ada baiknya kita juga mempelajari ciri-ciri diabetes mellitus atau penyakit gula yang terlihat jelas pada perubahan fisik kita yang diakibatkan oleh penyakit gula / diabetes. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk membantu kita dalam mendeteksi adanya kemungkinan serangan diabetes terhadap diri kita maupun orang-orang yang kita sayangi.berikut ciri-ciri diabetes mellitus yang bisa di lihat dari perubahan secara fisik penderita ;

  • perubahan pada Rambut sebagai ciri-ciri penderita penyakit gula atau di kenal dengan nama diabetes

Pengidap penyakit diabetes yang sudah bertahun-tahun akan cenderung memiliki rambut yang lebih tipis dibandingkan dengan orang yang sehat. Hal ini terjadi karena diabetes juga menyerang akar rambut sehingga mudah terjadi kerontokan rambut.

  • Telinga

Pengidap diabetes cenderung mudah mengalami gangguan pendengaran karena diabetes juga menyebabkan gangguan pada saraf pendengaran. Jika tidak segera mendapatkan penanganan maka hal tersebut dapat berakibat pada hilangnya pendengaran ( tuli ).

  • perubahan pada Mata

Mata pada pengidap diabetes akan cenderung terlihat lebih cembung dan besar dibandingkan dengan mata pada orang sehat. Hal ini terjadi karena ke-tidakseimbangan kadar gula dalam darah, yang juga terpompa ke retina mata menyebabkan mata menyerap cairan dalam jumlah yang berlebih.

Keadaan tersebut akan semakin parah pada saat kadar gula dalam darah berada dalam level maksimum atau jauh melebihi ambang batas. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan dapat terjadi kerusakan pada mata seperti glaukoma, katarak dan bahkan kebutaan.

  • Lidah, Rongga Mulut dan Gigi

Pada pengidap diabetes rongga mulut akan terasa lebih kering karena terjadi penggumpalan atau pengentalan ludah. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah xerostomia diabetic. Pengidap diabetes juga akan mengalami gangguan pengecapan karena terjadi pembesaran dan penebalan lidah. Gigi pengidap diabetes akan mudah goyah dan lepas karena rusaknya jaringan pengikat gigi pada rahang atau sering dikenal dengan istilah periodontium.

  • Organ Hati, Jantung dan Paru-paru

Jantung penderita diabetes akan mudah mengalami kelelahan karena darah yang mengandung kadar gula tinggi menjadi lebih berat untuk di pompa ( sebagaimana kita ketahui bahwa jantung adalah organ tubuh yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh ).

Selain itu tingginya kadar gula dalam darah juga membuat kandungan oksigen dalam darah menurun dan hal ini berakibat pada menurunnya supplai oksigen kepada jantung yang dapat memicu serangan jantung koroner.

Sedangkan untuk organ hati pengidap diabetes akan mudah terserang radang yang disebabkan serangan virus hepatitis B dan C. Selain itu paru-paru penderita diabetes juga akan menjadi semakin rentan terhadap serangan penyakit, terutama sekali yang berkaitan dengan paru-paru seperti TBC paru-paru.

  • Kondisi organ pencernaan

Sukar buang air besar atau obstipasi diabetic adalah hal yang kerap dialami pengidap diabetes. Hal ini terjadi akibat adanya pengelembungan lambung yang mengganggu proses pengosongan lambung. Kondisi tersebut diakibatkan karena kerusakan urat saraf pemelihara lambung.

  • Inkontinesia Urine

Inkontinesia urine adalah kondisi seseorang tanpa disadari mengeluarkan air seni ( mengompol ). Kondisi ini biasanya menyerang pengidap diabetes melitusyang sudah sangat akut dan bertahun-tahun. Inkontinesia urine terjadi karena infeksi saluran kemih yang berulang-ulang dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Infeksi saluran kemih yang akut tersebut kemudian menyebabkan rusaknya urat saraf pemelihara kandung kemih yang berakibat pada lemahnya dinding kandung kemih.

Itulah beberapa ciri-ciri diabetes mellitus atau penyakit gula yang bisa di lihat dari kondisi fisik ,yang dapat kita jadikan alat bantu untuk mendeteksi serangan diabetes utamanya kepada diri kita dan kepada orang-orang yang kita cintai. Semoga hal tersebut diatas tidak menimpa kita maupun orang-orang yang kita cintai. Maka menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang paling penting untuk dijalankan dan diajarkan kepada anak-anak kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here