Beranda Hobi tips cara merawat trotolan murai batu

tips cara merawat trotolan murai batu

tips cara merawat trotolan murai batu terbaru
tips cara merawat trotolan murai batu terbaru

tips cara merawat trotolan murai batu agar gacor dan cepat dewasa – Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman pribadi tentang cara merawat murai batu trotol sampai dengan lepas trotol.

singkat cerita saya di awal tahun beli murai batu trotol umur 4 minggu 5 hari dari toko burung,kata penjual sih indukan trah pasaman.

jujur saja saya pribadi di awal tidak pernah sama sekali merawat murai batu dari anakan,alias pemula,seperti pemula lainnya,saya pun mencari berbagai informasi di internet,ada banyak penjelasan master murai di internet baik itu di forum ,blog maupun di vlog (youtube).

dari semua tips yang saya dapatkan,tidak ada perawatan yang sama alias setiap orang memiliki pendapat dan tips perawatan masing-masing.ada yang full voer ef jk cuma 5 pagi 5 sore.

ada juga yang memberikan tips ef di maksimalkan tapi tidak boleh di mandikan dan di jemur.

setelah mendapat begitu banyak informasi tentu membuat saya sendiri binggung mau ikut yang mana,setelah proses praktek selama 1 bulan ,akhirnya saya memilih cara perawatan trotol yang menurut saya baik .

pertama umur murai batu trotol saya masih terlalu muda dan belum pernah di ajari keramba,hasilnya di proses awal saya ajari burung mandi di dalam keramba,pertama memang sulit karena saya menggunakan sangkar bulat,tetapi setelah 1 minggu burung sudah bisa masuk keramba dengan sendirinya.

kedua porsi ef saya sesuaikan dengan voer saya gunakan.karena di awal saya menggunakan voer murah ( voer fancy) ef burung berupa jangkrik saya berikan 8 pagi 8 siang dan 8 sore.ukuran jangkrik sedang dan kecil,hal ini saya lakukan karena menyesuaikan usia burung yang masih kecil.

alasan saya memberikan 8 pagi siang dan sore agar murai trotol tersebut masih ingat dan makan voer.jika saya berikan jangkrik 12 pagi dan 12 sore ,saya perhatikan burung sama sekali tidak ada makan voer.

TIPS penting ketika pemberian ef agar murai batu trotol kita tidak manja berdasarkan pengalaman saya pribadi adalah,buat 1 cepuk khusus untuk ef,1 cepuk khusus ini berfungsi agar kedepan jika kita telat memberikan makan ef,burung trotol tidak acak voer.

banyak kejadian burung acak voer karena cepuk voer di gabung sebagai cepuk ef,hal ini sangat tidak di sarankan untuk murai batu trotol.

saat pemberian ef pun saya sarankan siapkan jangkrik terlebih dahulu ,buka kerodong sangkar ,lalu keluarkan cepuk khusus ef tersebut,isi ef baru pasang kembali.INI PENTING.jangan anda langsung meletakan ef 1 persatu ke cepuk yang terpasang ini akan membuat murai batu anda manja dan mudah ngelowo.

murai batu trotol saya full kerodong,hanya di buka waktu pemberian ef saja,hal ini saya lakukan agar burung kecil tersebut mandiri,jika tidak di kerodong disaat kita telat memberikan makan,biar murai akan mudah manja.

MANDI dan Jemur – saya pribadi hanya jemur dan memandikan burung murai trotol seminggu sekali ,waktu jemur di pagi hari ,sebelum jam 10 ,lama proses penjemuran saya lakukan di bawah 15 menit,kadang 5-8 menit saja.

saya tidak pernah jemur murai batu trotol lebih dari 15 menit ,hal ini saya hindari agar proses rontok alias mutasi burung kedepan cepat alias tidak terlambat.

setelah proses penjemuran,baru saya mandikan burung murai trotol tersebut,proses pemandian tidak ada pemaksaan,saya hanya memindahkan burung dari sangkar ke keramba,lalu saya biarkan burung di keramba sambil bersihkan sangkar.kalau dalam waktu 30 menit sampai 1 jam murai batu trotol tersebut tidak mandi,maka saya pindahkan kembali ke sangkar .rata-rata sih murai trotol saya rawat semua nya langsung mandi.

hal ini saya lakukan sepanjanng waktu,tidak peduli apakah murai tersebut sedang rontokan bulu total atau masih proses penumbuhan bulu.

pernah satu kali kejadian waktu itu murai trotol saya rontok total pada bagian kepala. dan dada setiap 1 minggu tetap saya proses jemur dan mandi,pada saat bulu banyak rontok,burung tersebut tetap mandi ,dengan catatan saya tidak memaksa burung tersebut mandi,hanya memindahkan ke keramba,selesai mandi burung tersebut gementaran karena kedinginan, hasilnya sampai sekarang burung tersebut sudah lepas trotol dan baik-baik saja .

hal diatas saya terapkan terus ,baik itu murai trotol,sedang mutasi ,sedang rontok parah pada bagian dada dan kepala sampai dengan proses dokor.sampai hari ini artikel ini di buat ,burung tersebut sudah selesai dokor sempurna tinggal proses jemur dan jika sudah fit total baru akan saya proses umbar.

ow iya mungkin ada pertanyaan apakah murai trotol yang saya rawat tersebut sampai proses mutasi ke dewasa gacor ?,jawabnya burung tetap gacor dan proses nyusun lagu alias ngeriwik.

apakah murai trotol di embun dan mandi malam,jawabnya tidak ,embun itu bagus tapi untuk burung yang sudah dewasa.untuk murai trotol saya lebih fokus pertumbuhan burung ,saya tidak berharap burung terlalu gacor ketika masa pertumbuhan tersebut,begitu juga proses mandi lama ada dampak positif untuk burung dewasa dan burung bahan,namum untuk murai trotol saya rasa belum waktunya.

mungkin sampai disini dulu tips cara merawat trotolan murai batu ,kedepan saya akan membagikan tips pemasteran murai trotol .sekian semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda