pengalaman Gunakan sicepat vs jne BA (Bad Address)

Kali ini saya hanya ingin berbagi pengalaman gunakan jasa pengiriman dari sicepat vs jne,sejujurnya artikel ini bukan saya tulis untuk menguntungkan pihak manapun.

jasa pengiriman di indonesia saat ini sangat banyak ,apalagi saat ini banyak sekali orang melakukan belanja online . salah satu jasa pengiriman/ekspedisi terbaik dan paling populer di indonesia adalah jne xpress.

jne merupakan salah satu kurir pengiriman yang sudah lama didirikan yakni di di tahun 1990,kepanjangan dari JNE adalah Jalur Nugraha Ekakurir ,saya rasa hampir semua yang pernah membeli barang via online pernah menggunakan kurir pengiriman satu ini,hal ini di karenakan jasa pengiriman ini menerima proses pengiriman ke seluruh pelosok.

Jauh berbeda dengan ekspedisi sicepat yang baru didirikan pada tahun 2004 ,selain itu layanan sicepat juga tidak terlalu banyak melakukan promosi dan tidak terlalu banyak memiliki agen resmi sicepat di indonesia.

saya rasa untuk jne sendiri kita masing sudah pernah menggunakan jasa mereka,saya pribadi pernah memiliki beberapa masalah pengiriman dengan jne yakni masalah bad address .ketika memiliki masalah tersebut saya mencoba melakukan kontak langsung ke call center jne,

seperti biasa jawab dari call center sangat formal.ketika saya ingin merubah alamat pengiriman langsung via call center memberi ketentuan yang bertele-tele.kebanyakan call center jne itu abaikan permintaan dari pelanggan,mereka cendrung memilih memberi jawab formal.

Setelah 4 bulan berlalu dan barang tidak kunjung di antar juga,akhir nya saya memilih jemput ke kantor jne di kota pekanbaru.kecewa pasti melihat layanan mereka yang cendrung tidak utamakan kepuasan pelanggan,sudah 3 bulan,tapi tetap di biarkan pelanggan cari tahu sendiri keberadaan dan menjemput barang tersebut.

kecewa pasti ,hal ini terjadi karena alamat yang saya tulis mungkin kurang jelas atau kurir jne yang bodoh sehingga tidak bisa mencari alamat tersebut,hal yang paling saya kesalkan kurir jne adalah ketika tidak menemukan alamat yang mau di antar,mereka cuek saja,tidak melakukan sms atau telepon ke nomor hp yang sudah tertera di paket.

beruntung saja dari ribuan kali saya melakukan pengiriman menggunkan jasa jne barang berupa ponsel selama ini,di beberapa kota di indonesia,hanya terjadi 1-10 masalah saja,yang lain sampai di tempat tujuan dengan baik dan cepat.

bagaimana dengan pengiriman sicepat ???,yup jujur saya baru pertama kali menggunakan kurir pengiriman barang dari sicepat,alamat saya berikan lengkap dan di pusat kota,awal track resi pengiriman , sicepat memang melakukan proses pengiriman dengan waktu yang cepat.

setelah saya cek barang sudah sampai di kota tujuan ,saya hanya menunggu barang sampai di dalam waktu dekat.tidak sesuai prediksi,ternyata sudah 2 hari barang tidak  di antar,lalu langkah selanjutnya saya melakukan kembali track resi si cepat.

sejujurnya saya kaget melihat laporan track resi ,yang bertuliskan alamat tidak di temu kan atau bad address.bagimana mana saya tidak kecewa alamat saya beri sangat lengkap dan di pusat kota,biasanya pengiriman jne selalu sampai ke alamat yang saya kirimkan tersebut.

Status Pengiriman sicepat
Status Pengiriman sicepat

Yang membuat saya kecewa itu,barang sudah bad anddres atau alamat tidak di temukan,namum kurir sicepat tidak melakukan komunikasi langsung atau sms langsung ke nomor telepon yang tersedia di paket pengiriman,Dan yang membuat saya tidak habis pikir lagi,pengiriman yang dari jakarta ke pekanbaru tersebut,di kembalikan lagi kirim ke jakarta.

setelah melihat hal seperti ini,saya mencoba cari tahu tentang kontak dan call center sicepat,hmmm saya lihat tertulis open 24 jam call center nya,tapi saya hubungin tidak bisa,lalu dengan kecewa saya mencoba hubungin via email cs@sicepat.com

seperti biasa saya melengkapi nomor resi pengiriman dan mempertanyakan kenapa barang bisa tidak sampai.di jawab formal ,ketika saya lihat balasan nya hampir mirip dengan jne saja.berikut isi email balasan mereka

respon email Customer Service sicepat
respon email Customer Service sicepat

dikarenakan jawab nya formal,saya langsung balas email tersebut,salah satu isi email balasan dari saya

{ pengirimanan alasan alamat tidak jelas,padahal alamat +++++++ sudah saya berikan dengan jelas,serta di lengkapi nomor telepon,kesalahan pada kurir yang tidak melakukan komunikasi ke saya,langsung tulis bad address,jadi saya minta anda segera mengirimkan kembali paket kiriman saya ke alamat ………. dengan nomor telepon ……. .jika tidak ketemu juga hubungin dulu,jangan asal bad address)

tidak sampai 1 jam ,email balasan dari mereka masuk,mereka menjanjikan akan kembali mengiriman paket tersebut sesuai alamat yang saya tulis tadi.

saya berpikir ini akan menjadi proses lama,harus nunggu 1-2 hari lagi barang baru bisa sampai ke alamat tujuan,ternyata  tidak seperti itu,di pada sore sekitar jam 5 atau jam 6 ,barang nya langsung di antar sesuai dengan alamat tersebut.

kesimpulan = jne vs sicepat mana lebih baik,jujur kedua nya sama-sama bagus,hanya saja kelakuan kurir mereka di lapangan itu sama.yakni tidak melakukan komunikasi terlebih dahulu ke nomor tujuan paket tersebut,

untuk respon dan keluhan pelanggan saya merasa sicepat lebih cepat di banding jne.

oke mungkin itu saja catatan pengalaman gunakan sicepat vs jne ,semoga bermanfaat.

4 KOMENTAR

  1. Saya jga pakai sicepat yg tidak cepat.. telp cust service 4x karena status badaddress empat2nya minta alamat dan akan diteruskan dalam 1x 24 jam. Besoknya telp lg minta alamat lg nunggu lg 24 jam. Dateng kecabangnya minta alamat lg dan bilang akan dihubungi. Saya jga pernah mengalami BA di jne tapi di kirim ulang dan status di ressi langsung diubah setelah komplain. ini mah kita udah telp udh email tetep aja status ressi Bad address, dan paket juga entah ada dimana. Kapok dah bru pertama kali udh gini

  2. Iya sma mas.. saya juga pake sicepat lelet ini padahal penjual nya d dki juga tp udh 3 hari barang ga nyampe2.

  3. Awalnya saya penasaran ingin menggunakan jasa SILAMBAT ini, pertama kali sdh kecewa, sesama wilayah DKI butuh waktu 3hari barang baru smp.
    Yg kedua saya menggunakan jasa SILAMBAT ini bukan karena “niat”, tp karena salah klik saat transaksi belanja online. Da ternyata lebih kecewa lagi, 4 hari brg baru smp ke tangan. Padahal si seller msh wilayah DKI.
    Ingin rasanya melampiaskan kemarahan pd kurir, tp ga tega karena sdh jelas bkn mereka yg salah tapi MANAJEMENNYA YG TERAMAT BURUK DAN BLM SIAP DLM MELAYANI. Saran saya mending perusahaan ini tutup saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda