test

tips membeli tanah agar tidak tertipu

tips membeli tanah agar tidak tertipu – Tanah bisa menjadi salah satu objek investasi yang menjanjikan,terlebih anda teliti memiliki lokasi tanah daerah pembangunan,dalam waktu singkat tanah bisa naik 2-10 kali lipat dari harga awal.

untuk anda yang baru berniat mau membeli tanah untuk investasi kedepan,harap jangan termakan iklan penjual terlebih dahulu.baik itu tanah perhektar maupun tanah kavling.kelebihan dan kekurangan tanah yang ingin anda beli jangan tanya langsung ke penjual.karena rata-rata penjual selalu melebih-lebihkan dan mengatakan prospek untuk investasi kedepan.

Ketika anda sudah menyiapkan uang untuk membeli tanah,ada baiknya anda mempelajari jenis surat-surat tanah dan mencari berbagai info tanah di jual di kota atau lokasi yang anda target.

hal pertama anda siapkan dana terlebih dahulu.jangan takut kehabisan tanah di kota seperti kata rata-rata penjual dan marketing tanah,karena tanah itu memang investasi tapi tidak semua orang sanggup membeli tanah ,tidak jarang penjual membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjual sebidang tanah.

setelah menyiapkan dana untuk pembelian,baru mencari infomasi tanah di jual di kota anda target kan,sekarang lebih gampang mencari info tanah dari internet,di banding dulu rata-rata mendapatkan info dari makelar.

kumpul kan seluruh data penjual tanah di kota anda target.dari seluruh data penjualan tanah di sekitar,anda bisa membandingkan langsung harga tanah di sekitar kota tersebut,pasti ada yang murah dan mahal.

setelah mendapatkan seluruh data,jangan berdiam diri saja,tetap update info penjual tanah di berbagai situs iklan dan info dari teman saudara maupun makelar.

apabila sudah semua data sudah terkumpul,anda akan secara langsung bisa melihat perbandingkan harga dan lokasi tanah tersebut,jika melihat harga tanah cocok dan lokasi letak tanah tersebut sesuai target.mulai melakukan survei dan ketemu dengan penjual.

di awal ketikan pergi survei anda mungkin saja ketemu dengan makelar tanah tersebut,tetap santai tidak perlu langsung ketemu pemilik nya ,jika pemilik tanah langsung ketemu anda lebih baik.

perhatikan sekitar tanah yang ingin anda beli,mulai dari jalan ,tetangga jika ada.lihat juga rumah sekitar sana,dan berbicara warga sekitar ,cari info tentang tanah tersebut apakah banjir dll ketika musim hujan,ketika sudah selesai ,jangan gegabah ambil keputusan di saat survei tersebut,meski anda berminat dengan tanah yang di jual tersebut jangan pernah langsung deal.tetap santai bicara dengan penjual,ketika di tanya keputusan anda apakah jadi beli tanah tersebut ,jawab tunggu dulu anda ingin berpikir-pikir dulu,walau penjual bilang sudah ramai yang minat ,atau besok harga naik,jangan percaya ,karena itu hanya teknik marketing mereka.

jika merasa sudah melihat dengan detail,anda jangan deal,kata kan ke penjual anda ingin pulang dulu dan ingin berpikir-pikir dahulu,jika nanti anda berminat,anda akan kembali kontak si penjual.

selesai survei satu tempat,anda bisa ajak penjual tanah lain untuk melakukan survei tanah yang mereka jual.lakukan seperti di awal.lakukan survei tanah sebanyak mungkin,karena semakin banyak tanah anda survei semakin besar pembandingan tanah masing-masing,sehingga nanti anda bisa membuat keputusan yang benar alias tidak nyesal.

setelah proses survei selesai,waktu nya untuk anda berpikir-pikir sambil memiliki tanah yang ingin di beli,jika ada teman atau saudara ,cobalah ajak untuk berbicara sharing ,dengan begitu kita bisa mengambil keputusan lebih tepat,kadang kita terlalu senang dengan sebidang tanah sampai lupa sesuatu,dengan sharing ke teman maupun saudara terdekat,terkadang mereka akan ingatkan kita dan memberi pandangan mereka.

ingat anda bisa berbagi cerita ke teman mana pun,apapun masukan dan pandangan mereka,tetap kita hargai,namum tidak wajib anda ikuti,keputusan membeli tanah itu sepenuhnya dari diri anda sendiri.

apabila anda merasa semua tanah yang ingin di jual belum sesuai keinginan,anda baiknya anda pending dulu pembelian,cari info lagi tanah di jual di daerah tersebut.

apabila niat anda sudah bulat untuk membeli sebidang tanah tersebut,baru kembali ajak penjual untuk ketemu,tanyakan ke penjual apakah di pemilik langsung,jika bukan minta ketemukan langsung sama pemilik tanah tersebut,setelah ketemu minta penjual tunjuk kan surat-surat tanah tersebut.

jika tanah itu masih Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR),lihat tahun pembuatan surat tersebut,karena tanah skgr rentan sengketa dan double,jadi hati-hati,cara paling aman adalah meminta fotocopy surat-surat nya,lalu bawa surat tersebut untuk di cek ke kantor desa ,kelurahan hingga camat.

jika surat tanah tersebut Sertifikat Hak Milik (SHM) ,berarti tanah tersebut memiliki kekuatan hukum yang baik,namum anda jangan asal percaya begitu saja,karena shm aja ada yang double ,minta fotocopy surat shm dan ktp penjual,anda bisa langsung cek ke bpn,atau untuk lebih mudah anda bisa menggunakan jasa ppat untuk melakukan cek.

setelah semua sudah jelas ,baru kita melakukan deal ke penjual.hal pertama yang wajib anda lakukan adalah nego harga tahap wajar.pembelian cash anda bisa nego tanah tersebut.

setelah deal,baru melakukan transaksi.jika shm anda bisa ajak penjual ke PPAT untuk membuat ajb ,sebelum tanda tangan ajb,pastikan semua hal sudah di bahas dengan penjual,mulai dari harga dan sistem pembayaran.biasa penjual akan tanda tangan jika ada dp dan ada juga penjual ingin pembayaran full langsung di depan.

jika anda ketemu penjual yang ingin cash di tempat,ketika di kantor ppat langsung bawa uang yang di tetapkan,lalu buat ajb langsung oleh pihak ppat.setelah uang di serahkan,penjual wajib tanda tangan surat ajb tersebut,jika penjual sudah berkeluarga biasa suami istri dan ahli waris juga tanda tangan di ajb tersebut.

setelah selesai tanda tangan ajb anda tidak perlu ragu lagi ,karena biasanya ketika proses pembuat ajb dan tanda tangan ajb selesai,surat sertifikat tanah langsung di serahkan ke ppat ,ppat yang akan mengurus balik nama ke bpn .jadi urusan anda dengan penjual sudah selesai,tinggal proses balik nama yang di proses oleh pihak ppat.

lama pengurusan balik nama sertifikasi shm biasanya paling lambat 3-4 bulan.jika dalam 3-4 bulan belum di hubungin oleh ppat,anda bisa langsung menghubungin ke pihak ppat untuk melakukan cek,terkadang pihak ppat lupa informasikan ke pembeli jika surat sudah selesai.

langkah terakhir jika surat shm selesai,maka anda di haruskan membayar biaya ajb dan balik nama ke ppat.ini adalah urusan final dan surat-surat sudah menjadi atas nama anda pribadi.

mungkin itu saja,ingat ketika ingin membeli tanah jangan gegabah dan asal percaya,jangan mau bayar uang tanpa bukti yang jelas.terlebih tanah belum di cek kejelasan nya,jangan asal bayar dp atau uang tanda jadi,karena jika anda sudah bayar uang tanda jadi dan ternyata tanah tersebut di cek bermasalah,uang dp anda ke penjual tersebut akan sulit untuk kembali.sekian tips membeli tanah agar tidak tertipu ,semoga bermanfaat.tips ini juga bisa di terapkan untuk anda yang ingin membelii rumah bekas.maupun properti lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda