Beranda Hobi cara merawat kacer muda hutan agar tidak mati

cara merawat kacer muda hutan agar tidak mati

cara merawat kacer muda hutan agar tidak mati terbaru
cara merawat kacer muda hutan agar tidak mati terbaru

cara merawat kacer muda hutan agar tidak mati – banyak orang membeli kacer muda hutan dari ombyokan karena alasan harga lebih murah dan ingin belajar merawat burung kacer dari nol sampai jadi alias gacor dirumah serta bisa di lombakan.

namum tidak sedikit pemula rugi,karena kacer muda hutan yang baru mereka beli dalam waktu beberapa minggu lemes dan mati,ada juga sebagian kacer muda hutan tersebut mati padahal di lihat dari kotoran burung,burung tersebut sudah makan voer.

oleh karena banyak pemula binggung sama seperti saya rasakan dulu,kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang cara saya merawat kacer muda hutan agar tidak mati yang baru beli ombyokan. ini berdasar pengalaman pribadi jadi saya tidak bisa menjamin tips ini jamin berhasil untuk semua pembaca.

pertama pemilihan kacer bahan muda hutan di ombyokan,setiap orang memiliki cara memilih kacer bahan terbaik masing-masing.ada yang suka kacer body kecil panjang dll.untuk anda pemula saran saya utamakan memilih kacer bahan jangan terlalu terpaku sama saran orang dan tips para master terlebih dahulu.

saran saya lebih baik memilih burung yang terlihat gesit alias lincah,meski di dekatin nabrak seperti jet,lebih baik pilih kacer begitu karena itu menandakan kacer tersebut memiliki tubuh yang sehat ,jangan pilih kacer terlihat jinak di ombyokan,karena bisa jadi kacer tersebut terlihat jinak karena sedang sakit dll.

yang kedua jika sudah memilih kacer ombyokan dengan jumlah banyak pilihan pasti auto bingung ,terlebih anda membaca tips memilih kacer di internet ,pasti bingung pilih nya,saran saya fealing saja ,perhatikan dengan sesama selama 10 menit dari semua kacer tersebut pasti ada fealing anda memilih salah satu dari ratusan kacer ombyokan tersebut.

kedua setelah selesai memilih kacer ombyokan di toko burung,ketika sampai rumah tidak perlu buru-buru memindahkan kacer bahan tersebut ke sangkar atau keramba,pertama siapkan keramba di isi dengan air bersih,tidak perlu shampo dll,lebih baik gunakan air bersih dan dingin.

setelah keramba di persiapkan,silahkan pindahkan kacer bahan dari kotak ke keramba terlebih dahulu,tak perlu di semprot biarkan saja,biasa kacer ombyokan terlihat kotor dan tidak pernah mandi di ombyokan,jadi biasanya ketika pertama kali masuk ke keramba kacer muda hutan tersebut akan mandi sendiri.

ketika kacer muda hutan sedang di keramba siapkan sangkar.gunakan sangkar rapi mulai dari jeruji maupun tiang,jangan pakai sangkar kasar karena itu bisa membuat kacer muda hutan mudah terluka.disini saya tidak mewajibkan anda beli sangkar merk.tapi setidaknya cari sangkar yang rapi dan halus seperti sangkar merk,karena 80% kacer bahan terluka mulai paruh sampai kaki karena sangkar yang jeruji tajam dan kasar.

siapkan sangkar kacer muda hutan tersebut ,persiapkan sangkar kacer bahan tidaklah ribet,taruh voer halus ( seperti leopard,jika dirumah anda hanya tersedia voer kasar,silahkan tumbuk halus voer) lalu di lengkapi jangkrik ukuran kecil maksimal 15 ekor .

tempat minum bisa di isi dengan air putih bersih,akan lebih baik anda tambahkan vitamin ,bisa gunakan vitamin burung seperti ebodvit ( tidak wajib merk ebod,ada berbagai merk vitamin burung ) atau bisa juga vitamin ayam seperti vitachick.

siapkan juga kerodong tebal untuk sangkar,karena kondisi burung muda hutan itu kadang seperti jet tempur.

setelah semua persiapan selesai.pindahkan kacer muda hutan dari keramba ke sangkar,selesai proses pemindahkan,lihat kondisi kacer muda hutan tersebut,biasanya kacer muda hutan baru selesai mandi tersebut terlihat sedikit tenang dan lapar,tidak heran jika burung langsung makan jangkrik yang ada di wadah pakan tersebut.

langkah selanjutnya full kerodong tebal kacer tersebut,gantung burung di tempat agak tinggi,saran saya lebih baik gantung kacer tersebut di dekat kamar mandi ,jika di rumah anda berisik ada mesin,lebih baik gantung di atas mesin,karena suara air ,suara mesin,suara musik bisa tenangkan dan terapi burung stress,tidak wajib suara air saja.

setelah gantung burung di tempat tinggi,biarkan burung tersebut istrahat,keesokan hari pagi buka kerodong hanya untuk isi pakan jangkrik maksimal 15 ekor di cepuk pakan yang berisi voer halus tersebut.sebenarya ini adalah tahap penting juga,ketika ingin memberi makan,siapkan jangkrik terlebih dahulu,letakan di depan di sangkar,baru buka kerodong,tunggu 5 menit,baru masukan pakan ke cepuk.

setelah selesai kembali full kerodong ,sore sekitar jam 4-6 sore kembali beri makan kacer muda hutan tersebut,lakukan sama seperti cara diatas.

lakukan tips diatas selama 1 minggu sampai 3 minggu.(Penting setiap hari lakukan kurangkan jumlah jangkrik yang di beri,misalnya hari pertama 10 ,hari kedua 9 begitu selanjutnya sampai jumlah jangkrik tinggal 5 pagi dan 5 sore)konsisten berikan 5 pagi dan sore),maka anda bisa melihat sedikit perubahan kacer muda hutan tersebut ketika buka kerodong,jiika burung sudah terlihat lebih tenang dan sedikit jinak.

selama full kerodong dan kurangkan jumlah jangkrik secara bertahap secara tidak langsung anda mengajarkan burung makan voer,karena burung bahan biasanya yang makan di cepuk,meski jangkrik sudah habis akan tetap mencari makan di cepuk makan tersebut ,untuk burung bahan tidak usah heran jika burung acak voer halus tersebut,burung bahan yang baru belajar voer biasa memang acak voer.

setelah 2 minggu,mulai mandikan burung di keramba,setelah selesai full kerodong tapi ritsleting pada kerodong di biarkan terbuka ,ini agar burung bisa melihat sisi luar kandang ,gantung sangkar di tempat banyak aktivitas seperti di ruang tamu ,dekat pintu masuk ,agar burung bisa melihat aktivitas kita,ini berfungsi untuk adaptasi kacer muda hutan tersebut.

secara pelan-pelan kerodong di naikan perhari ,misalnya 3 hari kerodong di buka setengah,hari keempat full terbuka,pastikan kacer muda hutan setelah di buka kerodong di gantung tempat yang sama.

kacer loncat-loncat itu biasa,biarkan saja burung beradaptasi dengan lingkungannya terlebih dahulu,ketika sangkar sudah full terbuka anda baru bisa mulai proses embun dll.

ingat meski kacer muda hutan sudah makan voer baik voer halus maupun voer kasar.tetap berikan jangkrik 5 pagi 5 sore,karena burung yang baru belajar voer belum bisa sepenuhnya bergantung pada voer tersebut,jadi tetap berikan makan serangga atau ef.

Dengan catatan jika anda menggunakan voer biasa,jika anda memberikan voer protein tinggi saran saya beri ef 1-2 ekor pagi dan sore,jika burung terlihat tidak nyaman alias tambah giras setelah pakai voer protein tinggi,hentikan pemberian ef,karena burung bahan yang makan voer protein tinggi di tambah ef bisa membuat over sehingga loncat-loncat serta tambah giras,untuk kacer voer protein tinggi saya sarankan 35% saja,itu sudah cukup tanpa ef.

banyak kejadian kacer muda hutan mati karena 2 hal,pertama pemiliki terlalu over perhatian kepada burung ,tidak di kerodong langsung proses jika,sehingga burung loncat-loncat dan tambah stress berat sehingga nafsu makan burung hilang,akhirnya mati.

yang kedua karena kacer muda hutan baru belajar makan voer,diberi full voer tanpa ef,sehingga burung bahan tersebut menjadi kurus akhirnya nyilat dan mati.

oke saya rasa mungkin itu saja tips cara merawat kacer muda hutan agar tidak mati ,ingat proses burung bahan sampai gacor itu tidak instan,nikmati prosesnya terlebih dahulu,jika anda tidak sanggup alias nyerah lebih baik jual kacer muda hutan anda lalu kumpul duit beli burung jadi saja.buat saya pribadi merawat burung dari nol sampai gacor kepuasan sendiri,tapi buat sebagian orang itu adalah penderitaan,hal ini karena kacer muda hutan itu burung yang paling sulit di rawat ,berbeda dengan burung cucak hijau dll,sekian semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda