test

perbedaan beli rumah cash, cash bertahap dan kpr

perbedaan beli rumah cash cash bertahap dan kpr – banyak orang yang masih belum mengerti tentang pembedaan pembelian rumah secara cash ( cash keras /tunai) ,cash bertahap ( cicilan jumlah besar secara bertahap) dan beli rumah secara KPR (kredit pemilikan rumah).

oleh karena itu kali ini saya ingin menjelaskan detail perbedaan beli rumah cash ,cash bertahap dan kpr .

Berikut :

  • Beli rumah cash ( cash keras atau beli rumah secara tunai)

sesuai dengan namanya ketika kita membeli sebuah rumah secara cash ,maka transaksi pembayaran di lakukan langsung ke penjual tanpa perantara dari pihak bank.

proses pembelian pembelian rumah secara cash keras atau secara tunai hanya di lakukan oleh orang yang tidak ingin pusing cicilan perbulan dan bunga.proses pembelian rumah secara cash sangatlah mudah dan cepat,anda tinggal bertemu dengan penjual ,jika sudah deal tinggal melakukan transaksi ke PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) yang biasa di kenal juga dengan nama notaris.

syarat beli rumah cash atau secara tunai pun tidak berat.buat anda yang belum ada npwp pun tak wajib membuat npwp terlebih dahulu,transaksi pembelian tetap bisa di lakukan selama salah satu pihak ( penjual atau pembeli memiliki npwp).

untuk syarat tambahan hanya KK dan ktp pembeli.proses pembelian rumah cash tanpa ribet,setelah selesai melakukan pembayaran yang sudah di deal ,pembayaran pajak pembeli dan penjual sesuai kesepakatan ,pihak ppat akan membuat akta jual beli dan di tanda tangan pihak penjual dan pembeli.

apabila kedua pihak sudah tanda tangan,itu berarti kepemilikan rumah sudah di pindahkan dari penjual ke pembeli,setelah itu pihak ppat/notaris akan melakukan pengurusan balik nama pemilik rumah.

anda sebagai pembeli sudah bisa menempati rumah yang telah anda beli tersebut.

  • Beli rumah secara cash bertahap

Beli rumah secara cash bertahap terdengar mirip dengan pembelian rumah secara cash,namum tidak semudah yang kita bayangkan,karena perlu syarat-syarat tertentu,anda wajib mengikuti ketentuan penjual.

terlebih tidak semua pengembang properti perumahan menyediakan program cicilan bertahap ,rata-rata pengembang perumahan syariah menyedia cicilan bertahap alias cicilan tanpa bank.

beli rumah cash bertahap biasanya lama cicilan tidak lebih dari 5 tahun ( maksimal 5 tahun).

pembelian rumah cash bertahap juga memerlukan DP atau uang muka yang besar,bahkan ada yang 50% dari harga rumah,cicilan perbulan pun terbilang tinggi.disini terdapat perbedaan pendapat antara mereka pembeli rumah cash bertahap dengan pembeli rumah kpr.yaitu dari sisi HARGA VS BUNGA.jika anda beli rumah cash bertahap tidak di kenakan bunga,namum penjual sudah menaikan kan harga jual rumah tersebut .sedangkan KPR cendrung harga rumah normal X bunga X lama cicilan di bank.

syarat beli rumah cash bertahap lumayan banyak,lebih kurang seperti anda kpr,yang membedakan hanya pada persetujuan,jika kpr kita harus ajukan ke bank,lalu pihak bank melakukan survei kemampuan kita,lolos atau tidak tergantung dari pihak bank tersebut menilai,sedangkan jika anda cash bertahap,pihak penjual yang menilai dan memberi keputusan apakah anda bisa layak dan sanggup bayar cicilan rumah tersebut atau tidak.

  • Beli rumah secara Kpr

Beli rumah secara Kpr / beli rumah rumah secara kredit via bank adalah salah satu cara paling banyak di pilih orang indonesia,karena membeli rumah melalui cicilan dari bank bisa diatas 10 tahun dan cicilan perbulan pun terbilang ringan.

syarat kredit rumah atau ajukan kpr terbilang sulit apabila dan saat ini kerja tidak jelas seperti freeline atau kerja online,karena biasanya akan selalu di tolak,berbanding terbalik buat anda yang sudah berkerja di perusahaan dan memiliki penghasilan tetap ,maka pihak bank akan dengan mudah setujui ajuan kredit anda.

syarat pertama kredit rumah atau kpr di bank adalah anda wajib memiliki penghasilan bulanan tetap,serta melengkapi beberapa syarat lainnya seperti wajib ada npwp dll.

uang muka yang di siapkan tidak lah sebesar seperti beli rumah cash bertahap,anda hanya cukup menyediaka dana 15% dari harga rumah tersebut,tidak lupa siapkan uang lebih untuk pembayaran admin lain-lainnya.

kekurangan dari kpr hanya 1 bunga .harga rumah + bunga jika di total hampir 2x lipat dari harga rumah,serta cicilan di awal (5-10 tahun awal) jika anda perhatikan detail hanya untuk membayar bunga.

saran saya untuk anda yang baru mau ajukan kpr alias beli rumah secara kpr,perhitungkan kebutuhan anda 10 tahun kedepan.karena kita tidak tahu kedepan keuangan kita seperti apa,apakah kita masih berkerja di tempat sama,di tambah jika anda baru mau menikah,biaya keluarga , susu dll sampai anak sekolah 10 tahun kedepan akan muncul.

Kesimpulan perbedaan beli rumah cash ,cash bertahap dan kpr adalah pembelian rumah secara cash anda harus membayar semua total harga rumah + pajak+ ppat secara langsung.

beli rumah secara cash bertahap,anda harus siapkan munimal 30%-60% dari harga rumah anda beli,sisa di cicil selama maksimal 5 tahun,jangan lupa biaya admin dan anda perlu membuat surat perjanjian pengikatan jual beli (ppjb) ,keuntungan dari beli cash bertahap anda tidak di kenakan bunga tapi harga rumah cash bertahap biasa sedikit lebih mahal dari normal ( sudah di up oleh penjual atau pengembang) + cicilan perbulan besar karena di maksimal cash bertahap hanya 5 tahun.

beli rumah secara kpr ,syarat anda siapkan harus lengkap ,harus ada penghasilan tetap ,harga rumah beli secara kpr normal ,tapi anda di kenakan bunga,dp minimal kredit kpr 15%,jika anda tidak ingin terkena bunga terlalu besar,maka lebih baik naikan jumlah pembayaran dp anda jadi 50% atau lebih.karena bunga yang di kenakan adalah sisa harga rumah yang masih terhutang X bunga X lama cicilan.

keuntungan beli rumah secara kpr ,lama waktu cicilan diatas 10 tahun dan cicilan bulanan kecil.

Mungkin itu saja perbedaan beli rumah cash, cash bertahap dan kpr yang bisa saya jelaskan,semoga bermanfaat.ingat jangan beli rumah karena gengsi,tapi belilah rumah sesuai kemampuan,jika anda hari ini sudah merasa layak beli rumah silahkan saja,jangan paksakan kehendak kalau tidak mampu,karena ini akan menjadi beban anda kedepan.sekian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda