test

cara meloloh anakan murai batu umur 0 hari

cara meloloh anakan murai batu umur 0 hari – Kali ini saya ingin berbagi serta bercerita sedikit pengalaman pribadi cara merawat anakan murai batu yang baru menetas dari incubator atau cara meloloh anakan murai batu umur 0 hari .kebetulan saya sudah 3 kali berhasil meloloh murai batu dari umur nol hari.

Ini dari pengalaman dan pribadi,saya sangat tidak menyarankan anda panen telur lalu menetaskan melalui incubator apabila indukan murai batu anda tidak bermasalah seperti buang telur,bantai anakan dll.

saya pribadi di awal ternak murai batu tidak ada niat sama sekali meloloh murai batu dari nol hari,karena satu sisi repot dan sisi lain cindilan murai batu rentan mati.sebelumnya saya sudah berternak kenari ,hingga sampai saat ini juga iseng ternak kenari sehingga peralatan seperti mesin tetas otomatis hingga mesin penghangat untuk cindilan sudah saya buat dan beli.

di awal pasangan murai batu pertama kali menetas saya sama sekali tidak ada kepikiran untuk panen nol hari,dengan sibuk saya memberikan jangkrik ,maklum baru pertama kali berhasil dan indukan murai pelihara dari trotol ,sehingga merasa sangat puas dan senang.

karena terlalu senang saya pun memberikan full jangkrik lalu keluar mencari kroto ,karena di internet banyak yang bahas jika murai batu yang baru menetas pakan terbaik adalah kroto.

kebetulan di kota saya tinggal saat ini (pekanbaru riau) kroto tidak selalu tersedia,saya berkeliling ke toko-toko burung sekitar sampai capek tidak menemukan kroto,akhirnya saya putuskan pulang kerumah dan berpikir ya sudahlah kasih jangkrik kecil-kecil aja.

sesampai saya di rumah saya melihat di kandang ternak ternyata oh ternyata,satu cindilan murai batu yang baru menetas tersebut sudah berada di lantai,anakan tersebut di bantai oleh indukan hingga putus kepalanya.

setelah melihat kejadian seperti itu,niat sebelumnya ingin panen anakan murai batu di usia 5 -7 hari saya batalkan,saya berpikir apabila biarkan saja bisa saja anakan murai batu yang lain masih di glodok bisa mati ikutan di bantai oleh indukan.akhirnya saya memilih panen anakan murai baru nol hari.

setelah di periksa ternyata di glodok masih ada 1 anakan yang sudah menetas dan 1 telur belum menetas.ketika saya panen anakan murai batu nol hari ,saya berpikir kemungkinan hidup anakan murai batu yang di loloh dari nol hari hanya 50;50.

berbekal pengalaman meloloh anak kenari nol hari,saya mencoba meloloh murai batu nol hari durasi 2 jam sekali pakan hanya jangkrik kecil.

akhirnya anakan murai batu yang saya selamatkan dari glodok dan 1 telur tersebut menetas di incubator,saya rawat sampai saat ini sudah masuk usia 2 bulan.

setelah saya mendapatkan pengalaman meloloh murai batu pertama kali,akhirnya saya percaya diri untuk panen telur pada indukan murai batu pertama saya tersebut,karena sudah ketahuan karakter indukan yang bantai anakan,jadi saya putuskan panen telur.

hasilnya 1x panen anakan dan 2 kali panen telur,semua anak murai batu yang saya loloh dari nol hari hidup,untuk sementara ini saya belum menemukan kendala dan saya merasa merawat anakan murai batu dari nol hari sedikit lebih mudah di banding meloloh anak kenari nol hari.

cara meloloh anakan murai batu umur 0 hari terbaru
cara meloloh anakan murai batu umur 0 hari terbaru

Berikut cara saya meloloh anakan murai batu umur 0 hari yang baru menetas dari incubator:

  • suhu /temperatur incubator penentas saya terapkan 37-37.5 derajat dengan kelembapan 60-70
  • ketika telur baru menetas di incubator,jangan pindahkan langsung ke mesin penghangat,biarkan selama 2-4 jam terlebih dahulu tanpa kasih makan sama sekali.
  • setelah 3 jam biasanya anakan burung murai batu yang baru menetas dari incubator tersebut baru saya pindahkan mesin penghangat.temperatur 34-35.5 untuk nol sampai 5 hari,
  • setelah pindah ke penghangat,baru proses meloloh pertama kali ,saya hanya gunakan jangkrik,karena kroto disini sulit di dapatkan.
  • loloh pertama saya hanya memberikan 1-2 jangkrik kecil seukuran 3.5mm seperti colokan jack audio headphone .
  • sebelum melolohkan pada murai anakan lebih baik jangkrik di remukan terlebih dahulu,lalu rendah jangkrik tersebut pada air suam-suam kuku yang sudah di campur vitachick.
  • durasi meloloh anakan murai Nol hari jangan terlalu rajin,saya pribadi 2 jam sekali sudah cukup,jangan risau jika anakan sebelum 2 jam masih buka paruh minta pakan,karena respon anakan burung apabila ada suara gerakan cendrung membuka mulut.
  • durasi loloh bisa anda rubah jika anda rajin 1 jam sekali apabila sudah 4 hari atau 5 hari,karena di usia 4-5 hari pencernaan anakan sudah cukup baik.

    cara merawat anakan murai batu yang baru menetas dari incubator terbaru
    cara merawat anakan murai batu yang baru menetas dari incubator terbaru
  • Usia nol sampai 3 hari murai batu ketika di loloh terkadang tidak keluar kotoran kadang keluar,itu hal wajar,karena percernaan burung belum begitu baik,oleh karena itu saya tidak menyarankan untuk meloloh dengan durasi singkat.

    karena jika di loloh terus membuat burung kekenyangan padahal pecernaan pada anakan belum cukup baik,hal ini bisa menyebabkan kematian,saya sudah menemukan kejadian ini pada kenari.dengan kata lain anda harus menyesuaikan durasi lolohan di umur bawah 5 hari,karena masih rentan mati.

  • saya Loloh anakan murai batu nol hari hanya full jangkrik tanpa pakan lain,sampai detik ini semua anakan saya loloh cendrung sehat dan rata-rata hidup.namum apabila tempat anda mudah mencari kroto , saya lebiih menyarankan anda menggunakan kroto itu lebih mudah untuk meloloh.

mungkin itu saja cerita pengalaman pribadi cara merawat anakan murai batu yang baru menetas dari incubator atau cara meloloh anakan murai batu umur 0 hari.ingat diatas merupakan pengalaman saya pribadi sebagai pemula dalam ternak murai batu,bisa jadi master-master memiliki tutorial berbeda dalam merawat anakan murai batu yang baru menetas.sekian semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda