test

Jangan mudah meminjam uang kepada orang sekitar

Jangan mudah meminjam uang kepada orang sekitar – meski niat kita baik memberi pinjaman uang kepada teman-teman maupun saudara ,tujuan utama kita membantu mereka yang lagi hidup susah.

niat kita yang baik belum tentu hal tersebut akan di pikir oleh mereka yang meminjam uang kepada anda,saya pribadi sudah banyak kehilangan teman dan mengetahui karakter semua kerabat maupun pun teman dari memberi mereka pinjaman uang.

disini saya bukan ingin membongkar aib teman-teman maupun kerabat ,karena jika ingin umbar aib dan kelakukan mereka di sosial media seperti mereka,tentu udah lama mereka malu tapi saya bukan orang seperti itu,saya tidak pernah membahas hutang di akun sosial media saya,karena saya paham ketika saya bahas uang banyak yang minder dan banyak merasa malu.

artikel ini saya tuis untuk anda yang saat ini memiliki uang sedikit lebih,apabila anda ingin berbuat kebaikan ,saran saya sedekah langsung ke panti asuhan atau dari online seperti situs kitabisa disana banyak saudara kita yang jauh lebih membutuhkan.

hal diatas saya saran kan karena saya tidak ingin anda merasa kecewa ketika niat membantu teman maupun kerabat anda tersebut .

dulu saya berpikir membantu teman ketika mereka mengeluh untuk beli susu bayi mereka saja tidak ada ,meminjam uang atas nama untuk anak mereka,setelah saya berikan pinjaman,saya berpikir kedepan apabila saya lagi susah mungkin mereka juga bisa bantu ,ternyata setelah dapat pinjaman mereka bukan berterima kasih malah ingin minjam lagi ,utang lama juga tidak kunjung di bayar.

kasus kedua ketika saya kerja memiliki gaji yang terbilang tinggi,saya memiliki teman dekat dan mereka selalu meminjam uang dari saya,saya selalu berpikir membantu mereka,suatu saat ketika lagi susah mereka ada,ternyata faktanya ketika saya lagi susah membutuhkan uang ,jangankan membantu,bayar hutang sebelumnya saja tidak mau.

kasus terbaru saya memberi sepupu pinjam uang ,karena ayahnya lagi sakit,kebetulan saya dengan keluarganya ,saya memberi pinjaman tanpa jaminan dan waktu ,saya membantu karena saya tau posisi anaknya lagi susah kerja sama orang,orang tua sakit stroke tentu biaya tidak cukup,saya memberi uang tidak bisa,jadi memberi mereka pinjaman saya.

total pinjaman bisa lah untuk beli motor vario terbaru ,disaat itu uang yang saya berikan pinjaman ke mereka adalah uang simpanan saya sebelumnya,tujuan saya memberi mereka pinjam bukanlah sok kaya tapi membantu ,namum setelah waktu 1 tahun lebih tidak kunjung di cicil saya tetap santai saja,ketika muncul no telepon baru di chat whatsapp dan telepon pacar sepupu tersebut .saya mulai sadar.

ketika pacar sepupu tersebut berani ingin meminjamkan uang ke saya di angka 1 vario untuk bayar hutang dll,saya baru sadar jika saudara sepupu yang selama ini saya bantu tidak pernah mikiran saya ,saya selama ini tidak pernah sepatahpun membahas hutangnya kemana pun.namum dia bisa membahas dengan pacarnya dan pacarnya yang tidak saya kenal tersebut dengan pede ingin pinjam uang segitu.

disini saya sadar mereka sudah berpikir saya banyak uang,lalu merasa jika mereka perlu uang ,maka saya adalah target mereka.saya sudah di anggap bank berjalan oleh mereka,bisa pinjam suka-suka,bayar kapan ada dan tanpa bunga.

ada juga kasus teman baik bisa di bilang sahabat ,ketika pinjam uang untuk beli hp adik,sampai sekarang bertahun-tahun tidak bayar ,padahal biaya acara nikah saja bisa ,ketika ketemu tetap cerita berbagai hal saya pura-pura lupa saja.karena teman-teman juga pada pura-pura lupa.

jujur saja uang saya total sampai detik ini mungkin ada ratusan juta di tangan orang lain,kerena niat membantu orang sekitar dan berpikir ketika susah mungkin mereka akan membantu,ada di satu titik ketika saya susah mereka menghindar,jangankan membantu bayar hutang aja tidak mau.

terkadang saya lucu melihat mereka buat status menyindir saya ,seperti mereka membenci sekali kepada saya,padahal saya tidak pernah tagih dan bongkar berbagai rahasia negatif mereka.

ketika semua uang yang saya berikan pinjam tidak kembali,saya kadang bersyukur juga setidaknya dengan uang sejumlah begitu saya bisa mengetahui watak orang-orang di sekitar.

apa yang saya lakukan ketika mengetahi watak masing-masing ,mereka yang memiliki hutang dengan saya hidupnya nyaman karena tidak pernah saya tagih sama sekali,karena bukan sok kaya tapi jika mereka membayar hutang hari ini ,esok jika ada kesulitan keuangan akan saya bantu ,jika mereka tidak membayar hutang tersebut kedepan jika ketemu akan tetap saya sapa dan berteman serta ngobrol seperti biasa ,namum masalah uang tidak akan saya bantu lagi.cukup dulu-dulu aja.

saya belajar 1 hal dalam hidup ini,jika uang anda sudah pinjam kepada orang lain,maka uang terserbut lebih baik anda ikhlas kan saja,jika bayar oke,tidak bayar juga tidak masalah,jangan berantam dan umbar aib mereka,karena kita bisa saja rugi 10jt hari ini karena mereka yang tidak mau bayar,namum rejeki diatas yang tentukan bisa memberimu 10x lipat yang hilang tersebut,yang penting ikhlas saja.

apabila suatu saat anda memiliki rejeki berlebih ,berlebih itu bukan dalam arti kaya,tapi bisa untuk makan dan membeli keperluan harian,jika ada lebih sedikit ingin berbagi dan saling membantu,saran saya lebih baik anda sedekah saja ke panti asuhan atau dari online seperti situs kita bisa dll.lebih baik membantu mereka yang anda tidak kenal karena jika mereka lupa anda tidak akan menyesal.

berbanding terbalik jika anda membantu teman atau kerabat terdekat,mereka setelah dapat uang ,mereka akan meminjam terus ,jika anda tidak memberi mereka pinjaman,mereka cendrung berpikir anda pelit,padahal mereka mengetahui uang kita banyak ,orang-orang seperti ini selalu menghitung kekayaan teman dan saudara .

ketika anda sudah tidak membantu mereka bukan malu hutang lama belum di bayar,mereka malah pamer dan menjelekan anda di media sosial,seperti ingin dunia tahu anda itu kejam,pelit dan merasa dipandang oleh anda,bahkan mereka sering merasa jadi korban.

begitu lah manusia,jika anda ingin mengetahui watak seseorang cobalah berurusan uang dengan mereka,tapi anda jangan menyesal kehilangan sahabat teman maupun kerabat karena urusan uang.

oleh karena itu saya yang menyaran Jangan mudah meminjam uang kepada orang sekitar,karena itu untuk kebaikan hubungan anda kelak dan tidak ada muncul rasa kecewa dan dendam, perbandingan 1000;1 mereka yang tangung jawab dengan hutang.

ow iya cara paling sederhana untuk tidak memberi pinjaman ke teman maupun kerabat dengan tidak memberi pinjaman total yang ingin di pinjam.contoh kasus ada teman datang bilang lagi susah butuh uang 1 juta ,pinjam 1-2 hari baru bayar,cara halus menolak pinjaman uang yang sudah saya terapkan.

tinggal bilang jika 1 juta rupiah sekarang belum ada karena uang anda ada untuk kebutuhan lain juga ,lalu kasih mereka pinjam seikhlas anda misalnya anda tidak keberatan memberi dia uang 200ribu,anda tinggal bilang ada uang 200ribu sekarang,gimana yang ada cuma segini.biasa mereka yang benar-benar butuh pasti ambil uang tersebut.

ketika mereka benar-benar mengambil uang 200ribu itu,maka dalam hati anda ikhlas saja ,kedepan jika di bayar anda terima jika tidak di bayar alias tidak sesuai janji ,lupakan saja,anggap anda memberi kan uang tersebut ke mereka,namum perlu di catat orang begitu jangan di bantu kedua kali dan seterusnya,biasa orang jiwa ngutang itu sudah bawaan pabrik,setiap tidak ada uang bakal pinjam lagi pada orang sama,padahal hutang lama saja tidak di bayar.

2 KOMENTAR

  1. Rahasia

    Wah orang baik, kalau saya sempat mau pinjam utang tujuan untuk usaha kecil-kecilan saja tidak ada yang kasih.

    Padahal saya termasuk jujur, bukan yang aneh-aneh pinjam pakai tipu-tipu atau dsb.

    • Admin

      karena gara-gara uang bnyk org dkt jdi musuh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda