test

hal penting dipertimbangan sebelum kredit rumah

hal penting dipertimbangan sebelum kredit rumah : anda sudah terpikir ingin memiliki rumah sendiri , menurut saya pribadi mereka yang sudah kepikiran ingin memiliki rumah sendiri itu sebuah hal positif ,ya rumah pribadi itu memang penting buat anda yang merantau pasti merasa hal tersebut.

Namum harga sebuah rumah tidaklah murah,terlebih penghasilan kita masih rendah,sangat tidak mungkin rasanya membeli rumah dengan harga cash dalam 5 tahun kedepan.di tambah harga rumah dan tanah semakin tahun semakin tinggi,karena kepikiran hal ini membuat banyak orang memilih langkah lebih cepat untuk memiliki rumah sendiri yakni melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

meski ketika bercerita dengan teman-teman saya,saya selalu menyarankan membeli rumah cash karena menghindar bunga,itu bukan berarti saya anti terhadap kpr,menurut saya sah-sah saja seseorang ingin memiliki rumah dengan cara kredit alias kpr.

Dengan catatan MEREKA MAMPU dan Sudah mempertimbangkan resiko 10 tahun kedepan.

Banyak orang yang memilih kredt rumah dari bank dengan cicilan bulanan 50-70% dari pendapatan tetap mereka.terlebih mereka yang masih baru berkerja,semangat untuk memilik rumah yang sangat tinggi,sehingga mereka mengajuikan kredit tanpa berpikir terlebih dahullu apakah mereka mampu dan sudah pertimbangkan resiko minimal 5 sampai 10 tahun.

buat anda yang baru mau kredit rumah melalui bank saya juga sarankan mendengar pendapat saya pribadi ini terlebih dahulu sebelum memulai kredit.

Pendapat saya pribadi mereka yang MAMPU dan sudah mempertimbangkan resiko 10 tahun kedepan :

Hal pertama : MAMPU dalam arti anda sudah mampu pembayaran cicilan perbulan selama proses kpr berjalan.anda mampu sekarang apakah tahun depan masih mampu ,begitu juga 10 tahun lagi.apakah pendapatan anda tetap atau tidak.

karena banyak kasus keuangan berantakan ketika sudah mulai kredit rumah,sebagai contoh anda mengambil cicilan rumah 4jt perbulan selama 10 tahun,di awal kredit karena penghasilan utama dan sampingan anda tinggi,mereka berani ambil kpr dengan angka cicilan yang tinggi,hal ini di pilih karena mereka beralasan ingin cepat selesai dan bisa membayar cicilan tersebut dengan mudah karena penghasilan mereka saat ini diatas 10 jt.

setelah jalan 1-5 tahun mulai buat mereka yang masih lajang memilih menikah dan buat mereka baru berkeluarga tentu memilih anak,disini perubah pengeluaran sangat besar.di tambah penghasilan mereka sudah mulai tidak stabil,setelah di cek ternyata pendapatan tetap mereka hanya beberapa juta,sedangkan yang tinggi hanya dari pendapatan tambahan seperti bisnis jualan dll.

hal ini menunjukan jika penghasilan mereka tidak tetap belum lagi pengeluarkan mereka semakin besar.disinilah masalah dimulai ketika penghasilan mereka tidak tetap di tambah kalau terjadi phk dan bisnis sampingan mereka sepi .

diatas 5 tahun anda baru akan mulai terasa berat cicilan rumah kpr tersebut,terlebih jika dahulu anda memilih bayar cicilan dengan angka yang tinggi.

oleh karena itu saya sangat tidak menyarankan anda memilih cicilan besar untuk kpr,ingat anda bukan kredit motor yang berjalan cuma 3 tahun,kredit rumah rata-rata 10 – 20 tahun,itu jangka waktu yang lama,jika selama waktu kpr berjalan terjadi musibah dan pengeluarkan darurat tidak terencana terjadi,maka otomatis anda pusing membayar cicilan tersebut setiap bulan.

Hal Kedua : sebelum kredit rumah atau kpr apakah anda sudah mempertimbangkan resiko 10 tahun kedepan

hal ini perlu anda cermati sendiri,saat ini anda lajang atau sudah berkeluarga,jika sudah berkeluarga apakah sudah punya anak atau belum,jika sudah punya anak umur berapa anak anda,apakah anda ada beban piutang keluarga atau tidak.

dan yang tidak kalah penting berapa usia anda ketika selesai kpr kedepan.

jika anda masih lajang ,pikirkan 10 tahun kedepan setidaknya anda perlu 2 pengeluaran besar yakni menikah dan biaya untuk anak.

jika sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak ,10 tahun kedepan anak anda sudah sekolah,biaya sekolah tidak murah.

semua perlu anda pertimbangkan dengan baik,karena mereka yang sudah pertimbangkan dengan baik saja bisa salah langkah,apalagi jika anda asal kredit tanpa pikir kedepan.

hal ini penting agar setidaknya 8-10 thun kedepan anda tidak di pusingkan dengan cicilan rumah yang belum selesai belum lagi semua biaya hidup semakin tahun pasti semakin meningkat.

perhitungkan resiko terburuk terlebih dahulu,jika anda sudah perhitungkan resiko terburuk dan anda merasa bisa menghadapi semua tersebut,saya rasa sudah tidak ada alasan untuk anda menunda kredit kpr lagi.

Ingat kredit rumah itu untuk kenyamanan kita dan keluarga,jangan memaksakan diri untuk memiliki rumah jika belum mampu,karena resikonya hidup anda di bayangin hutang,hidup penuh hutang cicilan kpr terlebih kita juga memiliki hutang ke tempat lain juga sangat tidak nyaman dan saya pernah merasakan hidup dililit hutang walau bukan karena kpr.,yang jelas hidup ada beban hutang rasa nya sangat sengsara.

mungkin itu saja artikel hal penting dipertimbangan sebelum kredit rumah , anda bisa saja setuju dan tidak setuju dengan pendapat saya diatas,namum saya sudah melihat banyak teman yang pusing dan berantakan karena cicilan kpr ,hal tersebut terjadi karena mereka terlalu fokus promo tanpa DP tanpa memikirkan apakah mereka mampu dan tidak pernah pertimbangkan hal-hal penting sebelum kredit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda