Beranda Android Zone Cara menghapus malware android tanpa install ulang dan root

Cara menghapus malware android tanpa install ulang dan root

cara Menghapus malware android tanpa install ulang dan root

Cara menghapus malware android tanpa install ulang dan root -Kali ini saya kembali ingin membahas masalah malware di hp android ,ciri-ciri hp android anda gunakan terdapat malware adalah iklan tiba-tiba muncul baik itu di home screen maupun ketika membuka aplikasi.

tiba-tiba Hp Android anda download dan instal aplikasi tidak dikenal dengan sendirinya ,akan ada muncul icon aplikasi tidak di kenal,apabila anda tekan dan pilih aplikasi tersebut maka aplikasi tersebut tidak terbuka melainkan hilang.

jika anda menemukan hp android anda selalu muncul pop iklan secara tiba-tiba dan install aplikasi sendiri tanpa di ketahui dari mana sumbernya itu berarti smartphone android anda di serang malware.

malware atau virus yang paling sering menyerang hp android adalah jenis trojan,malware trojan paling sering menyerang ponsel android seri lawas atau hp android seri lama yang sudah tidak ada update os terbaru.

selain memdownload aplikasi serta installl aplikasi,malware yang sering memunculkan iklan di hp android ini juga menyebabkan baterai hp android anda menjadi sangat boros .

sebenarnya solusi terbaik atasi hp android suka download aplikasi dan installl aplikasi sendiri serta iklan pop up dan iklan lainnya muncul di hp android adalah install ulang firmware baru,seperti yang saya tulis pada artikelcara jitu menghapus virus trojan dll di hp android.

Namum tentu tidak semua dari pengguna hp android mengerti cara install firmware di hp android serta terkadang malas membawa ke tempat service.saya pribadi yang mengerti cara flash saja malas melakukan install firmware di hp android saya ,KECUALI TERPAKSA.

pengalaman pribadi saya pengguna htc one m8 untuk sehari-hari,beberapa waktu dekat ini saya merasa hp android saya gunakan terkena malware cirinya:

  • hp android saya sering melakukan download aplikasi tidak di kenal dengan sendirinya,karena htc memiliki keamanan ketika install,aplikasi di download akan di minta akses install,akan muncul minta akses install,yang parahnya malware ini menyerupai aplikasi resmi seperti play store dll
  • hp android saya tiba-tiba muncul iklan baik di home screen ,di aplikasi seperti wa dan berbagai aplikasi lain.
  • tiba-tiba membuka halaman web tidak di kenal,kadang ketika browsing menggunakan browser chrome dan aplikasi browser lain,secara tiba-tiba browser tersebut membuka tab baru dan url halaman web yang tidak di kenal.

dari ketiga ciri-ciri diatas,saya sudah bisa memastikan hp android saya gunakan terserang virus atau malware trojan,namum karena saya malas install ulang ,jadi saya cari solusi menggunakan aplikasi pihak ketika yang bisa di gunakan tanpa root.

Oleh karena itu kali ini saya berbagi cara Menghapus malware android tanpa install ulang dan root :

hal pertama wajib anda ketahui root tidak bisa menghapus virus,root hanya memberi akses sepenuhnya kepada pengguna,silahkan baca fungsi root.ketika hp anda di root dan install anti virus ,maka apabila ada aplikasi bawaan terinfeksi virus,maka kita bisa dengan mudah menghapus aplikasi bawaan tersebut.

jika anda tidak melakukan root maka tidak bisa menghapus aplikasi bawaan yang di sisip malware tersebut.

menghapus dan menghilangkan malware tanpa install ulang di hp android tidak menjamin aman 100%,kita hanya bisa berharap aplikasi dan malware tersebut sudah di nonaktifkan sehingga tidak akan muncul download sendiri serta muncul iklan pop up di hp android.

Untuk menghapus malware android tanpa install ulang dan root anda wajib menggunakan aplikasiMalwarebytes Security,ketika hp android saya terserang malware,saya langsung ujicoba install anti virus,saya mau melihat apakah antivirus android bisa mendeteksi malware tersebut.

tanpa ingin menjatuhkan nama aplikasi anti virus android,saya sudah mencoba aplikasi anvast dan avg ,setelah di install dan memberi semua akses ke anti virus android yang terbilang populer ini,lalu saya melakukan scan,hasilnya 0 Malware dan virus terdeteksi ,perangkat atau hp android saya di nyatakan aman dan bebas dari malware.

setelah mencoba 2 aplikasi anti virus tersebut namum hasilnya tidak sesuai harapan,lalu saya install aplikasi anti malware dalam ujicoba ketiga kalinya yakni Malwarebytes Security.

melakukan scan dari aplikasi Malwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware ternyata bisa mendeteksi malware yang ada di hp android saya.seperti gambar di bawah ini

cara menghilangkan malware di hp android tanpa install ulang dan root
cara menghilangkan malware di hp android tanpa install ulang dan root

untuk anda yang curiga ,hp android anda gunakan diserang malware silahkan install aplikasi Malwarebytes Security untuk melakukan scan perangkat anda.

Setelah mencoba aplikasi Malwarebytes Security ,saya mencoba mencari tahu tentang aplikasi ini di internet,ternyata Malwarebytes Security merupakan salah satu aplikasi anti virus dan malware terbaik di android,bahkan di halaman support google pun rekomendasi aplikasi ini.

langkah selanjutnya setelah mengetahui ada malware menggunakan aplikasi Malwarebytes Security ,jika malware terdeteksi pada aplikasi bawaan dan hp android anda dalam keadaan tanpa root maka mustahil bagi kita menghapus aplikasi bawaan tersebut,

solusi untuk hp android yang tidak di root menghilangkan malware tersebut adalah menonaktifkan atau disable aplikasi yang ada malware tersebut,cara sangat mudah,buka settings kemudian pilih apps manager,lalu cari nama aplikasi yang terserang malware tersebut lalu pilih force closes kemudian pilih disable.

setelah melakukan disable,ubah permission atau permintaan akses aplikasi dari allow ke deny semua.

sebagai contoh hp android saya setelah menggunakan aplikasi Malwarebytes Security ,hasil scan aplikasi dcshare mengandung malware trojan.

langkah pertama saya lakukan adalah menghentikan paksa karena hp android saya tidak di root maka saya memilihmenonaktifkan aplikasi bawaan android tersebut .

setelah di disable atau nonaktifkan aplikasi dcshare ,saya membuka manager apps lalu pilih aplikasi tersebut ,kemudian pilih permission ,saya merubah seluruh permission dari allow ke deny semua

cara menghilangkan malware di aplikasi bawaan hp android tanpa root
cara menghilangkan malware di aplikasi bawaan hp android tanpa root

jika anda menemukan aplikasi bawaan yang terdeteksi malware oleh aplikasi Malwarebytes namum tidak bisa ada opsi disable meski sudah di force stop,seperti saya temukan pada aplikasi font htc,solusinya rubah seluruh permintaan akses atau permission ,seluruh akses di tolak / deny ,maka aplikasi tersebut tidak akan bisa memunculkan iklan dan install aplikasi lagi di hp android tersebut.

cara menghapus malware android tanpa install ulang dan root menggunakan aplikasi Malwarebytes sudah saya coba sendiri,iklan pop up sudah tidak muncul lagi dan tidak download aplikasi lagi.

trik diatas cocok untuk smartphone android yang di serang malware ringan,jika sudah kelas berat alias hp android menjadi hang dan download aplikasi terus menerus,iklan setiap detik keluar dimana-mana,maka saran saya install firmware baru di hp android anda ( flash ulang hp android )

Mungkin itu saja artikel Menghapus malware android tanpa install ulang dan root ,artikel ini saya tulis berdasar pengalaman pribadi tidak ada unsur promosi aplikasi dan menjatuhkan aplikasi lain,sekian semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda