Beranda Hobi cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan)

cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan)

cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) terbaru
cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) terbaru

Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dan cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) versi saya pribadi,sebelum mulai membaca artikel ini ada baiknya anda paham dulu setiap orang memiliki pendapat berbeda dan pengalaman tersendiri dari cara merawat kacer baru beli di pasar.

terlebih jika anda masih pemula,jangan asal terima dan praktekan semua tutorial yang ada di blog maupun youtube,karena ada beberapa blog dan youtuber membuat konten bukan dari sisi pengalaman,melainkan di sisi uang copy paste dan saran menyesatkan untuk menjaring visitor dan penonton.

berikut cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) versi saya pribadi ,cara merawat dibawah ini hampir pada semua burung yang baru saya beli ,tidak hanya kacer.berlaku untuk burung bahan atau muda hutan seperti kapas tembak,cucak jenggot,cucak ijo,murai batu ,dll.

  • Pertama kali burung kacer yang baru beli di pasar sampai rumah biasanya saya tidak akan memasukan ke sangkar,melainkan saya memasukan burung ke keramba terlebih dahulu.

tujuan saya memasukan burung kacer muda hutan tersebut ke keramba adalah untuk memandikan.ya mungkin pendapat saya ini berbeda dengan tutorial merawat kacer lainnya,saya pribadi sudah praktekan bukan hanya pada 1 kacer,jika kacer baru beli langsung di masukan ke sangkar ,otomatis giras dan nabrak jeruji,burung terlihat sudah beradaptasi dengan kandang atau sangkar tersebut.

berbeda hal nya ketika pertama kali sampai rumah,burung di masukan langsung ke keramba ,pastikan air keramba sudah terisi sebelum melepaskan kacer bahan tersebut.setelah di masukan,biarkan burung tersebut mandi sendiri ,jangan di semprot,sambil menunggu burung tersebut mandi anda bisa tinggalkan burung tersebut lalu mempersiapkan sangkar serta meletakan pakan maupun minuman pada cepuk di sangkar terlebih dahulu.

saran saya alas sangkar kalau bisa pakai karpet talang air yang bisa anda beli di toko bangunan,alas lebih baik ada karpet di banding tanpa alas sangkar alias langsung jeruji,fungsi alas sangkar karpet pada burung kacer jadi untuk mempermudah membersih kotoran,namum berbeda untuk kacer bahan,alas sangkar karpet tersebut kita gunakan agar kaki kacer bahan tersebut tidak mudah terluka atau terjepit.

karena seperti kita ketahui jika kacer bahan muda hutan biasanya giras seperti jet tempur,selalu lompat ,jika tidak meletakan alas karpet dan jeruji alas sangkar anda tajam,biasanya membuat kaki kacer terluka ,jika kaki kacer terluka dan bengkak otomatis membuat anda yang stres,karena burung bahan yang super giras di tambah kaki bengkak atau terluka biasanya 50% mati sebelum makan di ajarin makan voer.

karena kacer yang giras + kaki terluka biasa akan terus jeruji,lama-lama karena stres selera makan burung tersebut hilang dan membuat kacer bahan yang baru di beli di pasar tersebut bisa mati.

  • langkah kedua setelah 30 menit kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) pindahkan ke kandang atau sangkar

seperti saya jelaskan di atas,jika burung bahan selalu saya masukan ke keramba dan biarkan menyendiri selama 30 menit,hampir rata-rata burung kacer ombyokan tersebut akan mandi,fungsi mandi selain membersihkan bulu juga membuat burung kacer sedikit tenang.

apabila anda sudah memasukan kacer bahan di keramba selama 30 menit ,tetap burung tetap tidak mau mandi,tetap pindakan ke sangkar,jangan paksa mandi burung dengan semprot,karena itu hanya membuat burung bahan menjadi tambah stres + giras.

setelah kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) di pindah ke sangkar,dan pakan + air minum sudah lengkap,masukan kacer ke rumah letak di tempat tenang serta kerodong kacer tersebut.

gunakan kerodong tebal tapi warna cerah dan pastikan tempat gantung sangkar burung tersebut terang,karena dengan warna kerodong cerah dan ruang yang terang ,burung masih bisa melihat di sekitar sangkar ,baik untuk minum maupun makan.

ingat full kerodong,buka kerodong hanya waktu ingin cek pakan dan minum burung tersebut saja.jangan di buka kerodong kacer bahan tersebut minimal 3-8 hari,hal ini kita lakukan agar kacer bahan tersebut bisa beradaptasi dengan sangkar tersebut.

tidak perlu embun burung dan mandi rutin burung bahan tersebut,cukup kerodong dan diamkan selama 3-8 hari.setelah lewat 3-8 hari,baru mulai buka kerodong bisa secara sedikit demi sedikit,bisa juga langsung di buka full.dengan catatan sangkar di gantung di tempat tidak begitu ramai orang lewat.

  • Pakan kacer baru beli di pasar burung (ombyokan)

mungkin anda yang baru mencoba beli burung kacer bahan binggung mau kasih pakan apa untuk kacer bahan tersebut,terlebih jika burung belum makan voer.

menurut saya pribadi burung bahan mau sudah voer atau belum voer sama aja,biasanya kalau sudah voer pun,masih voer halus dan harga sedikit lebih mahal.saya pribadi lebih suka memilih burung kacer bahan yang belum voer karena harga lebih murah.

untuk pakan kacer bahan yang belum voer biasanya saya berikan dengan jumlah banyak.seperti jangkrik ukuran kecil 15 pagi 15 sore.untuk burung bahan saya tidak pernah menggunakan jangkrik ukuran besar,selalu saya pilih jangkrik kecil-kecil tapi dengan jumlah banyak.jika di tempat anda ada jual ulat kandang bisa berikan dengan takaran 2 sendok teh pagi dan sore.

ingat burung bahan yang baru di beli itu jangan di pusingkan dengan makan voer terlebih dahulu.kalau saya pribadi lebih memilih memberi burung bahan tersebut pakan dengan jumlah banyak.hal ini saya lakukan agar burung tersebut sehat dan adaptasi terlebih dahulu.

jika sudah 2 minggu dan saya lihat burung tersebut sehat dan bisa beradaptasi,baru saya ajarkan voer.ajarin kacer bahan makan voer itu tidak sulit,namum tidak akan saya bahas di artikel ini,karena terlalu panjang.

  • 3 minggu setelah kacer baru beli di pasar burung (ombyokan)

saya biasanya proses burung kacer bahan muda hutan dari pertama beli 3 minggu,karena biasanya burung sudah beradaptasi dan sehat.disini saya baru mulai proses embun,jemur,mandi,penjinakan sampai dengan jor ulat hongkong agar kacer bahan cepat berkicau .

ingat beri ulat hongkong dan keroto dengan jumlah banyak ketika burung bahan tersebut masih bisu ,setelah sudah mulai berkicau namum masih giras,pelan-pelan turunkan jumlah pakan.

berikut takaran pakan kacer bahan saya rawat setelah 3 minggu agar cepat berkicau.jangkrik 8/8 ekor ulat hongkong 5/5 untuk pagi dan sore,jika ada keroto berikan 1 sendok.

ulat hongkong memiliki pengaruh yang sangat besar pada kacer bahan,meski giras jika anda memberi takaran 3-5 ekor,kacer giras tersebut akan lebih cepat berkicau.karena ulat hongkong sifatnya panas,jadi pemberian harus di takar,berbeda dengan ulat kandang.ingat setelan diatas di hentikan jika burung sudah berkicau.

  • proses penjinakan dan membiasakan kacer di tempat ramai

burung bahan biasanya giras dan tidak mau bunyi ketika ada orang,oleh karena itu saran saya biasakan burung bahan diletakan di tempat ramai,kacer muda hutan jika anda konsisten merawat dan membiasakan di tempat ramai,hasilnya akan terlihat ketika burung bahan tersebut mabung pertama di tangan anda biasanya sudah bisa lebih tenang,jinak dan berani berkicau di tempat yang ramai.

mungkin itu saja cara merawat kacer baru beli di pasar burung (ombyokan) versi saya pribadi,ini hanya pendapat dan cara saya,setiap orang pasti memiliki cara berbeda,disini saya hanya berbagi,ambil sisi positif,jika menurut anda ada saran negatif pada artikel ini jangan di ikut.sekian semog bermanfaat,

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda