Beranda Bisnis kenapa beli hp online lebih murah di banding toko offline

kenapa beli hp online lebih murah di banding toko offline

kenapa beli hp online lebih murah di banding toko offline terbaru
kenapa beli hp online lebih murah di banding toko offline terbaru

Kenapa beli hp online lebih murah di banding toko offline – mungkin sebagian orang sudah membandingkan harga hp di toko online vs toko oflline,kebanyakan harga smartphone pada toko online di bandrol dengan harga lebih murah di banding toko offline.

lalu muncul pertanyaan kenapa harga hp di toko online bisa lebih murah di banding toko offline,apakah hp yang di jual toko online asli dan sama dengan toko offline?? ,pertanyaan ini mungkin muncul disaat anda berniat ingin membeli hp baru.

oleh karena itu izinkan saya menjelaskan mengapa harga hp di toko online jauh lebih murah di banding toko offline di daerah tempat tinggal anda,perlu anda catat ini adalah pendapat menurut saya pribadi.

penyebab utama harga hp di toko online lebih murah di banding offline adalah faktor lokasi penjual.

jika kita belanja online itu berarti kita bisa belalnja di seluruh toko online indonesia maupun luar negeri,ambil contoh anda membeli hp baru di toko online jakarta ,tentu saja lebih murah jika di banding dengan toko retail setempat atau toko offline yang berada di daerah terpencil atau kota kecil.

hal ini terjadi karena jakarta pusat ibukota,sehingga banyak pemain besar dan distibutor berada disana,harga disana sangat bersaing dan terbilang murah karena mereka kejar target penjualan.

dari sisi ongkir saja toko online yang berada di jakarta sudah menang jauh di banding di lokasi toko offline di daerah anda yang terletak di kota kecil.di tambah toko offline di sekitar anda mengambil dari sub distibutor dari kota terdekat.

contoh sederhana : toko offline berada di kab bengkalis ,rata-rata ambil dari pekanbaru riau ,dari sini ongkir toko offline di bengkalis tentu saja kalah jauh di banding jakarta.

misalnya di jakarta hp samsung harga grosir 1 juta ,di beli oleh sub distributor di pekanbaru ,kena ongkir serta tentu saja di sub distributor menaikan sedikit harga untuk keuntungan,tak mungkin sub agen hp tidak ada untung,di jual ke toko offline yang berada di bengkalis.

maka total harga samsung itu sudah berubah total jakarta 1 juta rupiah,sampai di pekanbaru riau ongkir perunit anggap 10ribu rupiah ,jika distributor kirim lewat kargo murah jkt ke pekanbaru,lalu di jual grosir ke toko 1.050.000 dengan kata lain grosir ini ambil untung 40 rb perunit ,sampai di bengkalis total ongkir perunit 5rb ,jadi total harga modal di toko offline saja 1.055.000.

contoh diatas merupakan perbedaan harga paling rendah,lalu si toko offline kembali menjual retail dengan margin atau keuntungan perunit tertentu misalnya harga retail 1,2 juta.

faktor margin atau keuntungan toko online lebih kecil di banding toko offline

toko online jika di lihat secara umum memang mudah,dan hemat biaya ,tidak perlu biaya karyawan ,urus izin toko ,biaya sewa toko ,dll.berbeda dengan toko offline memerlukan modal usaha lebih besar karena perlu izin ,tempat usaha ,gaji karyawan,modal untuk stok barang dll.

perbedaan dari toko online bukan dari sisi modal izin dan tempat,tapi dari sisi modal stok barang pun toko offline harus besar,anda boleh percaya atau tidak toko offline untuk jual 1 unit hp harus keluarkan modal terlebih dahulu untuk ready stok barang tersebut,perlu waktu untuk proses penjualan 1 unit hp tersebut,terkadang toko offline harus rugi besar karena harga hp sudah turun namum stok barang masih banyak.

jadi tidak heran jika setiap penjual unit hp di toko offline harus memiliki margin lebih tinggi ,karena 3 faktor tempat usaha ,ready stok dan gaji karyawan.saat ini banyak toko offline mau tidak mau harus ikut harga online dengan keuntungan sangat tipis,hal ini mereka lakukan karena terpaksa mengikuti pasar.

berbeda dengan toko online,anda bisa percaya atau tidak,toko online yang anda lihat banyak ready stok di entalase online,terkadang itu hanya gaya penjual,banyak penjual online shop dari reseller,alias mereka tidak pernah stok barang,setiap ada order mereka baru.

disatu sisi toko online itu unggul tidak perlu sales atau spg untuk menjual barang mereka,hanya bermodal situs dan market place serta sosial media.hal ini tentu menghemat biaya usaha mereka.

salah satu kekurangan toko online adalah daya saing harga toko online sangat hancur ,bisa di bilang perang harga di toko online dari tahun 2013 sampai di tahun 2019 terus terjadi,disatu sisi banyak distibutor dan toko retail offline besar indonesia yang turut membuka toko online.

harga toko online sangat mudah di bandingkan,karena banyak situs penyedia banding harga hp toko online,hal ini lah membuat para penjual hp toko online menurunkan harga agar bisa bersaing dengan toko online lainnya.

karena hemat tanpa izin,tempat usaha dan karyawan sales .di tambah harga di online sangat mudah di banding,membuat harga toko online cendrung di jual lebih murah,penjual toko online hanya pikir untung bersih tanpa harus potongan sewa tempat ,izin ,gaji karyawan dll,hal ini berbanding terbalik dengan toko offline,inilah yang membuat harga jual hp di toko online jauh lebih murah di banding toko offline.

toko offline merasa Monopoli dan tidak mau move on

dulu ketika saya pertama kali fokus internet ,banyak teman saya yang memiliki toko hp offline,mengatakkan saya kerja tidak jelas dan bodoh kenapa kerja online /internet tidak jelas .

hal ini terjadi karena margin penjual setiap unit hp dulu sangat tinggi,saingan hanya toko-toko sekitar kota ,membuat banyak bos besar dan memiliki toko retail besar monopoli harga grosir maupun retail,karena paket pengambilan mereka besar jadi harga modal pun terbilang lebih rendah,keuntungan tinggi dan mereka cendrung menetapkan harga sesuka hati,karena saingan hanya dari sekitaran daerah tersebut saja.

hal ini lah membuat hp toko offline di sebagian daerah sangat jauh lebih mahal di banding toko online.

toko offline yang tidak mau move on dan tidak terima perubahan pasar.banyak toko offline tetap menentukan harga tinggi dengan margin besar ,karena merasa banyak tidak semua orang kenal internet dan tidak semua orang belanja di internet.

mereka menolak mengikuti perubahan pasar retail yang terjadi.sadar atau tidak semakin kedepan semakin banyak orang awam mulai belajar belanja barang seperti hp secara online,jika toko retail offline tidak mau menurun kan sedikit harga ,sehingga beda tipis dengan harga online,saya rasa akan banyak toko offline kedepan akan tutup.

buat anda yang saat ini pemilik toko offline,saran saya turunkan harga retail hp anda,memang hal ini tidak mudah banyak teman saya mengeluh harga online bahkan lebih murah di banding harga hp grosir di daerah mereka,tidak perlu ikut harga online langsung.cukup buat perbedaan tipis,milsalnya beda 50ribu sampai 100ribu di banding online.jika harga online jauh lebih murah di banding harga grosir offline,kenapa anda tidak membeli online secara online lalu di jual retail secara offline.

Mungkin itu saja artikel tentang kenapa beli hp online lebih murah di banding toko offline .semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda