test

ingin memulai bisnis ternak burung kicau mikir dulu

ingin memulai bisnis ternak burung kicau mikir dulu – usaha penangkaran burung kicau dan hias cendrung di lirik banyak orang karena terlihat begitu mengiurkan keuntungan yang di dapatkan oleh penangkar.

Terlebih banyak blog dan vlog memberikan analisis keuntungan perbulan,memang sangat tinggi di tambah melihat liputan media beberapa penangkar bisnis sukses yang bisa menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta perbulan.

buat anda yang memiliki pemikiran ingin memulai bisnis ternak burung kicau dan hias berarti sama seperti saya dahulu,saya sejak 8 tahun lalu sudah memikirkan hal tersebut,namum tidak memulai bisnis ternak burung tersebut karena terkendala modal dan tempat,maklum dulu anak kost .

Pertanyaan pembaca :apakah saya sudah gagal sampai menulis artikel ini ??

tidak saya belum gagal baru merintis .saya baru memulai pertengahan tahun 2020 ini,hasilnya masih Minus :D.

kembali ke topik utama jika anda ingin memulai bisnis ternak burung kicau mikir dulu karena ternak burung tidak semudah di youtube dan sekaya di tulis di blog,semua butuh proses.

ada yang sukses ternak 1 pasang kenari karena iseng ,ada juga yang sukses ternak murai cuma 1 pasang ,itu pun karena iseng ada jantan dewasa jadi di tangkar dan berhasil.mereka cendrung tidak mengerti asal ternak aja,melihat hasil jadi mereka bilang mudah,Namum :D mereka belum ketemu kendala,ketika kendala muncul biasanya mereka pusing dan stress sendiri.

ada perternak yang susah sekali memulai bisnis ternak ini,banyak sekali kendala,mulai dari burung tidak akur,kabur/lepas ,telur zonk alias tidak ada hasil sama sekali ,kena maling,mati dan tidak kunjung berkembang.

diatas cuma 2 contoh dari berbagai kasus ternak.

ternak burung kicau itu kendala pertama modal dan tepat ,setelah ada belum tentu mulus,burung belum tentu jodoh,sudah jodoh belum tentu bertelur ,sudah bertelur belum tentu menetas,setelah menetas belum tentu hidup anakan burung tersebut.

banyak yang berhasil dari kegagalan ternak burung bukan karena modal mereka kuat tetapi semangat dan niat mereka dari hobi kuat.

akan berbeda hal nya jika anda berpikir memulai bisnis ternak burung kicau ,jika anda memulai ternak karena bisnis alias hanya berpikir keuntungan maka potensi kegagalan dan rugi sangat tinggi.

hampir 80% perternak burung kicau dan hias di indonesia di mulai dari hobi,apabila anda hanya berpikir bisnis tanpa hobi memulai ternak,maka ketika terjadi kendala dalam perternakan anda mudah bosan dan berakhir tutup (rugi).

ada banyak hal perlu di pelajari ketika memulai ternak burung,tidak bisa asal nyemplung,terkecuali tekad anda sudah bulat untuk ternak,maka kendala dan cobaan apapun dalam perternakan burung anda kedepan tidak akan menghilangkan semangat.

Karena ternak burung sama seperti ternak hewan lainnya memiliki resiko minus kematian dll,ketika anda ingin mulai ternak janganlah pusing berpikir untuk untung dan di jual kemana burung yang ternak tersebut,karena menurut saya pribadi untuk jualan itu gampang,tinggal anda ada barang atau tidak.

Artikel ingin memulai bisnis ternak burung kicau mikir dulu saya tulis untuk pembaca yang berpikir mulai bisnis ternak murai karena memiliki modal lebih,lebih baik anda berpikir dahulu apabila anda memang bukan hobi kesana lebih baik kerja sama dengan orang yang hobi dan ahli di bidang tersebut,karena bisnis apapun jika anda tidak ahli dan hobi,maka ujung-ujung biasa berantakan,sebab tidak hobi maka niat untuk belajar pun tidak ada alias ikut arus,sekian semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda