tips agar tidak menjadi korban penipuan belanja online

banyak sekali orang menjadi korban penipuan belanja online ,hampir setiap hari pasti ada saja korban penipuan,ada sebagian korban penipuan koar-koar dan ada juga yang hanya diam,karena gengsi.

apakah anda pembaca artikel ini sudah menjadi korban penipuan??,jika belum saya harap anda hati-hati dan baca 1 tips agar tidak menjadi korban penipuan belanja online berikut ini :

jangan mudah percaya dengan penjual terlebih harga murah meriah + bonus

sebagai pembeli jangan mudah percaya dengan penjual online,karena online shop indonesia lebih banyak penipuan di banding real dan jujur.

hal ini terjadi karena faktor harga,anda akan menemukan penjual dengan modus penipuan semua jika mencari harga super-super murah,karena pada dasarnya harga barang dari 1 penjual dengan penjual lain hanya berbeda tipis.

Fakta mereka yang menjadi korban penipuan rata-rata mudah percaya meski di beri data palsu

banyak calon korban di kirim ktp kk,siup situ dll oleh penjual,agar meyakinkan mereka,dan calon korban yang polos dan ingin beli barang mahal dengan harga murah tersebut dengan mudah mempercayai data yang di kirim tersebut.

modus penipuan paling banyak di gunakan embel-embel barang BM ,barang sitaan,cuci gudang ,promo opening toko dll.khususnya barang elektronik kebanyak ngaku penjual bm jujur dan resmi.

sejenak anda gunakan logika akal sehat anda,mereka mengaku jual BM tapi RESMI dan kirim surat badan usaha mereka ke anda serta ktp mereka .

apakah itu masuk akal.tentu saja tidak ,mana mungkin orang jual barang bm yang jelas di larang pemerintah indonesia serta tidak di kenakan biaya cukai BISA MEMILIKI SIUP SITU.

diatas merupakah hal yang tidak mungkin,jadi apabila anda di kirim foto surat dan data mereka jangan mudah percaya,semua bisa di edit ,mulai dari testimoni yang di buat-buat,ktp hasil dari korban penipuan lain di gunakan untuk menipu orang lain,lalu edit surat-surat usaha .

ada satu hal yang membuat saya menutup pertanyaan tentang toko online penipuan atau tidak via whatsapp ,yakni korban penipuan terkadang lebih percaya ke para penipuan,dulu saya setiap hari terima wa tanya-tanya toko ini itu,tetap saya balas,sampai detik ini pun banyak yang tanya via wa tapi sudah tidak saya balas.

hal ini terjadi karena dua hal yakni :

  1. pertanyaan kebanyakan sama saja,dan nama toko nya sama saja,oleh karena itu saya alihkan semua ke komentar agar kedepan kalau ada korban penipuan lain sedang mencari info toko tersebut di google bisa menemukan pertanyaan tersebut.
  2. yang bertanya via wa sudah di jawab tapi masih ragu dengan jawaban saya,saya cuma memberikan jawaban pribadi setiap pertanyaan via wa.rata-rata korban penipuan itu terlalu percaya dengan ktp yang di kirim pelaku penipuan,mereka begitu yakin karena penjual kirim foto EKTP.fakta yang ada belum tentu itu ktp si penjual,bisa saja itu adalah ktp korban penipuan sebelumnya.

tips agar tidak menjadi korban penipuan belanja online sangat sederhana,yaitu jangan asal percaya dengan penjual,cek penjual mulai data toko,no telepon ,no rekening,keaslian toko,apakah benar mereka anggota atau pemilik toko terkait.karena banyak penipuan yang menggunakan nama-nama toko sudah populer di daerah.

terakhir buat anda yang hobi belanja online,hindari asal belanja barang mudah dari penjual sosial media,seperti instagram ,fb dan twitter,karena di sana sarang para penipu ,hanya 10 % pernjual jujur itu harga normal .

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda