test

tips cara hemat listrik di rumah praktek langsung bukan teori

tips cara hemat listrik di rumah praktek langsung bukan teori – memang sudah banyak blog yang membahas tentang cara menghemat listrik,namum kebanyakan mereka hanya memberikan teori semata,sehingga tidak jarang pembaca selalu meragukan informasi yang di berikan.

terlebih tagihanan listrik menjadi pengeluaran uang wajib yang kita lakukan setiap bulan,buat anda yang kost ,kontrakan maupun di rumah sendiri ,pasti merasakan pengeluaran uang kita untuk tagihan listrik lumayan tinggi,belum lagi kalau kita pasang wifi berbayar ,total-total bisa 1 juta atau lebih.

sebelumnya saya memang sedikit mengerti tentang listrik dan cara kerja elektronik,kebetulan saya pernah berkerja di bidang terkait.namum saya belum pernah menuliskan cara hemat listrik di rumah versi saya pribadi,karena 1 alasan yakni saya belum praktek langsung.

menurut saya memberi tips hanya sebatas teori bukan lah membantu,bahkan bisa menjerumuskan pembaca,karena apabila tips tersebut tidak berkerja dengan baik pembaca bisa menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan yang saya sarankan.

hari ini saya berani menuliskan tips cara hemat listrik di rumah praktek langsung bukan teori ,karena saya sudah menerapkan semua teori yang terpikir oleh saya sebelumnya,ujicoba ini pun saya lakukan bukan cuma 1 bulan,karena 1 bulan bukan lah hasil yang tepat,saya melihat tagihan listrik saya selama 4 bulan,setelah melihat hasil tagihan listrik selama 4 bulan yang cukup stabil,baru saya berani menulis artikel ini.

jika anda sebagai pembaca ada beberapa pertanyaan awam,berikut pertanyaan dan jawaban dari saya,sebelum saya membahas detailnya cara menghemat listrik.

  • Tanya apa dan berapa meteran listrik di rumah saya tinggal saat ini
    Jawab : R1 1300VA pascabayar ( model meteran terbaru ,indikator led )
  • Tanya : berapa tagihan listrik saya perbulan
    jawab : di bawah 200 ribu rupiah
  • Tanya : apa saja perangkat elektronik di rumah
    jawab : ac 1 pk ,kulkas 2 Pintu.mesin cuci frontloading 8kg ,jet pump pedrollo,tv led 32 inci ,kipas Ceiling Exhaust Fan 3 unit (setiap hari aktif).magic comn ( jarang pakai),coffee maker electrolux type ecm100 ( tiap hari digunakan),kipas angin maspion biasa,dan beberapa elektronik kecil seperti router indihome dll.
  • Tanya : apakah ac 1 pk sering di pakai?
    jawab : setiap malam ac saya hidupkan ketika mau tidur,misalnya jam 10 ya ac hidup mulai 10 malam,sampai pagi saya bangun tidur baru matikan,tidak ada saya settings mati otomatis.
  • Tanya : apakah mesin jetpump selalu dihidupkan setiap saat ??
    jawab : tidak setiap saat,karena saya ada pakai toren air,jadi jetpum di hidupkan 1 kali 1 hari kadang 2 hari sekali.
  • tanya mesin cuci frond loading tiap hari dipakai untuk cuci pakaian ??
    jawab : tidak,karena saya disini anak rantau yang tinggal sendiri,biasa pakaian kerja saya kumpul cuci 1 minggu 1 kali.
  • apakah coffee maker kuat konsumsi listrik dan sering di gunakan,sampai di tulis oleh saya.
    jawab iya ,coffee maker lumayan tinggi konsumsi listriknya,saya pakai tiap hari ,ketika bangun pagi dan sore ,alasan sederhana buat kopi dari coffee maker lebih mudah dan bisa di tinggal pergi

saya tidak bisa mengatakan wah tagihan listrik saya murah dengan pemakaian elektronik yang terbilang lengkap,tapi anda pribadi bisa menilai sendiri dan bandingkan dengan tagihan listrik yang anda gunakan saat ini,jika menurut anda tagihan listrik di bawah 200 ribu ini terbilang mahal,jangan lanjutkan membaca artikel ini,berarti anda lebih ahli dalam memilih dan menentukan produk elektronik untuk rumah anda.

jika di banding tagihan listrik saya dengan beberapa teman saya tidak pasang ac saja ,meteran cuma 900 VA pascabayar tagihan bisa diatas 200ribu.begitu pula mereka yang pakai 1300 va yang prabayar tanpa ac cuma kipas angin biasa,pul kerja malam tagihan listriknya hanya berbeda tipis dengan tagihan listrik dirumah saya tempatin saat ini.

Lalu apa tips cara hemat listrik di rumah yang saya terapkan,kenapa bisa murah,apakah pemilik sebelumnya memiliki tagihan listrik sama alias rendah,jawabnya tagihan listrik pemilik sebelumnya perbulan 400an tidak pakai ac ,cuma kipas angin biasa .

tips cara hemat listrik dari saya sederhana yaitu lampu full led,saya menggantikan semua bola lampu biasaya jadi LED.

anda mungkin tidak percaya tagihan listrik tinggi bisa di sebabkan oleh bola lampu yang digunakan di rumah,banyak kejadian pengguna heran padahal perangkat elektronik di rumah sedikit,tapi tagihan listrik tetap tinggi.

saya menghabiskan uang untuk menganti seluruh bola lampu lama di rumah tersebut ,dari bola lampu biasa ke bola lampu LED philips,disini saya bukan bermaksud promo merk philips ,saya juga tidak memaksa anda membeli merek bolah lampu tersebut,asalkan ganti bola lampu biasa ke led itu sudah cukup,saya pribadi kalau untuk bola lampu lebih percaya LED philips.

jujur saja di awal ganti seluruh bola lampu ,untuk rumah kecil dengan jumlah bola lampu secara keseluruhan sekitar 17 ,mulai dari bola lampu bisa sampai bola lampu downlight terasa berat,lumayan banyak modal saya habis di awal ganti seluruh bola lampu tersebut.

karena saya praktekan langsung,dan hasilnya terbukti ,oleh karena itu saya berani menyarankan anda mengganti bola lampu biasa ke bola lampu led.memang biaya di awal ganti bola lampu berat.tapi percaya deh kedepan anda akan merasa untung ketika tagihan listrik anda menurun.

tips kedua cara hemat listrik di rumah yang saya terapkan ,semua barang elektronik saya cari yang inverter dan tv led.

banyak orang awam yang mengatakan inverter cuma trik marketing dan tagihan listriknya beda tipis dengan barang elektronik biasa,bahkan jika anda tanya ke jasa pemasang ac pun jawabnya sama,kebetulan teman saya beberapa orang pemasang ac,ketika mereka tau saya beli ac inverter mereka berkata ngapain habis duit ,tagihan listrik tidak beda jauh.

saya cuma diam saja,karena saya tau mereka yang tukang pasang ac ,bahkan teman saya pribadi saja ,kebanyakan tidak pasang ac di rumah sendiri dan tidak amati tagihan listrik,cuma dapat info dari beberapa pemakai dan teman sebidang.

ac 1 pk panasonic saya inverter,kulkas LG 2 pintu saya gunakan Inventer.saya prioritas 2 produk elektronik tersebut inverter karena di pakai setiap saat,begitu juga dengan jika anda ingin belum mesin cuci baru atau beberapa perangkat elektronik lain carilah barang elektronik teknologi inverter dan led.

alasannya sederhana,barang elektronik inverter dan led bisa menghemat listrik,memang jika kita lihat spesifikasi konsumsi daya listrik /WATT sama dengan yang biasa ,bahkan lebih tinggi,tapi anda tidak bisa menilai sebuah elektronik dari watt semata,beberapa perangkat elektronik tertulis misalnya 100-1000wat,itu daya yang di pakai maksimal bisa sampai 1000watt ,jika pemakaian optimal,kelebihan inverter adalah bisa menghemat energi listrik secara otomatis.

dirumah untuk waktu siang saya jarang menggunakan kipas ,karena sudah terpasang 3 unit Exhaust Fan di sudut ruangan,sehingga saya selalu menghidupkan Exhaust Fan tersebut ,agar udara di dalam rumah berganti terus dan tentu saja tidak menyebabkan ruangan menjadi netral tidak berbau dan tidak panas.

untuk anda yang merasa tagihan listrik yang tinggi,saran saya hemat daya diatas tidak perlu di ikut semua,cukup ikut 1-2 saja dulu,jika sudah terbukti baru ikuti semua,

contoh sederhana ganti bola lampu ruang tamu dan luar ,dengan kata lain bola lampu yang paling sering di hidupkan dengan waktu lama.jika anda pengguna ac aktif,alias ac selalu dihidupkan,saran saya gunakan ac inverter,ingat pakai ac inverter tidak perlu mati hidupkan secara terus menerus,anda bisa baca tips memilih ac dan menggunakan ac yang baik

perlu waktu 1-2 bulan anda baru merasa efek cara hemat listrik diatas,mungkin itu saja artikel tips cara hemat listrik di rumah praktek langsung bukan teori dari saya,semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda