Beranda Android Zone cara mudah install ulang atau flashing android tanpa pc

cara mudah install ulang atau flashing android tanpa pc

cara install ulang atau flashing android tanpa pc terbaru

cara install ulang atau flashing android tanpa pc bisa di lakukan sangat mudah . saya lebih suka menamakan tutorial ini dengan cara install ulang maupun upgrade dan downgrade android secara manual tanpa pc.

karena cara kerja flashing android atau install ulang android ini di lakukan secara manual mulai dari memindahkan firmware android ke sd card dengan cara manual oleh setiap pengguna android begitu juga dengan perintah install juga di lakukan dengan manual,berbeda dengan flash android menggunakan pc semua file akan otomatis di ekstrak ke hp android melalui tranfer usb dan software tambahan di komputer.

sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan cara update os android secara manual di hp oppo , jika anda membaca artikel tersebut dan paham dari arti artikel tersebut,mungkin anda sudah bisa langsung praktek cara install ulang atau flashing android tanpa pc untuk semua android.

NAMUM jika masih ragu ikuti artikel tutorial cara mudah install ulang atau flashing android tanpa pc ini.

Hal yang pertama wajib anda ketahui adalah arti dari install ulang atau flashing os android ,upgrade os android dan downgrade os android, meski cara installnya sama,tetapi ini memiliki berbeda pengertian .

  1. install ulang atau flashing android tanpa pc maupun menggunakan pc – bisa di artikan untuk menginstall ulang os android pada smartphone android ,tanpa menurunkan atau menaikan versi firmware,dengan kata lain install ulang itu melakukan pemasangan ulang os android versi yang sama pada hp android.flash android bisa untuk memperbaiki hp android yang bootloop
    flash android atau install ulang android juga berfungsi untuk menghilangkan root
    flash android juga bisa di gunakan untuk upgrade dan downgrade os android
  2. update os android atau upgrade os android tanpa pc maupun menggunakan pc – berfungsi untuk install ulang sekalian memperbaharui versi os android pada smartphone,dengan kata lain kita install ulang firmware versi android yang lebih tinggi dari versi firmware android sebelumnya.
  3. downgrade android berfungsi untuk menurunkan versi firmware android yang terpasang di setiap hp android.

Yang menjadi faktor pembeda antara install ulang ,upgrade os dan downgrade android diatas adalah dari sisi firmware os android yang akan di install.

apa saja yang perlu di siapkan untuk install ulang atau flashing android tanpa pc baik itu untuk install ulang upgrade os maupun downgrade os android.

jika install ulang di komputer kita memerlukan drive usb ,firmware untuk hp android dan flash tools seperrti odin dll.berbeda halnya jika anda ingin install ulang langsung di hp android tanpa pc .cukup siapkan firmware sesuai dengan hp android kita gunakan.

Sebelum memulai flashing atau install ulang android simpan/back up seluruh data penting terlebih dahulu.seperti kontak atau buku telepon bisa ke akun gmail ,dan pindahkan seluruh file penting lain seperti foto,video dll ke memori eksternal sd card ,ketika semua sudah di pindah ,anda tidak perlu mencopot kartu memori card di hp android ketika ingin install ulang,karena seluruh file di microsd card tidak akan terhapus meski kita reset hp android.

selanjutnya download firmware untuk hp android anda gunakan. apabila sudah selesai ,pindahkan firmware android ke akar sd card ,ini berfungsi mempermudahkan di waktu kita mencari firmware untuk proses install pada recovery mode.

apabila semua sudah disiapkan,mulai proses install manual atau flashing android tanpa pc.

pertama masuk recovery mode hp android ,lalu lakukan proses reset android terlebih dahulu pada hp android kita gunakan.

catatan : anda tidak wajib mengikuti tutorial reset android terlebih dahulu ,semua tergantung masing-masing,tanpa reset android terlebih dahulu pun sebenarnya tetap bisa melakukan proses install ulang atau flashing os android.

selanjutnya proses install ulang atau flashing android tanpa pc .

matikan hp android,lalu hidupkan dan langsung masuk ke recovery mode,biasanya untuk cara masuk recovery mode android tekan tombol power + volume up.

setelah masuk ke recovery mode gunakan tombol pada hp android untuk navigasi :

  • tombol power sebagai fungsi select atau enter
  • tombol volume up (plus / +) untuk navigasi ke atas
  • tombol volume down (minus /- ) untuk navigasi ke bawah

Pilih menu APPLY UPDATE FROM EXTERNAL / sdcard ATAU INSTALL UPDATE PACKAGE (untuk hp lenovo) .fungsi dari memilih menu ini pada recovery mode adalah untuk melakukan proses install ulang firmware dari memori card.

flashing android tanpa pc terbaru
flashing android tanpa pc terbaru

setelah memilih apply update from EXTERNAL tersebut,silahkan pilih firmware yang sudah di tersimpan di kartu memori sdcard .jika sudah ketemu,silahkan pilih dan enter update dengan menekan tombol power 1x .tunggu proses install sampai selesai,jika sudah selesai ,terakhir pilih reboot device.

cara flashing android tanpa pc terbaru
cara flashing android tanpa pc terbaru

catatan penting ingat anda harus pilih apply update from sd card ,jangan pilih apply update from adb ,karena apply update from adb artinya Android Debug Bridge ( ADB ) yang berfungsi untuk proses install ulang untuk komputer.

jika sudah terlanjur memilih apply update from adb ,maka cara untuk keluar dari apply from adb cuma 2 cara yaitu dengan menekan tombol power tahan sampai hp android mati dan cara kedua yaitu dengan mencopot baterai,jika baterai di hp anda permanen untuk maka tunggu baterai habis.

Artikel terkait install ulang atau flashing android tanpa pc :

 

Tanya : kenapa saya tidak membahas tutorial install ulang menggunakan aplikasi tertentu di android.

jawab : saya pribadi lebih suka install ulang manual langsung dari pengaturan yang ada di hp android,karena menurut saya ini lebih mudah dan resiko lebih rendah,jika anda menggunakan aplikasi ketiga bukan tidak mungkin proses install tidak berjalan dengan sempurna serta kemungkinan besar hp android anda bisa bootloop.

Tanya : apakah hp android sudah di root akan hilang ketika proses install ulang atau flashing android diatas?

jawab : yup setelah proses flashing android tanpa pc berhasil,maka hp android kita gunakan juga di dalam keadaan unroot.

tanya : apakah cara flashing ini di jamin berhasil dan aman

Jawab : saya sudah melakuakn banyak proses install ulang manual atau flashing android ini,dan semua berhasil dengan baik,selama anda mengggunakan firmware sesuai ponsel android di gunakan,di jamin aman

Tanya : apakah hp android bootloop akan kembali normal setelah mengikuti cara install firmware android tanpa pc ini

Jawab : perbandingan 50 ; 50 ,saya tidak bisa memastikan apakah hp bootloop bisa berhasil mengikuti tuturial ini,karena tergantung bootloop androidnya,jika hanya karena sedikit erorr,maka proses install manual ini pasti bisa berhasil dan menghilangkan masalah bootloop android tersebut,jika ic emmc sudah rusak total maka tidak mungkin cara install ini berhasil .

khusus untuk anda pengguna hp android yang ingin flashing android karena hp di gunakan sudah bootloop .saya lebih menyarankan anda untuk melakukan flashing menggunakan komputer atau pc saja,karena persentase untuk berhasil jauh lebih tinggi di banding dengan install manual seperti diatas.

mungkin itu saja tutorial cara mudah install ulang atau flashing android tanpa pc ..cara ini berlaku untuk semua smartphone dan tablet pc android baik itu sony xperia ,xiaomi redmi note mi ,samsung galaxy j ace s,asus zenfone ,oppo,vivo,htc ,lenovo dll.sekian semoga bermanfaat.

3 KOMENTAR

  1. bindung

    klo hp mito a69 gimana yh om cara nya

  2. Darmanto

    Mohon pencerahan…bagaimana caranya mengatasi hp yang selalu boot kr mode twrp makasih gan

    • Admin

      itu karena ada error,coba wipe kalau tetap sama,install ulang saja gan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda