cara menjalankan android jelly bean di komputer

Android Jelly Bean 4.1 merupakan sistem operasi terbaru dari Google. Dalam versi terbaru ini terdapat beberapa perbaikan dan penambahan fitur, serta di yakini lebih cepat dari OS Android sebelumnya. Sayangnya, masih sedikit sekali ponsel berbasis Jelly Bean yang beredar dipasar, hingga kini hanya sejumlah ponsel kelas atas dan menengah yang telah mengadopsi Android 4.1.

Bagi Anda yang ingin merasakan kehebatan android Jelly Bean namun tak cukup dana untuk membeli ponsel berbasis Jelly Bean, kini Anda bisa mencobanya melalui komputer desktop ataupun laptop tanpa harus memiliki smartphone Android.

Caranya adalah dengan menggunakan emulator Android 4.1 Jelly Bean, bernama Jar of Beans portable.Android 4.1 Jelly Bean di Komputer Berbasis Windows
Jar of Beans merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Unrealmanu, salah satu anggota dari forum XDA-Developer. Aplikasi emulator Android ini berbasis x86, sehingga dapat dijalankan diatas prosesor Intel dan AMD, serta mendukung Windows XP, Vista, 7, dan 8.
Emulator Jar of Beans portable ini mengemulasi Android 4.1.1 Jelly Bean, dan telah mengusung teknologi Intel HAXM (Hardware Accelerated Execution Manager).

HAXM adalah sebuah teknologi dari Intel untuk meningkatkan kinerja dan eksekusi software emulator secara totalitas.
Sebuah akun di forum XDA-Developer dengan nickname The_scotsman mengatakan bahwa Jar of Beans ini benar-benar berjalan secara portable dan tidak membutuhkan installasi untuk mengoperasikannya. Sementara itu, untuk menjalankan software emulator ini pengguna cukup mengklik file executable nya saja.

Software emulator ini menawarkan beberapa konfigurasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja jika Anda memilih untuk menampilkannya pada resolusi 1280×768 pixel, maka Jar of Beans akan mengubah tampilan interfacenya ke modus tablet (lanskap) secara otomatis.

Anda juga dapat menginstall file Android Package (.apk), yakni ekstensi file untuk aplikasi Android. Sehingga pengguna tak hanya merasakan sensasi Jelly Bean di emulatornya, namun ribuan aplikasi nya juga dapat Anda nikmati.

Selain itu, Jar of Beans juga menyediakan antarmuka ADB, tombol volume, tombol power, dukungan multiuser, dan mampu membuat SD Card virtual.
Tak hanya itu, kini emulator Jar of Beans versi terbaru telah mendukung alat input fisik yang memungkinkan Anda untuk menginput teks dari perangkat keras seperti Keyboard. Beberapa pilihan resolusi baru pun telah ditambahkan mulai dari 800×480, 1024×600, 1400×900, hingga 1920×1080 pixel.

Perlu Anda ketahui, software emulator Android 4.1 Jelly Bean ini masih dalam versi Beta, jadi kemungkinan masih banyak bugs yang akan dijumpai. Tapi Anda tidak perlu khawatir, pengembang akan selalu mengupdate Jar of Beans secara berkala. Untuk mengetahui perkembangan selanjutnya, Anda dapat mengunjungi forum XDA-Developer ( http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1975675 ).

2 KOMENTAR

  1. mirtasy

    gan saya punya asus zenfone 5 T00K, saya ubah menjadi T00J bisa ga ya…?

    • Anton Zhuo

      Ga bisa,itu bawaan pabrik,seri sesuai dengan isi spesifikasi dan firmware masing-masing

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda