test

cara merawat kacer bakalan yang baru beli

cara merawat kacer bakalan yang baru beli – Jika anda baru beli burung kacer dari ombyokan jangan berharap besok burung langsung gacor,karena jika burung kacer anda beli muda hutan alias super giras,bisa hidup saja sudah syukur.banyak terjadi burung mati karena salah perawatan dan pemilik terlalu memaksa kehendak.

memang semua dari kita yang hobi burung jika beli burung bahan berharap cepat berbunyi alias gacor.tapi semua itu butuh proses terlebih anda baru beli kacer bakalan yang masih belum jinak.perawat yang tepat bisa mempercepat proses adaptasi burung sehingga membuat burung tersebut mulai berbunyi.

oleh karena itu saya kali ini ingin berbagi pengalaman pribadi cara perawatan kacer bakalan muda hutan yang masih giras.pertama pastikan kacer anda beli sudah makan voer,jika belum buat burung makan voer dengan cara campurkan kroto atau jangkrik pada cepuk voer.

jika burung anda belum makan voer resiko kematian burung kacer sangat tinggi,jadi saya harap anda jangan menjinakan paksa burung dengan meletakan di bawah dan di dekat anda beraktivitas,lebih baik simpan burung tersebut di tempat tenang lalu ajarkan burung tersebut makan voer,lama proses voerkan burung bahan tergantung karakter masing-masing burung bisa jadi 1-3 hari ada juga yang sampai berminggu-minggu.

setelah kacer sudah voer total baru mulai perawatan harian sambil menjinakan burung,pertama pemilihan ukuran sangkar ,saya pribadi suka menggunakan sangkar super kecil untuk kacer bahan,bahkan beberapa waktu lalu saya pakai sangkar burcil alias sangkar pleci untuk kacer bahan muda hutan yang saya beli.

alasan saya memilih sangkar kecil sederhana burung giras tersebut tidak terlalu banyak menghabiskan tenaga saat grabakan,saya ada sangkar no 1,tapi saya lebih memilih sangkar kecil terlebih dahulu biar burung cepat tidak kelelahan.

karena beberapa kasus saya dulu pakai sangkar ukuran besar,burung masih giras,setiap saat nabrak jeruji,sehingga membuat burung kelelahan ,karena giras dan kelelahan akhirnya nafsu makan burung turun alias tidak mau makan,dan akhirnya mati.

biasanya saya menepatkan burung kacer bahan di sangkar kecil minimal 3 hari dan maksimal 20 hari sejak pertama saya membeli burung tersebut,entah kenapa menurut saya pribadi burung tersebut lebih cepat jinak dengan sangkar kecil di banding sangkar besar,setelah terlihat perubahan alias jinak lalat,baru saya pindahkan ke sangkar ukuran besar,biasa burung terlihat lebih tenang.

cara merawat kacer bakalan setelan jangkrik /ef +voer.paling umum orang menggunakan 5 jangkrik pagi dan 5 sore,kalau saya pribadi lebih suka menggunakan setelan 8 pagi 5 sore.

pemberian jangkrik adalah waktu yang tepat untuk menjinakan burung ,jangan memaksa kacer tersebut makan jangkrik dari tangan terlebih dahulu,pertama saya letakan sangkar burung di bawah.

lalu keluarkan jangkrik pada box kemudian hilangkan kaki jangkrik ,lalu letak jangkrik pada cepuk 1 persatu,lalu tunggu proses kacer tersebut makan,jika burung baru selesai makan baru gantungkan di tempat tenang.

ketiga cara merawat kacer bakalan agar cepat berbunyi dan beradaptasi adalah mandi malam.ya semua burung bahan yang saya pelihara pasti mandi malam.proses mandi malam memang terbukti ampuh menjinakan burung bahan yang masih giras dan menghilangkan stres pada burung.

saya pribadi mandi malam burung setiap hari,biasa di jam 8-12 malam .karena saya tidak ada keramba ,biasa saya letakan cepuk mandi burung di dalam sangkar,lalu semprot burung sampai sedikit basah,biasa burung akan dengan sendirinya masuk ke cepuk mandi tersebut.setelah selesai mandi letakan sangkar burung di samping lalu lakukan aktivitas anda seperti ngopi main game dll.hal ini mempercepat penjinakan burung bahan,karena burung merasa kita sudah bukan lagi ancaman bagi mereka.

setelah 1-2 minggu pelihara kacer bakalan tersebut dengan perawatan seperti diatas,mulailah anda gantung sangkar kacer di ruangan banyak aktivitas ,biar burung mengenal aktivitas manusia,sehingga ketika ada orang lewat burung tidak ketakutan dan menabrak jeruji.

mulai proses penjinakan tahan lebih sulit yakni memberi jangkrik menggunakan tangan,jika burung sudah jinak lalat ,baru mulai proses embun agar burung cepat gacor.

tulisan diatas penjelasan sederhana,tapi proses merawat burung kacer bakalan dari nol sampai berani gacor di depan kita perlu waktu yang bervarian ,tergantung karakter burung tersendiri,menurut saya pribadi jika anda sudah lakukan proses diatas dengan telaten butuh waktu 3 bulan agar burung benar-benar beradaptasi dengan baik,3 bulan anda gebuk sangkar pun burung akan tetap santai bahkan berani bunyi.

perawatan burung menurut saya jinakan lalat dulu baru proses bunyi,jangan harap burung bunyi baru jinakan,karena itu akan menjadi sangat lama.ingat hanya burung yang sudah beradaptasi dengan sangkar dan manusia yang bisa full gacor.

catatan : saya pribadi menyarankan kacer anda pelihara jinak lalat saja,jangan terlalu over jinak,jika terlalu over jinak,setiap saat burung melihat anda bukan mau berbunyi melainkan meminta makan.mungkin itu saja artikel cara merawat kacer bakalan yang baru beli semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda