melaporkan situs ke menkominfo via aduankonten.id ditolak??

melaporkan situs ke menkominfo via aduankonten.id ditolak?? . beberapa waktu lalu saya ada baca berita di situs detik ,bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru saja memperbarui fitur layanan aduan konten.

fitur baru layanann ini katanya lebih mempermudah kita melakukan pelaporan situs penipuan dan berbagai situs negatif di internet.

fitur baru layanan pelaporan di situs aduankonten.id ,jika di lihat di beberapa berita ,sepertinya semua laporan akan di aprove atau di terima secara manual dan akan tinjau.

maklum sebelumnya saya pun tidak pernah melaporkan situs di kominfo,setelah membaca beberapa berita ,akhirnya saya putuskan untuk mencoba melakukan pelaporan situs penipuan..

saya membuat 3 aduan konten ,
tentu saja saya tidak asal lapor situs,semua saya situs atau blog aduan saya tersebut sebelumnya saya cek terlebih dahulu.

saya membagikan 3 aduan konten sekali untuk melihat respon dari situs aduan konten terbaru tersebut.

dari 3 laporan tersebut,salah satu laporan saya buat sedikit asal pada pemilihan ketegori.

setelah beberapa hari berlalu,saya kembali membuka situs aduankonten.id untuk melihat hasil aduan saya tersebut.

hasilnya 2 aduan di terima dan 1 aduan gagal ,tertulis disana “Tahap Verifikasi: Tidak Dapat Diproses”

dan sampai hari ini 1 aduan konten saya tidak dapat di proses ,semua status url atau status tautan DITOLAK.

isi pesan

melaporkan situs ke aduankonten id ditolak
melaporkan situs ke aduankonten id ditolak

Terima kasih atas laporan Bapak/Ibu. Mohon maaf laporan anda belum dapat kami tindak lanjuti karena belum memenuhi syarat untuk diproses lebih lanjut atau belum memenuhi kriteria sebagai konten negatif sesuai dengan peraturan Perundang-undangan.

FAKTA aduan yang di tolak

semua url situs memang mengandung unsur penipuan.
semua url berbeda tapi isi mirip-mirip untuk nipu pengguna.
sudah terlihat jelas situs tersebut bukan asli alias atasnama provider tertentu di indonesia.

yang membedakan satu aduan saya ditolak dengan 2 aduan yang lainnya hanya pada kategori .pada 2 laporan pertama saya melaporakan url berserta sesuai kategori penipuan,sedangkan laporan yang di tolak itu kategori asal pilih.

disini mulai saya berpikir berarti tidak ada artinya saya melapor situs penipuan atau konten negatif.karena di situs aduankonten.id yang di sediakan kominfo berkerja terlalu formal.

misalnya kita lapor url situs judi,tapi kita memilih kategori penipuan di laporan aduankonten.id,maka aduan konten negatif tersebut akan di tolak.

disini saya hanya berpendapat jika situs aduankonten.id terima aduan secara auto mungkin.sehingga ketika laporan yang masuk walaupun situs tersebut benar mengandung hal negatif,tetapi tidak akan di proses jika kategori laporan tidak sesuai atau salah.

PERLU KITA INGAT tidak semua orang bisa melaporkan situs penipuan,bahkan ada sebagian pengguna internet indonesia masih dasaran,jangankan mau melaporakan situs ,mau buat akun email dan register facebook saja terkadang mereka sulit.apalagi kirim email ke kominfo dan membuat akun dan melapor konten di situs aduankonten.id.

saya hanya ingin kritik saya cara kerja situs aduankonten.id ,jika hal tersebut sama terjadi pada semua pelapor situs di tolak karena salah kategori seperti saya diatas,tentu mereka akan malas melaporkan situs lain kembali.

alasan nya cukup sederhana laporan mereka di tolak karena salah kategori padahal laporan situs tersebut benar-benar berisi konten negatif.

dan disisi lain pelapor juga merasa setiap laporan mereka tidak di cek secara manual oleh pengelolah aduankonten.id,karena jika manual tentu saja mereka bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

ada ratusan situs bahkan ribuan situs negatif terus di bangun di internet ,untuk menjaring pengguna internet di indonesia.baik itu untuk tindak penipuan maupun hal negatif lain.

ketika ada masyarakat mau melakukan pelaporan ke situs kominfo,berarti mereka sudah mulai peduli tentang dampak internet positif dan negatif.tapi akhirnya mereka akan malas melakukan pelaporan karena setiap laporan mereka tidak di respon baik oleh.mereka cuma ingin laporan mereka di cek dan block jika benar mengandung konten negatif.tapi karena kesalahan kecil seperti salah memilih kategori ,membuat laporan mereka di tolak.

Alasan dari aduan konten di tolak karena belum memenuhi syarat untuk diproses lebih lanjut atau belum memenuhi kriteria sebagai konten negatif .padahal situs yang saya laporkan jika di buka terlihat jelas modus penipuan dan sedang gencar melakukan tindak penipuan :D .tapi ya sudahlah,lupakan saja.

saya pribadi dari dulu memang tidak pernah melaporkan situs negatif,karena alasan yang sama yaitu apakah laporan saya di baca di cek oleh pengelolah atau tidak,kemaren saya baru ingin mulai melakukan laporan dan ternyata cara kerja situs aduan konten negatif tersebut tidak sebaik yang saya bayangkan.melaporkan situs ke menkominfo via aduankonten id ditolak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda