pengertian dan fungsi dari auto sync di android

kali ini saya ingin menjelaskan pengertian dan fungsi dari auto sync di android,karena seperti pada artikel sebelumnya saya selalu rekomendasikan fitur auto sync di hp android,karena menurut saya tidak semua pengguna android membutuhkan fitur ini,termasuk saya pribadi selalu menjadi prioritas utama ketika menggunakan hp android baru pasti fitur sync ini akan di nonaktifkan.

apa itu auto sync atau fitur Sinkronisasi di android ;
auto syns adalah sebuah fitur otomatis melakukan Sinkronisasi data dari akun google (gmail yang terpasang pada smartphone anda) maupun sinkronisasi aplikasi cloud dan media sosial seperti facebook ,instagram ,twitter dll.

fungsi utama dari auto sync memperbaharui data kita di google maupun media sosial,sehingga kita tidak perlu buka aplikasi kasih terkait,apabila ada update,akan muncul notifikasi langsung.

contoh cara kerja auto sync – misalnya anda menggunakan facebook di hp android,apabila ada komentar terbaru atau update terbaru terkait anda,akan muncul notifikasi di hp android.

contoh kedua: email terbaru,;ketika ada sebuah pesan email masuk,maka secara otomatis akan di muncul notifikasi.

kelebihan dari auto sync ini mempermudahkan kita mengetahui update terbaru,seperti email,sosial media tanpa perlu membuka aplikasi dan melakukan cek manual terlebih dahulu.

auto sync berlaku untuk akun google dan aplikasi yang membutuhkan akses server di internet seperti facebook,akun cloud ,dll.

auto sync setiap jangka waktu tertentu akan mengecek update terbaru dari masing-masing server.

kekurangan dari auto sync di android adalah membuat boros baterai hp android serta menggunakan kuota internet,terlebih jika anda auto sync ke akun cloud ,untuk sync data galeri yang berkapasitas besar,maka membutuhkan kuota internet yang besar juga.

ketika auto sync telah di aktifkan jangan heran apabila hp android anda meski tidak di pakai alias di tinggal di atas meja saja,kuota dan baterai hp tersebut terus berkurang,karena fitur auto sync ,karena fitur otomatis melakukan sinkronisai setiap waktu.semakin banyak akun google,cloud dan aplikasi media sosial yang membutuhkan akses auto syns,maka semakin boros baterai dan kuota internet,karena proses auto sync terus menerus melakukan cek server.

apakah fitur auto sync wajib di aktifkan di hp android ??.

menurut saya tidak wajib auto sync selalu aktif,kecuali anda menggunakan smartphone untuk bisnis seperti jualan online,jualan online selalu cek email ,fitur auto sync bisa membantu anda,karena ketika ada email terbaru,akan ada notifikasi terbaru di ponsel.

auto sync juga di berguna untuk anda ganti hp android tapi tetap menggunakan email yang sama,fungsi auto sync di hp android baru untuk mengambil data pada hp android sebelumnya seperti kontak ,dll

sedangkan untuk pengguna hp android baru dengan email baru,fitur auto sync tidak penting ,karena tidak ada data yang perlu di sync.

secara pribadi saya rekomendasikan auto sync selalu di nonaktifkan di hp android,karena kegunaan fitur ini hanya untuk sinkronisasi data pengguna dengan akun google serta memperbaharui data terbaru terbaru di media sosial.

ingat AUTO sysc tidak perlu aktif kita tetap sinkronisasi tetap kita lakukan secara manual,seperti cek email ,dengan membuka aplikasi gmail lalu tekan tahan lalu scoll ke bawah,khusus untuk media sosial facebook pun tanpa aktifkan auto sync pun kita bisa mendapatkan pemberitahuan terbaru.hanya saja tidak selengkap auto sycs aktif.

artikel terkait :

mungkin itu saja penjelasan cara kerja serta pengertian dan fungsi dari auto sync di android.menurut saya pribadi fitur ini boros baterai dan kuota internet,sementara fungsinya tidak terlalu di butuhkan oleh banyak pengguna hp android.percaya atau tidak,anda bisa buktikan sendiri nonaktifkan fitur ini 1 hari lihat perbedaan daya tahan baterai hp android pasti berbeda dari sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda