test

tips saat ingin membeli rumah bekas di perumahan

tips saat ingin membeli rumah bekas di perumahan – membeli rumah bekas bisa menjadi solusi dan keuntungan tersendiri jika anda sudah berpengalaman serta bisa memperhatikan dengan detail bangunan.beli rumah bekas bukan bisa memberi untung saja,namum juga bisa membuat anda buntung jika anda terlalu percaya ucapan kata-kata penjual saja.

karena sebagai penjual pastinya akan menjelaskan seluruh kelebihan dari produk mereka jual,dan menutup rapat kekurangan produk mereka,jika di tanya biasanya baru di jelaskan,jika tidak di tanyakan oleh pembeli ,penjual tidak akan memberitahu kekurangan dari produk mereka jual.termasuk dalam proses jual beli rumah bekas.

oleh karena itu kali ini saya ingin membagikan sedikit tips tips saat ingin membeli rumah bekas di perumahan maupun rumah bulatan .beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin membeli rumah agar tidak tertipu dan rugi.

  • pertama hal yang sangat penting – jangan tergiur dengan promosi besok harga naik dan kokulasi keuntungan investasi berkali lipat jika anda sudah membeli rumah dari si penjual maupun dari sales rumah tersebut.dan rumah tersebut sudah banyak yang inginkan,jika anda tidak deal sekarang besok bisa jadi ada orang lain yang ingin membeli rumah tersebut.

Jangan anda percaya kata-kata tersebut,karena faktanya jual properti tidak semudah jual kacang,1 unit rumah bekas yang di jual perlu waktu 3bulan sampai 3 tahun baru bisa terjual.dan justru harga penawaran akan diturun apabila respon pembeli yang kurang baik serta penjual sedang membutuhkan uang.

tidak benar jika harga rumah setiap naik setinggi yang di ungkapkan sales atau penjual,kenaikan harga rumah terlebih yang terletak di sudut kota tidak akan naik setinggi yang di ucapkan,jika anda tidak percaya anda bisa bandingkan harga 3 tahun terakhir perumahan lokasi yang anda cari,pastinya harganya tidak terlalu jauh berbeda,bahkan ada yang masih sama.

  • tips kedua ketika anda ingin membeli rumah bekas di perumahan maupun rumah bulatan adalah tanyakan surat-surat terlebih dahulu.

rata-rata surat SHM (Sertifikat hak milik) di perumahan ,tanah di kota sering terjadi sengketa ,jika anda mencari rumah bulatan bekas ,carilah yang sudah menggunakan shm,banyak kejadian pembelian tanah kavling maupun rumah dengan surat SKGR (Surat Keterangan Ganti Rugi)bermasalah di kemudian hari ,jika anda tidak ingin beresiko lebih baik cari rumah bekas yang sudah shm.

anda tidak perlu lihat surat dan cek terlebih dahulu,cukup tanyakan dulu surat nya apa ,jika penjual bilang shm ,baru anda melanjutkan survei.

  • tips ketiga yang perlu diperhatikan saat melihat rumah bekas tersebut.

khusus rumah bulatanpertama perhatikan pembatas tanah,apakah sudah di tandai dengan baik dan apakah saluran pembuangan air berjalan dengan baik,banyak orang melupakan ini,lebih banyak memperhatikan didalam terlebih dahulu,padahal ini adalah hal penting agar kedepan anda tidak perlu keluar duit untuk memperbaiki dan buat pembatas tersebut,apabila di perumahan biasa sudah terdapat batas-batas tanah ,sehingga tidak perlu perhatikan lagi

selanjutnya kondisi bangunan ,jangan lihat di luar saja,karena luar bagus belum tentu di dalam,perhatikan seluruh bangunan,tanyakan ke penjual sudah berapa lama rumah tersebut di bangun,jika rumah sudah di bangun lama alias diatas 20 tahun ,maka bisa di pastikan bangunan tersebut sudah mulai tidak kokoh.

terlebih jika dari developer rumah yang ingin hemat,membuat rumah murah dengan bahan minim,tidak jarang hanya dalam 3 tahun bangunan tersebut sudah retak-retak dan tidak kokoh.

selanjutnya atap,cek dinding setiap sudut rumah,lihat dengan detail,dari sana anda bisa mengetahui apabila ada bocor ,maka warna cat pada dinding ada yang pudar serta plafon pun terlebih kusam atau rusak.

jangan lupa tanyakan penjual apakah rumah tersebut pernah banjir,sebenarnya jika anda sudah berpengalaman,lihat dari sisi luar dan kondisi bangunan saja,anda sudah bisa mengetahui apakah rumah tersebut sering terendam banjir atau tidak.

  • tips keempat yang perlu anda perhatikan agar membeli rumah bekas tidak tertipu

jika anda sudah tertarik ingin membeli rumah tersebut,jangan langsung deal,minta penjual perlihatkan surat-surat untuk rumah tersebut,karena banyak kejadian penjual tidak memiliki surat ,karena surat di gadaikan di bank dll,jika penjual sudah bisa memperlihatkan surat-surat lengkap,silahkan anda minta fotocopy surat tersebut untuk di cek kebenaran surat di bpn.

anda tidak wajib ke bpn jika anda tidak terlalu mengerti akan tata cara cek,anda bisa menggunakan jasa notaris/ppat pilihan anda untuk melakukan pengecekan,jika sudah oke ,baru lanjut transaksi .

tepatnya waktu ingin transaksi,akan lebih anda menanyakan detail harga dengan si penjual,berserta pajal dll,karena ada penjualan rumah yang seluruh biaya di tanggung pembeli ,ada juga pembeli terima bersih,tergantung kesepakatan masing-masing.

mungkin itu saja tips saat ingin membeli rumah bekas di perumahan,semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda