Tips 3 cara mengoptimalkan memori internal android

Kali ini saya ingin kembali membahas seputar mengoptimalkan memori internal android karena Selama ini, cukup banyak pengguna perangkat Android yang mengeluhkan betapa kecilnya memori internal yang dimiliki perangkat mereka.

Karena hal tersebut, maka cukup sering muncul peringatan low internal memory sehingga pengguna tidak bisa lagi menginstal aplikasi tambahan. Berikut ini adalah tips 3 cara optimalkan memori internal Android ,tentu dengan cara mengoptimalkan penyimpanan data internal android ini bisa membuat pengguna dapat menginstal aplikasi lebih banyak lagi dari sebelumnya dan kinerja perangkat android tidak lemot.

Cara Mengoptimalkan Memori Internal atau penyimpanan internal android
Pada dasarnya, memori internal hanya digunakan untuk menyimpan data-data serta aplikasi yang sudah terinstal. Untuk memaksimalkannya, terdapat 3 cara utama yakni :

Cara pertama untuk mengoptimalkan memori internal untuk mengoptimalkan memori internal perangkat Android ini adalah dengan memindahkan aplikasi yang terinstal pada memori internal ke SD card.

Kelebihannya adalah cara ini sangatlah mudah dan juga dapat dilakukan terhadap semua perangkat Android tanpa perlu akses lebih atau yang biasa disebut root. Di lain pihak, kelemahan cara ini adalah tidak semua aplikasi dapat dipindahkan sehingga hanya mampu berpengaruh sedikit pada kapasitas memori internal.

Untuk melakukan tips ini, ikuti langkah berikut: Masuk ke menu Settings >> Applications >> Manage Applications >> lalu pilih aplikasi yang akan dipindahkan ke SD card. Jika aplikasi tersebut dapat dipindahkan ke SD card, maka pilihan ‘Move to SD card’ akan berpindah ke ekternal memori. Namun jika tidak, itu berarti aplikasi tersebut hanya dapat berjalan melalui memori internal.

perlu kita ketahui jika sebagian versi android belum support untuk melakukan pindah aplikasi,dengan kata lain fitur move to sd card tidak berkerja,untuk alasan tersebut banyak orang melakukan root os android ,agar fitur tersebut bisa berkerja dengan sempurna dan semua aplikasi bisa di pindah

Jika pada cara pertama dapat dilakukan terhadap semua perangkat Android, tidak demikian halnya dengan cara kedua untuk mengoptimalkan memori internal kali ini. Untuk menggunakan cara ini, pengguna haruslah sudah melakukan root pada perangkat Android mereka untuk hasil yang lebih optimal dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan aplikasi yang terinstal dari memori internal ke SD card alias memori eksternal.

Beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan adalah termasuk App2SD, Move2SD, dan juga Link2SD dimana kesemua aplikasi tersebut membutuhkan akses root untuk dapat berjalan dengan baik.

Meski memiliki kelemahan berupa harus digunakan pada perangkat yang sudah divroot, namun kelebihan dari cara ini adalah pengguna dapat lebih bebas memindahkan aplikasi dan data yang terdapat pada memori internal mereka, tanpa ada batasan. Dengan kata lain, semua aplikasi yang terinstal dapat dipindahkan dengan sempurna ke SD card, sehingga mampu mengoptimalkan penggunaan memori internal dengan jauh lebih baik.

catatan : perangkat android harus di root terlebih dahulu,karena banyak aplikasi pihak ketiga ini tidak bisa berkerja jika perangkat android di dalam kondisi belum root

  • ketiga langkah terakhir untuk optimalkan memori adalah menginstall custom ROM pada perangkat android anda,wajib anda ketahui custom ROM berbeda dengan root os android,perbedaan terlihat dari segi aplikasi bawaan,jika root android banyak berfungsi untuk menghapus aplikasi bawaan android yang tidak terpakai

di custom ROM anda install os android oprek pihak ke 3,tidak jarang os custom tersebut sudah di optimalkan seperti sudah menghapus beberapa aplikasi tidak di perlukan serta menghilankan beberapa sistem yang tidak penting,bahkan custom rom cendrung berkapasitas lebih rendah di banding os android resmi dan tentu saja dengan menggunakan custom rom bisa menghemat memori internal dan ram di perangkat android anda.

Dari Tips 3 cara mengoptimalkan memori internal android , hasil yang paling terbukti adalah pada opsi atau pilihan ketiga ,yakni custom rom android,namum saya ingatkan disini jika anda pengguna umum (tidak mengerti sama sekali di dalam install os android dll) ,lebih baik memilih cara pertama.

karena dengan install custom rom gagal bisa membuat perangkat eror dan tidak bisa hidup,jika perangkat tersebut sudah memiliki masalah seperti itu maka mau tidak mau anda wajib install os android resmi untuk perangkat secara manual.

Artikel terkait :

oke sekian tips cara memaksimalkan memori internal android,selain cara diatas,anda juga wajib optimasi ram pada perangkat android,semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda