test

tips memilih dan membeli rumah bekas dengan harga murah

tips memilih dan membeli rumah bekas dengan harga murah – rumah adalah salah satu kebutuhan pokok/primer untuk tempat tinggal setiap orang,harga rumah setiap tahun pun terus naik.

salah satu cara tercepat untuk memiliki sebuah rumah dengan harga murah atau lebih terjangkau adalah dengan membeli rumah bekas,banyak yang setuju dan tidak setuju dengan hal membeli rumah bekas,karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda.

jika anda ingin memiliki rumah impian dan sesuai keinginan ,cara terbaik menurut saya pribadi adalah membeli lahan kosong ,lalu membangun rumah sesuai dengan keinginan,cara ini lebih hemat biaya namum membutuhkan proses pembangunan dan pengurusan ,ini memakan waktu yang cukup lama bisa 3 bulan sampai dengan bertahun-tahun.

jika anda ingin segera beli rumah yang langsung layak huni alias siap bayar langsung pindah,maka pilihannya adalah ke rumah bekas,jika anda membeli rumah baru biasanya setelah pembayaran developer akan melakukan proses pembangunan rumah tersebut terlebih dahulu.kebanyakan perumahan di jual developer tidak ready.

keuntungan anda membeli rumah bekas adalah rumah langsung bisa di huni ,seluruh surat-surat sudah lengkap,pembeli/anda hanya menyelesaikan proses pembelian,apabila seluruh proses selesai,maka pembeli bisa langsung tinggal atau menyewakan rumah tersebut.

rumah bekas ada yang murah dan ada juga yang mahal,tidak benar jika anda anggap rumah bekas lebih murah,sebagian rumah bekas yang terletak di tengah kota jutru terkadang lebih mahal di banding anda membeli rumah baru,hal ini terjadi karena faktor lokasi letak rumah tersebut.

jika anda tinggal di kota yang sudah penuh perumahan,tentu sering menemukan rumah bekas tengah kota lebih mahal,di banding rumah baru yang di bangun di pinggiran kota.seperti saya jelaskan diatas,faktor lokasi tata letak rumah strategis,maka harga rumah pun mahal.

apabila anda saat ini baru berencana ingin membeli rumah bekas ,berikut saya memberikan beberapa tips memilih dan membeli rumah bekas dengan harga murah .

  • lokasi rumah

paling penting adalah lokasi rumah,percuma rumah bekas super murah ,tapi letaknya jauh alias pelosok,anda harus perhitungkan lokasi,jangan beli rumah terlalu jauh dari lingkungan kerja dan terlalu jauh dari pusat kota.karena ini mempersulit anda kedepan untuk ke tempat kerja maupun ke kota.

meski anda membeli rumah tersebut untuk investasi pun saya tidak terlalu rekomendasikan,karena rumah yang berada jauh dari pusat kota ,harga rumah tersebut untuk naik sedikit sulit dan kedepan jika ingin di jual,akan sulit untuk mencari pembeli,karena pembeli rata-rata melihat lokasi rumah tersebut.

  • jangan asal pergi survei,cari informasi rumah bekas sebanyak mungkin dulu.

kesalahan banyak calon pembeli adalah ketika melihat iklan sebuah rumah bekas di koran maupun di internet langsung telepon penjual dan melihat atau survei rumah bekas tersebut.

saran saya jika anda sedang ingin mencari rumah bekas untuk pertama kali ,jangan gampang puas dengan 1 penawaran rumah bekas saja,bandingkan dan kumpulkan informasi harga rumah bekas yang ada di iklan maupun dari info teman atau broker.

dengan kumpulkan banyak data rumah bekas yang di jual,kita bisa membandingkan harga masing-masing rumah dan kita bisa mengetahui harga standar rumah lokasi tersebut.semakin banyak informasi data rumah yang di jual anda kumpulkan bisa di pastikan semakin mudah anda bisa membandingkan rumah A-Z yang di jual,mulai dari banding harga maupun lokasi strategis.

rumah itu tidak murah,paling murah diatas 100 juta,jadi anda sebagai calon pembeli harus benar-benar jeli dalam membeli rumah.agar kedepan anda tidak menyesal membeli rumah karena harga terlalu mahal ,lokasi dll.

saran saya kumpulkan data selama 3 bulan ,selama 3 bulan anda hanya mencari data-data rumah bekas yang di jual murah maupun mahal,jangan buru-buru beli sesuatu hanya karena minat sesaat,setelah sudah banyak membandingkan rumah dan telah menemukan rumah yang cocok dengan harga sesuai anggaran,baru lah melakukan survei lokasi rumah.

  • survei rumah atau ke lokasi rumah

sebagai pembeli untuk sendiri alias bukan broker ,anda jangan menerapkan teknik broker rumah pada umumnya,yaitu melakukan survei langsung telepon ke penjual dan melihat rumah dengan penjual.

saran saya tanyakan penjual lokasi rumah bekas di jual tersebut,lalu datang sendiri tanpa harus dengan si penjual,hal ini kita lakukan untuk kesan pertama kita melihat rumah tersebut tidak terbeban dengan ada penjual.

sudah bukan rahasia lagi ketika anda survei rumah dengan penjual langsung,penjual akan menjelaskan detail kelebihan rumah dan bertanya apakah kita berminat dengan rumah tersebut atau tidak,secara pribadi ini membuat kita mempercepat ambil keputusan.

apabila anda sudah berada di lokasi rumah di jual,anda bisa melihat-lihat sekitar rumah,mulai lokasi menuju ke rumah tersebut.penduduk sekitar,melihat sisi luar anda bisa menebak apakah rumah tersebut cocok atau tidak.

anda bisa mulai berkomunikasi dengan tetangga rumah bekas tersebut,dengan bertanya berbagai hal,apa penyebab pemilik rumah ingin menjual rumah,apa lokasi tersebut banjir atau tidak.

anda bisa melihat langsung dari beberapa rumah sekitar ,apakah kualitas bangunan di perumahan bagus,apakah rumah disana sering terendam banjir ,dll,survei tanpa penjual lalu bertanya ke orang sekitar,biasa orang sekitar seperti tetangga lebih jujur ketimbang anda survei langsung dengan pemilik.

setelah melakukan survei sendiri,jangan asal ambil keputusan,luang waktu 2-3 hari untuk berpikir-pikir dulu ,jangan takut rumah tersebut terjual sebelum anda deal.rumah memang investasi tapi untuk menjual sebuah rumah tidak akan semudah jual hp bekas dan semudah bicara para marketing properti,perlu proses yang lama untuk menemukan pembeli sebuah rumah,bahkan selalu rumah tersebut tidak laku,bukan karena jelek tapi belum temu pembeli yang cocok.

  • lakukan survei rumah untuk kedua kali dengan pemilik/penjual rumah bekas.

apabila anda sudah berpikir-pikir selama beberapa hari setelah melakukan survei pertama,dan merasa tertarik dengan rumah tersebut,baru melakukan survei kedua kali dengan pemilik atau penjual rumah tersebut. survei kedua ini anda fokus melihat bagian di dalam rumah,fokus dengan kualitas bangunan di dalam ,melihat kamar dll di rumah tersebut.

ingat kita sebagai pembeli harus teliti,tidak perlu cepat-cepat mengambil keputusan,melihat rumah yang ingin di jual tersebut santai saja sambil bicara langsung dengan penjual.tanyakan hal yang ingin anda ketahui ,mulai dari tahun bangunan,apakah rumah pernah di renovasi,perhatikan air di rumah tersebut dan berbagai hal penting lainnya.

setelah melihat detail di dalam maupun luar rumah,saran saya sekalian di foto menggunakan smartphone .selesai itu jangan ambil keputusan,pulang dan santai-santai dulu sambil memikirkan dan melakukan pertimbangan rumah tersebut,bisa 1 hari atau lebih.

  • cek kelengkapan surat penjual

setelah positif ingin membeli rumah tersebut,jangan pernah bilang deal kepada penjual,langsung telepon penjual ajak ketemu untuk melihat dokumen,pastikan anda membeli rumah tanpa perantara,jika ada perantara minta pemilik asli rumah tersebut untuk ketemu anda langsung dan membawa kelengkapan surat rumah tersebut.

saya sendiri menyarankan anda melihat dan melakukan cek surat dan kelengkapan penjual mulai SHM dll setelah survei dan melakukan pertimbangan merasa cocok dan positif ingin membeli rumah tersebut,karena anda bukan broker,jika anda broker iya datang di awal melihat surat-surat langsung lalu melihat rumah sekitar.

sebagai pembeli pribadi ,kita harus fokus dari sisi bangunan rumah bekas tersebut terlebih dahulu,mulai dari apakah lokasi strategis,menuju ke rumah tersebut apakah semua sudah ada jalan aspal,apakah rumah tersebut terkena banjir atau tidak dan berbagai faktor lainnya.

apabila sudah cocok,baru kita periksa surat-surat kelengkapan rumah tersebut.minta penjual membawa sertifikat asli dan kelengkapannya.jangan hanya photocopy karena hal ini untuk menjamin si penjual pegang sertifikat,sehingga kedepan ketika kita ingin deal rumah tersebut bisa langsung ke notaris.

karena banyak penjual rumah bekas murah kadang sertifikat rumah di gadai ,sehingga ketika kita ingin membeli rumah di minta dp untuk tebus sertifikat tersebut terlebih dahulu,jangan mau dengan hal begituan,terkecuali anda kenal dekat,jika dengan orang asing lebih baik jangan.

jika penjual benar-benar niat jualan rumah tersebut tidak,silahkan bawa dokumen ke notaris.

  • nego harga rumah

setelah semua perlengkapan dokumen asli di lihat dan tidak bermasalah ,baru ke proses nego ,melakukan nego saat membeli rumah bekas berbeda dengan rumah baru dari developer,terlebih anda memiliki uang cash ,anda bisa menekan harga jual rumah dengan sangat tinggi.

ingat nego sewajarnya ,agar mendapatkan harga murah bekas dengan harga murah anda bisa mencari penjual yang sedang butuh uang,ketika anda nego harga dengan penjual rumah sedang butuh uang biasanya penjual akan dengan mudah deal ,meski harga nego terlalu tinggi,namum dengan catatan anda beli cash,

penjual akan berpikir 2x menolak penawaran yang anda lakukan ,jika anda ingin membeli uang cash.karena pembeli rumah cash rumah itu sangat sulit di temukan,banyak pembeli rumah dengan kpr,jadi jika kita ada uang cash proses nego pun menguntungkan .

jika anda ingin membeli rumah bekas dengan kpr,maka nego wajar saja dengan penjual,karena penjual rumah rata-rata prioritas pembeli cash,karena proses cepat tanpa harus menunggu proses bank dll.

teransaksi

apabila anda sudah deal harga cocok dengan penjual,maka bawa proses pembelian ke lebih serius yakni ke kantor Notaris & PPAT sesuai wilayah atau kota rumah di jual tersebut,misalnya rumah di sekitar pekanbaru kota ,maka notaris ppat disekitar kota pekanbaru.

selanjutnya anda bisa konsultasi dan serahkan langsung seluruh proses di lakukan dari pihak Notaris & PPAT,biasanya pihak Notaris & PPAT akan melakukan proses cek ,jika semua tidak bermasalah maka AJB pun akan di buat oleh pihak ppat ,

anda tinggal siapkan dana dan tunggu proses serta percayakan ke pihak ppat.oke saya rasa mungkin itu saja artikel tentang tips memilih dan membeli rumah bekas dengan harga murah ,semoga bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda