test

ciri penipuan di shopee black market dll

ciri penipuan di shopee black market dll -Saya pribadi memang selalu merekomendasikan orang belanja barang online melalui market place seperti tokopedia shopee bukapalak lazada dll,karena di marketplace tersebut memiliki aturan transaksi yang aman buat pembeli maupun penjual.

itu bukan berarti seluruh toko market place di indonesia aman terpecaya alias tidak ada penipuan.pasti akan akun penipuan yang ikut berjualan di market place seperti di shopee tokopedia bukalapak dll.

oleh karena itu jangan pernah anda mudah percaya dan berpikir jika tidak ada penipuan di shopee ,hampir sebagian besar market place di indonesia ada akun toko online penipuan,jadi harus berhati-hati.

satu hal penting yang wajib anda ketahui,saya selalu merekomendasikan market place karena sistem transaksi aman untuk pembeli dan penjual,bisa di bilang aman 100% apabila pengguna menggunakan sistem transaksi yang ada dan pada marketplace shopee misalnya.

namum apabila anda hanya mencari toko online di market place seperti shopee,lalu melakukan transaksi jual beli langsung tanpa perantara dari pihak market place,maka seluruh resiko di tangung anda pribadi,jika ketipu anda tidak bisa komplain ke pihak mana pun,karena anda sudah melakukan kesalahan sendiri.

di artikel ini saya tidak bermaksud menjelekan shopee,hanya sebatas mengingatkan anda sebagai calon pembeli jangan mudah percaya penjual di shopee maupun di market place lain seperti bukalapak tokopedia dll.

berikut ada beberapa ciri penipuan di shopee modus mulai dari black market ,cuci gudang ,barang lelang dll;

  • harga barang di tawar super murah sampai tidak masuk akal.seperti potongan harga 50% dari normal.kebanyakan pada smarpthone dan barang fashion seperti tas dll ,penjual biasa ngaku barang di jual bm,big promo,barang sitaan beacukai ( ilegal) ,barang lelang sampai dengan cuci gudang.modus cuci gudang dan big promo sering muncul pada produk baju,barang elektronik ,parfurm,make up dll
  • Ada dua modus penipuan yang cukup populer di shopee,yakni penipuan dengan transaksi shopee.

ciri penipuan di shopee via transaksi shopee atau penipuan mengakses akun pembeli.

modus ini sering terjadi jika pembeli gaptek,biasanya setelah proses pembayaran anda selesai ke marketplace, penjual akan memberi link atau url situs shopee palsu,pembeli di haruskan log in atau memasukan akun disana.dari situs palsu ini adalah salah satu cara penipu untuk mengetahui username dan password akun shopee pembeli.

lalu setelah dapat username dan password,maka pelaku akan log in akun shopee pembeli tersebut di aplikasi resmi shopee,apabila ada permintaan verifikasi nomor via sms,penipuan akan dengan pede telepon pembeli tersebut dan meminta kode varifikasi tersebut dengan alasan yang cukup unik,seperti untuk konfirmasi order dari toko pelaku.

apabila username ,password dan kode verifikasi via sms telah di dapatkan dari si pembeli,maka si pelaku penipuan bisa melakukan akses langsung ke akun shopee tersebut.

langkah terakhir di lakukan oleh pelaku penipuan adalah masuk akun shopee,lalu langsung melakukan konfirmasi barang di order dari toko mereka sudah di terima oleh pembeli.hal ini di lakukan pelaku penipuan agar dana atau uang dari pembelian barang di market place tersebut bisa langsung berpindah ke penjual.ketika uang sudah masuk ke akun toko shopee pelaku,maka meraka akan melakukan penarikan dana secepatnya.

modus penipuan di shopee seperti diatas sering di temukan,oleh karena itu saya sangat menyarankan seluruh komunikasi antara pembeli dan penjual via market place saya,jangan pernah membuka url oleh pelaku,karena bukan tidak mungkin itu url atau alamat web menuju ke web palsu untuk mencuri username dan password akun shopee anda.

terlebih apabila ada sms notifikasi verifikasi akun shopee,jangan pernah memberi kode verifikasi akun tersebut kepada siapapun,jika anda tidak ingin akun shopee anda di akses oleh orang lain.

ciri penipuan di shopee paling populer proses transaksi jual beli di luar market place.

modus penipuan di shopee ini masih populer dari dulu sampai sekarang,pelaku penipuan ini biasa mengaku menjual barang ilegal alias bm ,dan ada juga yang mengaku promosi potongan harga alias cuci gudang hanya berlaku khusus transaksi langsung.

ada berbagai alasan pelaku penipuan untuk meyakinkan calon pembeli melakukan transaksi jual beli di luar market place seperti di shopee.

rata-rata toko online di shopee yang menjual barang super murah di lengkapi nomor whatsapp ,dan ketika ada pembeli,di wajibkan komunikasi via aplikasi whatsapp,ketika anda mulai berkomunikasi,para pelaku menggunakan kesempatan tersebut untuk yakinkan calon pembeli.

mulai dari foto,testimoni dll.ada berbagai alasan pelaku meyakinkan pembeli untuk transaksi pembelian langsung dari luar market place.

saya harap jika anda menemukan ciri penipuan shopee jenis ini jangan percaya apalagi transaksi,karena rata-rata penipuan,apabila anda tetap belanja di luar shopee maka pelaku bukan hanya melakukan penipuan 1x kepada anda,namum berulang kali .

mereka biasa menggunakan modus barang di tahan di jne atau beacukai karena ilega,sehingga korban di wajibkan membayar uang jaminan,jika tidak di bayar di ancam kasus tersebut akan naik ke meja hijau.

karena kebanyakan korban panik ,jadi melakukan pembayaran tersebut,pelaku melihat korban bisa di peras,maka akan memberi berbagai alasan lain agar korban melakukan tranfer,.sampai saldo rekening korban NOL alias sudah tidak ada saldo,biasa korban baru mulai sadar jika mereka terkena modus penipuan belanja online tersebut.

mungkin itu saja artikel ciri penipuan di shopee black market dll,saran saya jika anda ingin belanja online via market place,maka gunakan market place sebaik mungkin mulai dari transaksi dari sana langsung dan tidak memberi akses akun ke siapapun,karena jika ada penipuan ketika belanja di shopee alias barang yang sampai tidak sesuai dengan yang di order,kita masih bisa komplain dan minta uang kembali dari pihak marketplace seperti shopee.sekian semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda