test

selamat tinggal aplikasi chat bbm (BlackBerry Messenger)

selamat tinggal aplikasi chat bbm (BlackBerry Messenger) – hari ini di akun resmi bbm di twitter mengeluarkan pernyataan tentang menghentikan dukungan dan layanan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019.

menghentikan dukungan berarti tidak akan ada update aplikasi bbm terbaru lagi di berbagai perangkat,di tambah layanan akan berhenti beroperasi di tanggal 31 mei tahun 2019,ini berarti aplikasi chat bbm setelah tanggal 31 mei 2019 sudah tidak bisa digunakan untuk chat dan komunikasi lainnya.

flashback masa jaya aplikasi bbm :Aplikasi bbm atau blackberry messenger memang saat ini sudah tidak terkenal seperti dulu,karena banyak aplikasi chat lain yang cukup populer sehingga persaingan sangat ketat.

tidak hanya karena faktor saingan aplikasi chat,tetap bisa di sebabkan beberapa hal menurut saya secara pribadi.aplikasi bbm sejak dulu sudah membunuh pasar smartphone mereka sendiri,ketika memilih mengembangkan aplikasi bbm untuk berbagai os smartphone seperti android dan ios.

dulu ketika android sudah populer ,orang-orang tetap menggunakan smartphone blackberry,karena bbm di kenal sebagai aplikasi chat bisnis,banyak orang menggunakan blackberry hanya sekedar untuk bbm saja,namum karena aplikasi bbm sudah tersedia di android dan ios,membuat banyak pengguna smartphone blackberry dahulu berpindah sepenuhnya ke smartphone android maupun ios.

ketika aplikasi bbm tersedia resmi untuk ios dan android ,aplikasi chat ini salah satu paling banyak di pasang oleh pengguna 2 os smartphone tersebut.

namum aplikasi bbm di ios dan android tidaklah sesempurna pada aplikasi bbm di blackberry,banyak kekurangan di awal,membuat banyak pengguna mengeluh hal ini.setelah melakukan berbagai update aplikasi bbm semakin kompetibel di berbagai perangkat.

setelah aplikasi mulai stabil dan masih banyak di gunakan,keluarkan fitur aneh-aneh yang membuat pengguna bosan,pertama pin cantik berbayar,jika dulu pengguna bisa mencari pin cantik dengan daftar email,terakhir bbm mengeluarkan fitur pin cantik berbayar.

fitur update bbm kedua yaitu iklan,di awal blackberry messenger hanya beberapa iklan di halaman feed atau update status teman,hal ini masih wajar dan aplikasi chat ini masih banyak di pakai.

terakhir update bbm secara terus menerus menambahkan fitur semakin membosankan,bbm sudah tidak di kembangkan untuk bisnis melainkan untuk mencari pundi uang dari pihak developer,ada berbagai iklan mulai dari halaman update /feed teman ,sampai notifikasi chat yang berisi berbagai iklan.

aplikasi bbm yang dulu populer terlalu angkuh utamakan pendapatkan daripada kenyamanan pengguna,mereka memenuhi aplikasi chat mereka dengan iklan.update apliakasi chat yang di awal hanya beberapa puluh mb saja menjadi ratusan mb.

update bbm terus menerus di android bukan memperbaiki fitur,melainkan menambahkan fitur untuk pundi uang developer,seperti iklan dari chat dll,saya pribadi sudah lama sekali berhenti menggunakan aplikasi bbm karena 2 alasan yaitu

  1. jumlah pengguna aplikasi bbm semakin berkurang setiap saat
  2. aplikasi chat bbm setiap update ukuran aplikasi menjadi besar dan terlalu banyak makan space dan ram ponsel karena fitur-fitur tidak penting itu.

terlebih saat ini aplikasi chat paling populer adalah whatsapp,karena lebih mudah hanya bermodal nomor telepon serta aplikasi whatsapp ringan,hemat kuota internet dan semua fitur chat bbm ada di wa,hanya satu yang tidak ada yakni fitur ping!!.

buat anda pengguna aplikasi blackberry messenger di android saat ini,saran saya segera pindahkan seluruh kontak pada bbm anda ke buku telepon sebelum tanggal 31 Mei 2019,jika teman sedikit bisa meminta nomor 1 persatu untuk di add di buku telepon,ketika anda sudah menyimpan seluruh kontak di buku telepon ,kedepan anda bisa dengan mudah menambahkan teman di kontak telepon tersebut ke aplikasi chat lain seperti LINE ,wechat ,whatsapp dll.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda