test

cara merawat murai trotol mutasi dan dorong ekor

merawat murai trotol mutasi dan dorong ekor – ada banyak tutorial lama di blog lain yang menulis berbagai macam cara perawatan trotol yang mutasi ke dewasa dan mulai dorong ekor,dan banyak tutorial saya melihat banyak copy paste dari blog lama dan tips yang di tulis oleh penulis yang hanya menulis ulang dari blog sebelumnya.

karena saya melihat begitu banyak artikel cara merawat murai trotol mutasi dan dorong ekor yang sama ,kali ini izinkan saya berbagai tips cara perawatan murai trotol mulai umur 2 bulan sampai mutasi ke bulu dewasa dan dokor.

pertama perawatan saya gunakan pada murai trotol harian full kerodong ,hanya buka reseleting kerodong ,hal ini saya lakukan agar anakan murai tidak terlalu jinak dan ngelowo.

waktu perawatan pagi dan sore saja,saya tidak terlalu sering interaksi dengan murai trotol maupun murai dewasa di rumah,burung di urus waktu pagi dan sore saja.

pagi sekitar jam 8-9 pemberian pakan jangkrik,untuk trotol rata-rata jangkrik saya berikan 8-10 ekor.sore sekitar jam 3-4 sore kembali saya berikan jangkrik dengan jumlah sama,ukuran jangkrik saya berikan kecil dan sedang saja,saya lebih suka memberikan ukuran jangkrik kecil.

catatan : setiap pemberian jangkrik jangan diisi dari luar atau di tuangkan pada cepuk.cara terbaik menurut saya agar trotol murai sampai dewasa tidak akan ngelowo atau kejinakan.pertama siapkan jangkrik yang ingin di berikan alias potong kaki yang paling besar.lakukan hal ini di luar jangan di depan burung,lalu setelah siap,turunkan sangkar murai trotol tersebut,buka kerodong sebentar lalu keluarkan cepuk jangkrik.

ingat pisahkan cepuk jangkrik dan voer lebih baik,agar kedepan burung tidak acak voer.

setelah keluarkan cepuk jangkrik ,baru isi cepuk tersebut dengan jangkrik ,lalu pasang kembali cepuk,lalu kembali di kerodong.

cara sederhana pemberian jangkrik ini sudah saya terapkan pada beberapa murai trotol yang sudah saya rawat,hasilnya murai trotol tersebut tetap giras dan ketika dewasa tidak pernah ngelowo ketika di beri makan jangkrik.

alasan saya memberikan jangkrik 8-10 adalah agar murai tersebut tetap makan voer yang pada cepuk,karena ketika anda full jangkrik kebanyakn murai trotol akan mudah lupa voer dan mudah jinak.

langkah kedua pembersihan sangkar dan ganti air minum.

saya tidak setiap hari bersihkan sangkar murai trotol hanya saya lakukan paling cepat 3 hari sekali,rata-rata 5-7 hari sekali bersihkan.karena burung di kerodong lebih banyak diam,sehingga makan dan kotoran pun tidak banyak.

hal ini saya terapkan pada murai trotol sampai dengan lepas trotol baru saya rubah.

ganti air minum 2 hari sekali.saya selalu gunakan cepuk kecil pada air minum,karena saya tidak mau murai trotol tersebut kebiasaan mandi cepuk.

perawatan mandi jemur umbar dan embun.

saya tidak pernah embun burung murai trotol,kecuali sudah lepas trotol .

proses mandi jemur umbar saya lakukan setiap 1 minggu 1 kali,proses ,pagi haru waktu penjemuran tidak lebih dari 15 menit .selesai jemur ,murai trotol saya masukan ke umbaran yang sudah tersedia tempat mandi,setelah murai masuk ,biasa saya proses bersihkan sangkar,murai trotol tersebut akan mandi dengan sendiri nya ,ingat tidak perlu di paksa umbar,biarkan saja burung terbang semaunya di umbaran.

setelah 30 menit sampai 1 jam ,kembali pindahkan burung pada sangkar harian.tidak perlu di angin-anginkan lagi,langsung kerodong ,gantung kembali sangkar burung pada tempatnya.

hal diatas saya terapkan pada semua murai trotol saya pelihara,mulai dari 2 bulan sampai lepas trotol,pemberian pakan tetap sama ,dan proses tetap sama meski burung sedang proses mutasi bulu sampai dengan dorong ekor.buat anda yang tidak punya umbaran ,tidak wajib umbar tinggal pakai keramba mandi burung saja,ingat waktu masukan di tempat mandi biarkan burung mandi sendiri jangan di paksa.

saat murai sedang dorong ekor biasa saya rubah hanya pada proses jemur yang di hilangkan,mandi rutin setiap minggu .

proses dokor murai biasa memakan waktu 2 bulan sampai 3 bulan ,tips mengetahui murai selesai dokor di tandai dengan pola ujung ekor yang sudah melingkar alias tidak tajam lagi.biasanya itu patokan saya terapkan.

saya tidak pernah jor ef waktu dorong ekor,semua saya berikan tetap normal seperti jangkrik ,kroto dll sesuai dengan porsi waktu trotol pertama kita rawat sampai dia selesai dokor.jika sudah selesai dokor baru kembali di ubah.

ow iya saran saya sih waktu dokor beri cacing tanah 2 -3 hari sekali 1 ekor saja cukup.karena cacing mengandung protein tinggi,hal ini tidak perlu anda lakukan jika sudah pakai voer protein tinggi.

kunci utama rawat murai trotol agar bisa berkembangan normal dan tidak terlalu jinak alias ngelowo .pertama buat burung senyaman mungkin ,oleh karena itu saya gunakan kerodong ,hal ini membuat burung aman dan tidak mudah stress.lalu intraksi dengan burung lakukan seperlunya saja,jangan tiap hari di ajak berbicara dan di mainkan,karena itu efek buruknya pas dewasa,menjinakan burung murai giras dari kecil itu gampang tapi mengiraskan burung murai yang dari kecil terlalu manja itu sulit.:D

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda