test

tips sederhana agar hp android tidak lemot

tips sederhana agar hp android tidak lemot – selalu muncul pertanyaan kenapa hp android lemot padahal aplikasi sedikit? .tidak sedikit pengguna merasa hp android mereka lemot tanpa mengetahui penyebab utama.oleh karena itu kali ini sayai ingin menjelaskan tips sederhana agar hp android tidak lemot.

Lemot atau hp terasa lambat sekali tergantung beberapa faktor pada spesifikasi hp berikut :

  • chipset dan cpu- chipset dan cpu pada spesifikasi sebuah hp menjadi salah satu faktor penting,sebesar apapun ram hp android anda jika chipset dan cpu rendah,maka tidak usah heran apabila di install banyak aplikasi terasa lemot.
  • ram – ram menjadi pendukung chipset dan cpu di ponsel,tentu saja semakin besar ram pada hp semakin baik,namum standartnya untuk saat ini hp ram 2Gb sudah cukup untuk pemakain normal seperti apliikasi chat dan game android biasa.
  • memori internal.-memori internal menjadi faktor pendukung ,standar internal 16 atau 32gb sudah cukup.

diatas adalah faktor penyebab utama hp android kita lemot,jika spesifikasi rendah hp android akan dengan mudah lemot.

tips sederhana agar hp aandroid tidak lemot adalah sebagai berikut :

  1. hapus aplikasi yang tidak pernah di pakai – kesalahan banyak pengguna suka koleksi aplikasi di hp mereka,padahal aplikasi tersebut tidak pernah di pakai sama sekali,oleh karena itu hapus semua aplikasi yang tidak pernah di gunakan di hp android anda sekarang,dengan begitu cpu,ram dan internenal memori akan memiliki ruang atau space lebih ,sehingga hp android anda tidak mudah lemot.
  2. matikan fitur auto run / auto startpada aplikasi yang sudah terinstall atau terpasang pada hp android,tahukan anda jika ketika hp di hidupkan banyak aplikasi yang kita install berjalan di balik layar.seperti facebook,game dll,sehingga tidak usah heran tiba-tiba muncul notifikasi game atau fb,padahal fb tersebut belum ada kita buka.hal ini terjadi karena fitur auto run atau keep awake pada app permision atau akses aplikasi di allow / di berikan akses,
    auto run membuat hp kita terasa lemot ,meski kita hanya membuka 1 aplikasi saja,karena banyaknya aplikasi berjalan di balik layar.

    oleh karena itu saya sarankan untuk mempercepat hp android salah satu caranya adalah mematikan fitur auto run / auto start pada semua aplikasi android yang terpasang di hp android anda,kecuali aplikasi Chat dan aplikasi media sosial.

    cara nonaktifkan fitur auto start pada aplikasi yang terpasang android sangat mudah ,pertama buka setting lalu pilih apps manager atau installed apps.kemudian pilih aplikasi yang ingin di matikan fitur auto start lalu kemudian pilih app permission terakhir pilih disable fitur auto start pada aplikasi tersebut.

    cara tercepat untuk nonaktifkan fitur auto start adalah dengan membuka menu setting,lalu pilih menu search atau pencarian lalu cari Apps permission,disana kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang tidak berjalan otomatis ketika hp di hidupkan.

    setelah selesai restart hp android anda.

  3. gunakan internal memori sesuai fungsi serta hilangkan file sampah pada internal memori.,banyak pengguna android menyimpan data yang berlebihan pada hp mereka,sehingga menjadi faktor lemot padahal aplikasi sedikit.internal memori di prioritaskan untuk penginstall aplikasi saja,apabila hp android anda tidak tersedia slot ekternal memori,pastikan gunakan ruang memori internal sebaik mungkin,pastikan sisakan atau kosongkan 40% dari ruang yang ada,misalnya memori hp anda 8 gb,pastikan masih ada ruang memori 3 gb di hp tersebut,

    karena apabila memori internal penuh dengan foto dan video,maka ketika jalankan aplikasi,maka hp akan terasa lemot,karena faktor memori penuh + cache yang ada pada aplikasi kita gunakan.

    hapus file sampah hp android anda ,silahkan baca artikel cara clear ram dan menghapus file sampah di hp android

  4. terakhir gunakan aplikasi lite dan browser saja untuk membuka media sosial,seperti facebook line,dll,dengan aplikasi lite hanya menggunakan kapasitas memori dan ram lebih kecil,untuk aplikasi media seperti facebook dan twitter saya lebih menyarankan anda menggunakan browser saja ketimbang menggunakan aplikasi.
  5. terakhir pastikan aplikasi dan game ada pada hp android termasuk os selalu update terbaru,

jika anda sudah menggunakan cara sederhana agar hp android tidak lemot diatas,saya bisa jamin hp android anda tidak akan terasa lemot seperti sebelumnya,dengan catatan Ic emmc hp anda masih berfungsi dengan normal,karena apabila ic emmc sudah lemah,di optimasi gimana pun hp akan terasa lemot dan restart sendiri

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda