek nya sama. Saya sudah browsing duluan sebelum beli hp. Pilih vivo karena desainnya lbh bagus dr hp sekelasnya, audio dan kamera wow luar biasa, hp lain lewat. Kalo ram sih biasa cuma 1 gb, meskipun hp yg lain sekelasnya sudah 2 gb. Tergantung pembelinya bung …..

  22. Saya beli oppo find 7 a sudah 2 tahun silam.
    Banyak teknologi yg saat ini tersebar di dunia gadget terinspirasi dari oppo find 7a, sampai saat ini teknologi itu ada dan ada teknologi dimasa depan yg sudah tertanam di oppo. Untuk masalah keawetan, oppo terbilang sangat tangguh dan awet, saya buktinya.
    Belakangan banyak gadget yg sangat canggih, namun saya tidak tertarik karena gadget tsb teknologi di oppo saya sudah ada. Oppo menjamin kwalitas dan kenyamanan pengguna, saya buktinya. Jangan terprovokasi dng hal yg menjatuhkan oppo. Jadilah pribadi yg cerdas

  23. artikel yg menurut saya ga objektif..
    menilai bukan krna pernah menggunakan..
    saya pake Vivo Y35 alhamdulillah gakda keluhan..
    kinerja cepet.. ga lemot.. ga pernah nge hang.. ga gampang panas..
    kamera sangat2 jernih.. bahkan orang kantor suka pinjam hape saya buat foto2.. desain elegan.. buat multi tasking no problem..
    kalo oppo saya blom pernah pake.. jd ga akan pernah berani menilai..
    sekian pengalaman pribadi

  24. Xiaomi redmi 3 lebih bagus. Harga di bawah 2 jt tapi spesifikasinya kayak harga 2 jtaan lebih

  25. Saya mau tanya kalau merk xiaomi bagus tidak kualitasx,tolong d bantu jawabanx..buat referensi?

  26. Oppo emg hp jelek gan emmc nya gampang rusak , kalau pengen bukti hp oppo itu jelek gampang tinggal maen aja ke official oppo di di facebook , liat keluhan member nya gimana rata2 ngomongin emmc nya rsk , cuma org bodoh yg beli hp oppo , harga mahal spek kualitas nol , masa neo 7 harga 2jt ram nya msh 1gb parah banget kan , samsung j5 aja dengan harga 2jt spek nya bisa lbh tinggi , hp china lain nya harga 2jt udh dpt ram 2gb octacore , pokok nya OPPO ,VIVO,HUAWEI gak recomended bngt

  27. ak baru pake oppo f1 sebulan..rasanya udh nyesel pengen jual aja..notip sering gk muncul…buat pengalaman aja lah punya hp oppo..gk akan pernah beli lagi hp oppo

  28. Kalau Oppo yg spek nya agak tinggi kayak F1 Plus apa juga punya masalah seperti yg anda sebutkan diatas ? Saya mau beli ponsel baru, tapi saya masih bingung mau beli Samsung atau Oppo.

  29. Jadi saya harus beli yang mana :v saya baru mau beli f1 tapi begitu membaca ini saya jadi ragu2

  30. @rony – sip terima kasih udah memberi pengalaman penggunaan smartphone terkait,harap mengerti artikel saya ini tidak untuk menjelekan produk terkait,saya merasa harga yang di tawarkan terlalu tinggi ,itu menurut pengalaman pribadi,di artikel saya sudah menuliskan tidak bermaksud untuk adu domba di dalam artikel ini,

  31. @ardi – silahkan di tuntut jika anda merasa perlu, ini hanya pengalaman saya sebagai pengguna,dan sudah wajar jika ada ada kritik produk.mungkin ada baiknya anda membaca berulang kali artikel yang saya tulis,mungkin itu baru bisa anda mengerti,

  32. @umar- sy tidak bilang hp oppo tidak tahan,saya hanya membahas harga dan spesifikasi oppo menurut sya tidak cocok ,dan dari segi daya tahan ketika bermain game android online sering hang dll/

  33. Saya pengguna vivo y31. Tidak pernah merasakan hank atau boros batre.. Malah batre saya awet meskipun buat main game. Padahal ram cuma 1gb. Terus banyak aplikasi yg berjalan di ram. Tapi ga pernah hank sekalipun. Atau lemot.

  34. maaf y artikel ini bisa dituntut karena menjelek2kan nama produk! anda berkata kualitas tk sebanding dengan harga apa buktinya?

  35. Setuju gan. Saya pengguna oppo r5, oppo r7, oppo neo, samsung s6, samsung A8, samsung E5, samsung tab S, dll. Udah ganti2. Termasuk xiaomi juga. Setuju bgt dgn artikel ini.

  36. Saya dari awal muncul hp oppo & vivo itu, tidak pernah tertarik. Karena harga mahal, iklan nya dimana mana, terlalu berlebihan, kualitas dan spesifikasi masih standar.
    Tp berbeda dengan kemunculan xiaomi di indonesia, saya tertarik. Pertama menggunakan redmi 1s selama satu tahun full, hasil flash sale di lazada. Yg dulu untuk membelinya benar-benar sangat susah.
    Harga murah, spec lumayan. Padahal belum pernah saya lihat iklan xiaomi di tv atau di banner.

  37. Kita lihat juga dari type masing2 merk tersebut, tidak semua type jelek, setiap type kan punya kekurangan dan kelebihan masing2…

  38. Artikel yang bermanfaat, keren gan, ak sudah lama penasaran kok konter2 bisa begitu, ternyata ini sebabnya, sampai2 ak nanya sama temenku yang punya konter, jawabanya sama 😀

  39. Eka dewi – ya benar,padahal oppo neo 5 udah di lengkapi dengan cpu dan gpu,tapi kinerja nya tidak stabil.kalau panas siap-siap aja hang,sangat berbeda jauh dengan hp seri lain,kyk sony memori 1 gb jarang sekali hang,samsung juga jarang memiliki masalah seperti diatas.

    Klau dari sisi spek sih multi media nya oke,tapi kalau space memori dan os saya rasa oppo terlalu pelit.

  40. Kalauu saya kebetulan pake oppo neo 5,tapi ya itu ribetnya pake oppo kalau ngehank aduh ribet bgt,batre ga isa dicopot lagi,mau diappa”in jg ga isa,,,harus nunggu lama biar bisa kembali,,,,itu pengalaman saya pake oppo,,tapi kalau spek oppo neo 5 ini menurut saya udah bagus sih

  41. angga itu fakta,- rata-rata toko hanya ingin menjual,tanpa ingin membeli kembali merk diatas,adapun harga di tawarkan hanya terlalu jauh dari harga di beli sebelumnya,dengan kata lain respon toko untuk membeli kembali hp bekas merk tersebut sangat-sangat rendah murah,bahkan banyak yang menolak,aneh kan kita beli di toko mereka baru 3 hari,mau jual lagi bukan nya potongan dikit,tapi malah potongan harga hingga 40 persen,hal ini di karenakan pihak toko calon pembeli tau pasti harga modal tersebut,

    anda ingin bandingkan sony dan samsung,hmmm tidak sama menurut saya,harga nya bekas hp tersebut cendrung masuk akal,plus banyak toko yang menerima hp bekas hp samsung dan sony,

    anda tahu alasan nya angga?.
    jika tidak tau biar saya kasih tau,karena respon pasar bekas untuk ponsel sony dan samsung sangat tinggi,di indonesia samsung menjadi salah satu ponsel yang paling banyak di gunakan di tambah klem garansi samsung yg mudah,jadi menurut saya pribadi,sangat tidak wajar anda membandingkan kedua produk tersebut dengan samsung dan sony,karena jarak nya bagai bumi dan langit 🙂

    nb : saya sangat yakin ketika ingin mempublikasi artikel ini,saya akan di serang oleh fans merk diatas,tetapi yang saya tulis diatas adalah fakta lapangan dan saya hanya ingin berbagi,ketika anda sudah membaca artikel ini,kesimpulan bisa anda ambil sendiri,saya sama sekali tidak ajurkan anda untuk tidak membeli produk merk diatas,intinya di blog ini saya berbagi.

  42. Tanggapan itu salah besar anda hanya tau dri teman tpi anda blum prnah untuk mncobanya klo soal harga turu karena memang resiko hp baru klo di jual psti trunnya banyak dan bkan di merek oppo n vivo aja di samsung sony pun jga sma

  43. @umhydila – itu fakta di lapangan,saya selalu membandingkan sebuah ponsel dari harga dan spesifikasi,anda mengatakan hank pada samsung,mungkin anda sebuah ponsel oppo seri tinggi membandingkan pada seri samsung yang memiliki harga jauh lebih murah,coba anda bandingkan kualitas samsung yang memiliki harga sama seperti oppo,contoh sederhana anda bisa membandingkan Oppo Neo 7 vs Samsung Galaxy J5 ,harga boleh sama,kualitas boleh di adu,

    dalam ujicoba mainkan game hd atau game online seperti clash of clans di dalam waktu 4 jam dan pastikan kedua ponsel tersebut sudah terinstall aplikasi chat seperti bbm,lihat hasil nya sendiri 😀 . kalau saya sih udah pernah coba,hasilnya samsung belum ada hang ,panasnya wajar ,bertolak belakang dengan yang satu lagi 😀

    sudah hampir 6 tahun ?,yang saya ketahui oppo itu memang perusahaan lama,namum oppo masuk indonesia Pada bulan April tahun 2013 ,OPPO untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia,mungkin @umhydila beli oppo di luar negeri :D,karena sekarang baru tahun 2016

    sebuah ponsel pintar atau smartphone jika jangan di pake terus berarti hp nya jadul,karena ketika di waktu kerja banyak orang menggunakan ponsel pintar mereka untuk game,chat,telpon dll,klau istirahat ya di malam hari,klau pakai bentar harus istirahat dl ponsel 5 menit kan ribet 😀

    catatan : artikel ini saya tulis diatas sepenuhnya karena pengetahuan saya tentang produk tersebut,tidak ada niat sy mau jelek kan sebuah produk,ini adalah realitas yang ada.

  44. Wahhh samsung aj sering ngehank pak kalau panasnya berlebihan.om sy pake hp oppo sdh hampir 6 tahun tp baik2 aj tuh hpnya .jd kalau mau baik2 aj hpnya ya jgn dipke trus meneruslh hp jg butuh istirahat.

TINGGALKAN KOMENTAR