test

Tips Tepat Hemat Kuota di HP yang Bisa Anda Coba

Tips Tepat Hemat Kuota di HP yang Bisa Anda Coba – Merasa selama ini boros kuota dan tidak ingin menjadi orang yang boros kuota? Nah, bagi Anda yang merasa boros kuota dan ingin menjadi orang yang tidak boros kuota, ada beberapa tips tepat hemat kuota di HP yang Anda bisa terapkan.

Dengan menerapkan tips hemat kuota di HP ini bisa dipastikan bahwa Anda pada akhirnya akan mampu mengatasi masalah drama kuota berkepanjangan yang selama ini Anda sering alami. Ya, selama ini seringkali orang – orang merasa kebutuhan kuotanya kurang dan kurang terus akibat kegiatan berselancar di dunia internet dan di dunia maya yang tidak terkendali.

Bermain game online, video call, nonton video dan film di youtube, serta masih banyak aktivitas lain yang juga butuh kuota dan kalau tidak dilakukan penghematan bisa – bisa Anda bokek karena kuota. Mengenai seperti apa tips tepat hemat kuota di HP yang bisa Anda coba bisa Anda cek dan simak dalam informasi di bawah ini!

Tips Tepat Hemat Kuota di HP yang Bisa Dicoba

Ubah fitur maps Anda ke mode offline

Anda harus tahu satu hal bahwa aplikasi maps pada sebuah ponsel pintar memang mampu menguras kuota internet Anda dengan cepat. Anehnya, tak banyak pengguna yang tidak sadar akan hal ini. Aplikasi maps ini akan semakin banyak menguras data terlebih jika Anda menggunakannya untuk layanan built in navigation.

Anda jadi tak dapat hemat kuota karenanya. Nah, dalam rangka mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi maps di smartphone android, Anda bisa mengubah pengaturan maps ini dari mode online ke mode offline.

Sementara untuk platform android, Anda bisa menyentuh di bagian search bar diatas aplikasi maps. Setelah itu Anda bisa menggesernya ke bawah sampai Anda bertemu pilihan Save map to use offline. Kemudian darisana Anda segera bisa untuk memilih pilihan save. Selanjutnya Anda bisa berpindah ke move offline. Sementara untuk Anda yang menggunakan iOS, Anda hanya perlu mengubah mode ke flight mode.

Manfaatkan aplikasi Mailbox untuk keperluan email

Salah satu hal yang juga sering membuat kuota internet Anda cepat habis adalah penggunaan email. Anda juga harus tahu bahwa keperluan saling bertukar surat elektronik misalkan seperti membuka mail dan mengunggah dan mengunduh file attachment dari email nyatanya menyedot kuota sangat banyak lho!

Nah, untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatform android dan juga di platform iOS. Dengan Anda memanfaatkan aplikasi tersebut, Anda akan mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika Anda sedang menggunakan email. Dengan begitu maka menjadikan kuota internet Anda akan dapat dihemat dengan jauh lebih baik.

Gunakan browser yang lebih efisien

Sebuah browser atau suatu peramban nyatanya juga mampu membuat kuota internet Anda terkuras habis. Mungkin Anda tidak sadar dengan hal ini, namun inilah fakta dan kenyataannya.

Utamanya browser default yang merupakan bawaan dari suatu smartphone Anda yang banyak diyakini banyak mengambil kuota internet Anda. Nah demi mengatasi hal tersebut, Anda bisa mendownload dan kemudian menggunakan browser yang lebih efisien dan hemat kuota.

Ada beberapa browser yang lebih efisien dan lebih hemat kuota diantaranya seperti Opera Mini. Opera Mini dipercaya menjadi suatu browser yang didalamnya banyak menyimpan kuota data internet Anda secara primer dengan cara melakukan compressing website yang Anda kunjungi.

Terdapat fitur data saving video boost juga dalam browser tersebut. Dengan fitur tersebut, Anda mampu mengurangi proses buffering dan mampu mengoptimalkan kualitas dari gambar tanpa perlu menyedot data internet dalam jumlah yang besar.

Selain Opera Mini, Anda juga dapat menggunakan browser Google Chrome dimana tentu dengan terdapatnya suatu strategi secara khusus. Caranya juga cukup mudah. Anda perlu buka Google Chrome, sentuh icon tiga titik di bagian kanan atas dan pilih settings. Kemudian sentuh bandwith dan pilih data saver untuk memastikan data savingnya.

Nonaktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Ada banyak akun yang disinkronisasi secara otomatis di smartphone Anda. Hal tersebut menjadikan kuota internet terambil secara langsung tanpa Anda sadari. Demi mengatasi hal tersebut, Anda bisa mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang ada dan jarang untuk digunakan.

Caranya adalah dengan Anda masuk pada bagian menu Settings kemudian pilih Accounts. Selanjutnya Anda pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronisasikan. Dengan menggunakan cara ini Anda akan mampu melakukan penghematan kuota data yang Anda miliki dengan jauh lebih baik.

Upayakan membatasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya

Tips lain yang Anda bisa terapkan untuk menghemat penggunaan kuota internet adalah dengan membatasi penggunaan mobile data yang ada dengan Anda aktifkan peringatannya. Dengan Anda manfaatkan fitur data usage warning dan limit system yang terbuilt pada platform android, maka Anda akan dapatkan peringatan ketika pemakaian kuota internet Anda melampauai batas.

Nah, untuk mengatur penggunaan mobile data ini Anda bisa masuk pada menu settings. Pilih data usage dan pilih Celular data. Kemudian set cellular data limit dan tap untuk melakukan aktivasinya. Cara ini sangat simple dan bisa segera Anda coba.

Batasi penggunaan data di bagian background

Terkadang habisnya kuota internet yang Anda sudah beli juga bisa terjadi karena penggunaan data secara otomatis di bagian background smartphone Anda. Hanya saja hal ini seringkali tidak disadari oleh banyak orang.

Untuk mematikan penggunaan data di background ini, Anda bisa masuk ke bagian menu settings dan pilih data usage kemudian tap tiga garis vertical di bagian kanan atas. Selanjutnya pilih restrict background data dan pilih oke. Dengan hal ini Anda memang akan mampu melakukan penghematan kuota internet Anda dengan baik. Akan tetapi memang resikonya Anda akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.

Gunakan aplikasi kompresi data

Terakhir, tips yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet adalah dengan Anda gunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data. Hal ini sangat penting guna menghemat kuota internet. Salah satu aplikasi yang Anda bisa pakai adalah Onavo Extend. Aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang terdapat pada perangkat android Anda.

Walau Onavo Extend tidak dapat melakukan kompresi video, akan tetapi Onavo Extend tetap akan mampu menjadi suatu pilihan terbaik yang tepat jika memang Anda ingin melakukan penghematan kuota internet.

Selain itu, dalam rangka menangani hal tersebut, Anda bisa aktifkan opsi wifi only. Dengan begitu, aplikasi baru tersebut akan melakukan update datanya hanya pada ketika ponsel Anda terkoneksi dengan wifi. Untuk mengaktifkannya, coba untuk Anda masuk ke Play Store dan pilih menu Settings kemudian pilih auto update apps dan pilih auto update apps over wifi only.

Itulah beberapa tips tepat hemat kuota di HP yang Anda bisa coba terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang inspiratif. Selamat mencoba tips hemat kuota diatas dan selamatkan dana Anda dari borosnya kuota!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda